Kalau mendengar kue tart atau kue ulang tahun yang pertama muncul dalam benak kita pasti tampilannya cantik. Tapi, gimana sih menghias kue tart itu? Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara menghias kue tart yang pastinya dengan tampilan yang menarik.

Kue tart atau kue ulang tahun kalau tidak mempunyai tampilan yang menarik kayaknya ada yang kurang dan tidak dapat membuat surprise. Namun dengan tampilan yang menarik, pasti mata akan tertuju dengan penampilannya.Untuk membuatnya pun harus sesuai karakter yang diinginkan. Misal untuk anak-anak, pasti identik dengan karakter kartun dan karakter-karekter yang lucu lainnya.

Kalau untuk orang dewasa biasanya dengan karakter bunga-bungaan,  karakter dengan suasana yang romantis, ataupun karkater lainnya sesuai temanya. Cara membuatnya tidak harus mempunyai keahlian khusus, semua orang bisa menghiasnya sesuai kreatifitas kita.

Ada banyak cara menghias kue tart yang pastinya semuanya menarik. Langsung saja simak cara menghias kue tart  berikut ini.

Beberapa Cara Menghias Kue Tart

1. Menghias Kue Tart Menggunakan Butter Cream

cara menghias kue tart

Cara menghias kue tart paling mudah yaitu menggunakan butter cream. Karena butter cream terbuat dari bahan-bahan campuran dari mentega, pewarna, dan gula pasir atau jenis cream yang lain.

Caranya hanya dengan mencampur bahan-bahan tadi. Lalu dioleskan keseluruhan bagian kue tartnya menggunakan spatula dan yang paling atasnya dibentuk dengan selera kita. Setelah itu masukkan kedalam kulkas selama kurang lebih 15 menit.

Karena fungsi dari butter cream seperti lem untuk melekatkan bahan yang akan ditempel pada kue tart. Butter cream tidak hanya digunakan untuk menghias kue, namun juga digunakan untuk fosting pada cupcake.

2. Menghias Kue Tart Menggunakan Butter Cream dan spuit

cara menghias kue tart

Caranya membuat butter creamnya sama yang nomor 1 sama. Namun yang membedakan pada alat yang digunakan. Kalau nomor 1 menggunakan hanya menggunakan spatula, namun kali ini menggunakan plastik segitiga atau biasa disebut piping bag.

Caranya sebelum dimasukkan kedalam plastik segitiga, masukkan alat berbentuk kerucut atau yang biasa disebut spuit terlebih dahulu. Lalu masukkan butter cream kedalanya dan potong pada bagian ujung. Kemudian langsung bisa dihiaskan pada kue.

Tetapi, spuit mempunyai berbagai macam bentuk antara lain :

  • Polos yang hanya dengan lubang kecil pada bagian ujung dan biasanya digunakan untuk membuat garis atau menulis pada kue.
  • Bintang ini yang paling banyak digunakan karena bisa dibuat kreasi bentuk apa saja.
  • Mawar biasanya digunakan untuk membentuk kelopak bunga.
  • Daun dengan bentuk segitiga yang mengerucut dan digunakan untuk membentuk daun.

Itulah macam-macam dari bentuk spuit yang digunakan untuk membentuk butter cream saat menghias kue tartnya.

3. Menghias Kue Tart Menggunakan Wafer Coklat dan Permen Coklat

cara menghias kue tart

 

Cara kali ini juga sangat mudah karena hanya dengan menyusunnya saja. Namun juga tidak asal saja agar tampilannya menjadi menarik. Untuk menempelkannya kita juga membutuhkan butter cream.

Supaya permen coklat tidak berhamburan keluar, gunakan wafer coklat pada bagian samping kue. Cara ini juga sangat simpel dan tidak ribet. Cocok buat yang suka kesederhanaan.

4. Menghias Kue Tart Menggunakan Fondant

cara menghias kue tart

Apa sih fondant? Fondant adalah pasta gula dengan tekstur yang elastis seperti lilin atau malam mainan anak-anak. Namun memiliki rasa yang manis dan warna putih saja sebelum ditambahkan pewarna karena warna berasal dari gula saja.

Kita dapat membuat bentuk apa saja karena memilik bentuk yang elastis. Bentuk paling mudah yaitu dengan bentuk bulat atau lingkaran. Tetapi kita bisa membuat bentuk apa saja tergantung karakter apa yana akan kita buat.

Ya memang lumayan sulit kalau bagi pemula atau yang tidak mempunyai keahlian khusus. Untuk mendapatkan bahannya pun mudah, banyak dijual di toko-toko kue terdekat.

5. Menghias Kue Tart Menggunakan Buah-Buahan

cara menghias kue tart

Cara yang ini juga sangat mudah karena bahan yang digunakan untuk menghias berasal dati buah-buahan. Namun tetap saja kita menggunakan butter cream untuk menempelkannya. Kita hanya menyusun saja buah-buahannya seseuai selera.

Itulah 5 cara menghias kue tart yang pastinya dengan tampilan yang menarik. Silahkan dicoba dirumah dan kita bisa menghiasnya sesuai kreatifitas kita. 

Baca juga : Resep Kue Pukis Tanpa Santan Yang Pastinya Sangat Lezat