Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai cara mencuci AC yang baik dan benar yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kebersihan pada AC yang ada di rumah anda tentunya sangat berpengaruh dengan kualitas udara yang dihasilkan oleh AC. Jika tidak rutin atau sama sekali tidak pernah membersihkan debu, jamur dan bakteri yang ada pada celah ventilasi , filter dan kumparan pada AC. Maka udara yang keluar dari AC mengalami campuran kotoran dan menjadikan udara pada ruangan tersebut menjadi kotor dan tidak sehat.

Selain menjadikan udara menjadi tidak sejuk atau sehat, kotoran – kotoran tersebut yang tidak dibersihkan dapat mempengaruhi beban kerja pada AC bisa menjadi semakin berat dan tidak bisa bekerja dengan optimal. Selain itu juga bisa meningkatkan daya tekanan listrik menjadi meningkat. Untuk itu anda harus rutin mencuci AC yang anda gunakan setiap harinya, agar AC tetap dalam keadaan baik dan udara yang dikeluarkan tetap sejuk dan sehat.

Penumpukan debu yang bisa dengan jelas dilihat oleh mata dan bau tidak segar yang dikeluarkan dari AC. Serta suara berisik yang mengindikasikan bahwa AC tersebut sudah waktunya untuk dibersihkan. Meskipun begitu, ada pula AC yang tetap beroperasi seperti biasa atau normal dan tidak menunjukkan tanda jika AC tersebut kotor jangan dianggap sepele sebab AC yang tidak menunjukkan tanda belum tentu bersih. Untuk itu anda disarankan untuk membersihkan AC selama sebulan sekali.

Cara Mencuci AC

Nah berikut cara mencuci ac dengan baik dan benar :

  1. Matikan dan cabut colokan AC dari seluruh sumber aliran listrik.
  2. Gunakan penyedot debu, kemoceng atau lap untuk membersihkan debu yang ada pada celah – celah ventilasi dan permukaan luar AC.
  3. Untuk mencuci filter pada AC, anda harus terlebih dahulu membaca buku petunjuk mengenai cara mlepes dan membersihkan filter AC.
  4. Bersihkan debu yang ada pada filter AC dengan menggunakan penyedot debu atau juga bisa dengan menggunakan kuas berukuran kecil.
  5. Kemudian bilas filter tersebut dengan menggunakan air yang mengalir. Lalu cuci dengan menggunakan sabun pencuci piring agar lebih bersih. Setelah dicuci dengan menggunakan sabun lalu bilas kembali dengan menggunakan air mengalir hingga kotoran yang ada pada filter tersebut hilang.
  6. Lalu keringkan filter AC ditempat yang teduh tanpa terkena sinar matahari dengan langsung.

Selain mencuci filter pada AC. Di dalam unit AC juga memiliki salah satu bagian komponen yaitu kumparan evaporator dan kipas atau fan. Untuk membersihkan kumparan evaporator anda bisa menggunakan cairan pembersih AC dalam bentuk semprotan dan cairan ini banyak dijual di pasaran. Saat membersihkan kumparan evaporator AC. Anda harus mengalasi dibawah AC dengan menggunakan ember atau barang yang lain agar kotoran yang keluar dari kumparan tersebut tidak berceceran.

Rutinitas membersihkan atau mencuci AC dari debu bisa anda lakukan sebulan sekali agar AC yang ada dirumah anda tetap terawat dan bekerja dengan normal. Cara mencuci AC diatas belum mencakup unit AC yang ada diluar rumah dan pada mesin AC. Untuk membersihkannya anda perlu memanggil bantuan teknisi AC yang lebih berpengalaman. Untuk anda yang tinggal di Yogyakarta dan memperlukan bantuan teknisi AC. Anda bisa menggunakan jasa service AC Jogja yang siap membantu anda dalam mengatasi masalah mengenai pendingin ruangan atau AC ini.