Cara Menanam Bawang Merah Tanpa TanahSekarang menanam bawang merah tidak harus memakai media tanah karena pada saat ini terdapat salah satu cara yang lebih efektif. Yaitu dengan cara hidroponik, Hidroponik adalah cara menanam tumbuhan tanpa harus menggunakan tanah.

Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Tanah

cara menanam bawang merah tanpa tanah

1. Siapkanlah Alat, Bahan, dan Tempat

Bahan yang dipakai untuk menanam bawang merah cukup dengan 5 kotak telur bekas. Siapkanlah tempat yang tidak terlalu kering serta usahakan tempat yang digunakan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Agar bawang merah dapat tumbuh dengan sempurna.

2.Tanam bawang

Tumpuk 5 kotak telur tersebut, Lubangilah 5 kotak telur bekas yang akan digunakan untuk menanam bawang agar air dapat mengalir ke bawah. Lalu masukkanlah bawang merah ke setiap kotak telur bekas yang sudah disiapkan sebelumnya.

3.Rawat tanaman

Siramlah tanaman bawang merah secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari. Apabila bawang membusuk, maka tiriskanlah air pada kotak lalu buat lubang baru lagi. Beberapa hari kemudian bawang merah akan mulai berkembang, tanaman bawang merah akan mulai tumbuh daun bawang.

Bawang merah yang ditanam sendiri jelas lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia sebagai tambahannya. Dan dijamin hemat karena hanya menggunakan kotak telur yang sudah tidak terpakai.

Selain mudah untuk dibudidayakan bawang merah juga memiliki rasa yang nikmat jika dijadikan sebagai olahan makanan salah satunya adalah bawang merah. Dibawah ini adalah cara membuat bawang merah yang praktis

Cara Membuat Bawang Goreng

  1. Pilihlah Bawang Merah Yang Berkualitas
  • Pilihlah bawang merah yang segar, dan bawang merah yang mempunyai ukuran sedang atau besar. Usahakan jangan memilih bawang yang kecil bahkan yang layu.
  1. Irislah Bawang Merah Secara Tipis-tipis
  • Iris tipis bawang merah apabila terlalu tebal maka akan membuat bawang goreng menjadi tidak renyah. Apabila menginginkan hasil yang maksimal maka gunakanlah alat pengiris bawang.
  1. Tambahkan Garam dan Tepung Maizena Pada Bawang Yang Telah Diiris Tipis
  • Bawang merah yang telah diiris tipis, lalu tambahkan sedikit garam, setelah itu tunggu beberapa saat supaya garamnya meresap. Kemudian tambahkan sedikit tepung maizena. Kurang lebih untuk 2 kg bawang merah membutuhkan tepung maizena sebanyak 2 hingga 2.5 sendok tepung maizena, dan diamkan beberapa menit lalu gorenglah bawang yang sudah diberi bumbu dengan menggunakan api kecil.
  1. Gunakanlah Api Kecil Pada Saat Menggoreng
  • Bawang merah yang sudah diiris tipis jika digoreng bawang merah mudah gosong. Apabila menggorengnya dengan menggunakan minyak yang terlalu panas. Maka pastikanlah pada saat menggoreng bawang merah gunakan api yang paling kecil untuk menghindari gosong.

 

Pembaca wzcmumbai.com itu tadi informasi tentang cara menanam bawang merah tanpa tanah yang patut Anda coba. Anda yang ingin menambah informasi tentang cara menanam bawang merah Budidaya Bawang Merah Yang Benar dan Balik Mahar