Apa itu Laminating?

cara membuka laminating tanpa merusak kertas –Laminating adalah proses sederhana yang di dalamnya dimasukkan sebuah plastik lembaran tipis, khususnya yang terbuat dari bahan berupa polypropylene, polyester atau nylon ke permukaan lembaran atau media yang lainnya.

Fungsi Utama Laminating

cara membuka laminating tanpa merusak kertas

cara membuka laminating tanpa merusak kertas –Fungsi utama laminating adalah sebagai pelindung suatu media sehingga menjadi lebih awet, lebih mengkilap, tahan gores dan mencegah terjadinya retak atau rusak.

Media yang banyak menggunakan laminating adalah sebagai berikut ini: menu, kartu identitas, placemats, kalender saku, poster outdoor, cover buku, cover kotak video, kaset, index tab, peta & kemasan yang lainnya. Penggunaan laminating yang lainnya adalah yang populer antara lain poster dinding, map presentasi, binder, brosur dan produk casebound.

Cara Membuka Laminating Tanpa Merusak Kertas

cara membuka laminating tanpa merusak kertas

  1. Pertama – tama kita siapkan terlebih dahulu dokumen yang akan dibuka hasil laminatingnya.
  2. Selanjutnya kita panaskan iron plate atau laminator atau mesin laminating. Suhu yang akan kita gunakan sekitar kurang lebih 150 derajat agar hasil laminating terlepas sempurna dan tidak ada perekat yang tertinggal pada dokumen. Akan tetapi, jika kita merasa cukup dengan menggunakan suhu di bawah itu, silahkan boleh – boleh saja saja.
  3. Kemudian kita letakkan salah satu sisi depan atau belakang dokumen di atas permukaan aluminium dan berada di antara roller yang berwarna merah, hingga bagian sudut laminating mulai lentur atau lemah. Biasanya lapisan laminating akan mulai terlihat terpisah.
  4. Setelah itu masih di atas aluminium, kita pisahkan kedua lapisan laminating pada sudut dokumen tersebut dengan menggunakan bantuan alat berupa cutter atau pinset.
  5. Caranya dengan kita masukkan cutter pada celah antara plastik laminating bagian atas dan bagian bawah.
  6. Selanjutnya kita angkat bagian atas plastik laminating sehingga terpisah dari bagian bawahnya sampai batas sudut dokumen yang dilaminating.
  7. kemudian masih di atas aluminium, dengan menggunakan bantuan alat cutter kita tekan bagian dokumen yang sudah terbuka. Lalu angkat bagian atas plastik laminating dengan menggunakan tangan.
  8. Alangkah sebaiknya kita menggunakan pinset agar bisa lebih pelan – pelan dan hati – hati secara perlahan  hingga semua bagian terlepas dari dokumen. Kita harus mengangkat plastik laminating jika memang sudah bisa terlepas saja.
  9. Kita jangan dipaksa karena permukaan dokumen akan rusak bisa saja tulisan terlepas dan menempel pada plastik laminating.
  10. Terus Lakukan hal yang sama pada bagian belakang atau baliknya sampai semua plastik laminating terpisah.

Jenis Laminating

cara membuka laminating tanpa merusak kertas

Berikut ini adalah jenis Laminating,baik Jenis, Proses Pengerjaannya ataupun Ukurannya

Berdasarkan Jenis Laminating:

  1. Laminating Jenis Doft

    Efek yang dihasilkan Laminating jenis Doft tidak mengkilap, terlihat seperti redup akan tetapi tidak menghilangkan hasil cetakan. Fungsinya sama seperti laminating jenis glossy.

  2. Laminating Jenis Glossy

    Laminating Glossy adalah jenis yang memberikan efek mengkilap pada media yang yang dilapisi dengan plastik laminasi. Penerapan Laminating jenis doft ini biasnaya digunakan pada untuk laminating cover buku, kartu nama, poster, Xbanner, Roll up banner.

Berdasarkan Proses Laminating

cara membuka laminating

  1. Laminating Jenis Panas

    Proses pelapisan laminating dengan temperatur suhu yang sangat panas yang disesuaikan dengan jenis laminatingnya ataupun jenis media yang akan kita laminating. Untuk laminating glossy biasanya temperatur lebih panas daripada laminating doft. Pada proses pemanasan ini untuk menempelkan media plastik yaitu plastik khusus untuk laminating ke media kertas yang akan dilapisi.

  2. Laminating Dingin.

    Media yang akan dilapisi tinggal kita masukkan ke mesin khusus laminating dingin. Tidak perlu menggunakan proses pemanasan karena media laminating sudah dilapisi dengan semacam lem untuk merekatkan ke media yang akan di laminating dengan plastik laminasi khusus laminating.

Berikut ini nama media yang digukan untuk mencetak dalam ukuran besar tersebut :

  1. Coated Paper.

    Dengan grammatur 170gr , kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak poster. Baik digunakan dalam ruangan atau tempat yang memiliki panjang dan luas yang besar.

  1. Albatros.

    Kertas ini adalah yang tipis dan fleksible, biasanya digunakan untuk print Xbanner maupun Roll up banner cocok untuk ukuran yang agak besar dan medium.

  1. Glossy Photo.

    Kertas foto dalam ukuran besar. biasanya kertas ini digunakan untuk print foto dalam ukuran besar yang ingin di bingkai dengan berukuran sedang untuk sebua foto.

  1. Korean Cloth.

    Bahan media ini seperti kain, sangat bagus untuk mencetak gambar dengan resolusi yang tinggi. Jadi untuk gambar yang tinggi kita bisa menggunakan media jenis ini agar maksimal.

  1. Canvas Matte.

    Bahan media canvas gambar yang biasa digunakan untuk media print. Dengan karakter kanvas yang khas maka hasil print pasti akan kelihatan berbeda. Jadi untuk kita yang ingin menghasilkan hasil cetakan jenis kanvas kita bisa menggunakan jenis ini.

  1. Sticker Vynil.

    Bahan Media sticker untuk kebutuhan ukuran besar bisa menggunakan jenis yang ini. Bahan ini tersedia dalam beberapa pilihan variasi glossy,matte dan transparan.

  1. Flexi.

    Bagi orang yang sudah biasa mencetak untuk kebutuhan outdoor pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis media yang satu ini.Ada dua jenis media jenis flexi ini yaitu flexi cina dan flexi korea. Bisa mencetak dalam ukuran yang besar,dari lebar mulai 3 meter sampai maksimal 5 meter dengan panjang  sepanjang mengikuti panjang gulungan media.

Kesimpulan

Sekian tadi cara membuka laminating tanpa merusak kertas yang dilaminating semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi para pembaca. Artikel ini saya buat karena banyak yang belum tahu cara melepas plastik laminating yang baik dan benar. Semoga anda bisa mencoba dirumah dan berhasil dengan sempurna. Selamat mencoba 🙂