Cara Membuat Toples Dari Batok Kelapa – Pohon kelapa merupakan sebuah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Semua bagian dari pohon kelapa ini hampir bisa dimanfaatkan, mulai dari akar sampai daun bahkan tulang daunnya pun memiliki manfaat.

Akarnya bisa digunakan untuk membuat kerajinan berupa hiasan, topeng, ataupun patung. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai rangka atap bangunan, bahkan sering dimanfaatkan menjadi jembatan oleh masyarakat. Daunnya bisa digunakan untuk membuat ketupat, sedangkan tulang daunnya dapat dibuat menjadi sapu lidi dan masih banyak manfaat lain dari tanaman pohon kelapa ini.

Tidak ketinggalan buahnya juga memiliki berbagai manfaat. Airnya bisa dimanfaatkan untuk diminum dan memiliki berbagai kasiat salah satunya menghilangkan dehidrasi, daging buahnya yang masih muda bisa dicampurkan dengan air buah kelapa dan menjadi berbagai macam minuman, sedangkan dagingnya yang sudah tua bisa dimanfaatkan menjadi santan, srundeng dan lain sebagainya.

Sabut kelapa bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kerajinan seperti sapu, keset dan lain lain. Batoknya juga bisa menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi bahkan bisa dimanfaatkan menjadi briket dan asap cair dengan pengolahan lebih lanjut.

Ada banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dari batok kelapa. Mulai dari yang hanya sebagai hiasan, miniature, sampai menjadi peralatan dapur. Seperti tempat lampu, gantungan kunci, asbak, gelas, miniature vespa dan kapal sampai menjadi gayung. Semua sangat berguna dan tentu memiliki nilai dan harga jual lebih dari pada hanya sekedar batok kelapa saja. Dari sekian banyaknya kerajinan batok kelapa, berikut cara pembuatan salah satu kerajinan batok kelapa yakni toples dari batok kelapa.

lihat juga! cara membuat jam dari batok kelapa

 

toples

Cara Membuat Toples Dari Batok Kelapa

Alat dan Bahan :

Batok kelapa

Gergaji

Amplas

Lem kayu

Daun pisang kering

Cat pernis

Pensil

Kayu

Rotan

Alat dan bahan tambahan lainnya yang dirasa perlu digunakan.

Langkah Langkah Membuat Tempat Pena Dari Batok Kelapa :

Pilihlah batok kelapa yang benar-benar tua dan kering (biasanya pada bagian potongannya mempunyai warna yang hitam).

Bersihkan sisa sisa serabut kasar di permukaan batok dengan menggunakan pisau, kemudian bersihkan sisa sisa serabut halus dengan menggunakan amplas kasar, setelah menggunakan amplas kasar gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan batok kelapa.

Potong batok kelapa menjadi ¬ĺ bagian, buat dudukan toples dari sisa potongan batok yang sudah tidak terpakai atau bisa membuat dari batok yang masih utuh.

Selanjutnya potong kayu sebagai pegangan tutup toples, bentuk sesuai selera.

Kemudian potong juga kayu menjadi lingakaran mengikuti bentuk dari batok kelapa, kemudian lilitkan kulit rotan untuk mempercantik tampilan, setelah itu pasang pada bekas potongan batok kelapa bagian bawah menggunakan lem.

Kayu ini berguna sebagai dudukan tutup kelapa supaya bisa menutup dengan rapat, jika perlu tambahkan karet yang food grade agar udara tetap terperangkap didalam toples, sehingga makan tetap terjaga kerenyahannya.

Langkah selanjutnya pasang dudukan toples menggunakan lem, setelah itu pasang juga pegangan pada tutup toples.

Setelah semua bagian terpasang haluskan kembali menggunakan amplas halus, bersihkan dari debu.

Untuk membuat permukaan batok menjadi mengkilat dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama merupakan cara alami yaitu dengan menggosoknya menggunakan daun pisang kering secara berulang sedangkan cara kedua adalah dengan mengecatnya menggunakan cat pernis.

Toples dari batok kelapa sudah siap digunakan.

Demikian cara membuat toples dari batok kelapa, semoga bermanfaat bagi kita semua.