Cara Membuat Telur Gabus Dari Tepung Terigu Praktis Dan Sederhana – Kue telur gabus merupakan salah satu camilan tradisional yang hingga saat ini masih banyak di temukan pada saat hari raya maupun hari biasa.

Camilan kue telur gabus ini memang terlihat biasa saja, dari tampilannya yang bulat memanjang juga dianggap biasa-biasa saja. Tetapi jika anda sudah mencoba memakannya pasti dijamin akan susah untuk berhenti menikmati kue yang renyah dan gurih ini.

Kue ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan tidak kalah dengan kue – kue jaman sekarang yang banyak dijual di warung – warung dekat rumah kita.

Camilan yang satu ini tetap ada hingga saat ini tak lepas dari rasa dan tampilan yang unik. Untuk membuat kue ini pun bahan – bahan dan cara pembuatannya masih dipertahankan sejak dahulu.

Untuk membuat kue telur gabus ini sangat mudah sekali, bahkan untuk mendapatkan bahan-bahannya juga dengan mudah ditemukan dan dibeli di warung sekitar rumah kita.

Jadi sekarang anda tidak perlu jauh – jauh untuk membeli kue telur gabus ini, kini anda cukup membuatnya sendiri di rumah dengan kualitas yang lebih mantap karena anda sendiri yang membuatnya.

Kue telur gabus ini sangatlah cocok sekali disajikan untuk para tamu yang hadir di rumah kita pada saat ada acara seperti acara keluarga, arisan atau acara yang lainnya. Anda juga bisa membanggakan kue telur gabus ini dan bisa menjadi sumber penghasilan dikemudian hari.

Cara Membuat Telur Gabus Dari Tepung Terigu Praktis Dan Sederhana

cara membuat telur gabus dari tepung terigu

Cemilan telur gabus yang satu ini juga merupakan salah satu cemilan yang sangat enak dan renyah ketika dimakan pada saat bersantai di sore hari .

Kue telur gabus ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan kerupuk tapi pastinya punya aroma tersendiri yang berbeda.

Cara membuat telur gabus ini sebenarnya cukup mudah sekali dan bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuatnya, berikut ini kami akan memberikan secara singkat bagaimana cara membuat telur gabus dari tepung yang enak dan gurih ini. Simak resepnya berikut ini :

Bahan – Bahan Dalam Cara Membuat Telur Gabus Dari Tepung Terigu :

  • 200 gram tepung terigu, ayak
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 butir telur ayam, kocok rata
  • 50 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan – Bahan Untuk Lapisan  Gula:

  • 50 gram gula merah, sisir halus
  • 55 gram gula pasir halus
  • 45 ml air

Cara Membuat Telur Gabus Dari Tepung Terigu :

  1. Pertama, campur tepung terigu dan garam dalam suatu wadah, lalu aduk hingga rata.
  2. Kemudian masukkan telur kedalam wadah tersebut dan kocok sampai rata.
  3. Selanjutnya tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan menjadi kalis dan dapat dibentuk dan tidak lengket.
  4. Berikutnya bentuk adonan seperti jari kelingking dengan kedua ujung adonan meruncing.
  5. Setelah itu masukkan adonan yang telah dibentuk tadi ke dalam minyak dingin terlebih dahulu hingga adonan terendam, lalu diamkan kurang lebih selama 5 menit.
  6. Silahkan nyalakan kompor dengan api kecil dan masak adonan telur gabus tersebut sampai terapung.
  7. Lalu besarkan api kompor dan aduk kue telur gabus sekali-sekali sampai telur gabus matang dan warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan.
  8. Setelah kue telur gabus matang, lalu angkat, tiriskan, sisihkan.
  9. Kemudian untuk membuat lapisan gula, masak gula merah, gula pasir, dan air diatas api kecil dan aduk-aduk sampai bahan – bahan tersebut larut.
  10. Selanjutnya celupkan kue telur gabus yang sudah matang kedalam lapisan gula dan aduk-aduk lagi hingga gulanya melekat rata di kue telur gabus.
  11. Berikutnya angkat dan biarkan lapisan gulanya mengering.
  12. Lalu masukkan kedalam toples dan sajikan.

Itulah informasi mengenai Resep Cara Membuat Telur Gabus Dari Tepung Terigu yang dapat kami sampaikan kepada anda semua. Anda juga dapat membuat kue kastengel keju yang tidak kalah enaknya dari kue telur gabus ini. Selamat mencoba!