Halo, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara membuat tape ketan putih 1 kg. Berikut ini cara membuat tape ketan putih 1 kg.

Cara Membuat Tape Ketan Putih 1 Kg

Cara Membuat Tape Ketan

 

Tape ketan adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat beras. Dalam proses fermentasi tape ketan tahap persiapan pengerjaan, dan fermentasi (pemanasan, inokulasi dengan ragi, dan inkubasi). ketan ini juga bisa untuk membuat kue lapis tepung ketan.

Merupakan tahap yang sangat penting untuk dijadikan tape ketan dengan mutu baik. Selain menentukan rasanya, hasil dari proses ini juga bisa untuk menentukan komposisi kimia tape ketan.

Tape ketan biasanya memiliki bahan yang lembut, rasa manis, sedikit asam, dan cita rasa yang khas karena mengandung sedikit alkohol. Komponen yang paling utama dalam ketan itu adalah pati, yang dalam keadaan utuh sangat sulit didegradasi dengan zat kimia maupun enzim.

Bahkan, pati yang dimasak dengan air tidak akan mendapatkan perubahan hingga suhu gelatinasinya tercapai. Oleh karena itu, membutuhkan bantuan kuman  untuk mendegradasi komponen pati yang terdapat dalam ketan. Ragi mempunyai berbagai kuman asam laktat yang sangat dibutuhkan untuk fermentasi tape ketan.

Tape ketan biasanya mempunyai keterbatasan pada hal variasi pembuatan. Oleh karena itu bisa nambahkan nilai tambah pada ekonomi dan dapat meningkatkan nilai gizi pada produk tape ketan dilakukan upaya diversifikasi dalam pengolahan tape ketan.

Salah satu tape yang diversifikasi pengolahan tape ketan ini adalah membuat tape ketan dengan
menambahkan warna yang alami yaitu dari sayuran bernama wortel.

Berikut Cara Membuat Tape Ketan Putih 1 Kg

Bila mau membuat tape ketan hitam ini dari 500 gram beras ketan hitam, kita bisa menambahkan 2 gelas air panas, 2 sdm gula halus, dan 2 butir ragi. Daun pisang juga diperlukan untuk membungkus. Langkah berikutnya langsung simak di bawah ini. Tape ketan terbuat dari ketan putih dan difermentasi.

Bahan :

  • 1 kg beras ketan putih
  • 1 sdt pasta pandan
  • 3 butir ragi tape, dihaluskan
  • 1-2 sdm gula pasir
  • 500 ml air panas
  • Daun jambu air untuk membungkus

Cara Membuat Tape Ketan Putih 1 Kg:

  1. Cuci bersih ketan hingga benar-benar bersih. Beri selai pandan tadi lalu beri air, aduk-aduk hingga rata. Kemudian, rendam minimal 3 jam atau semalaman. (jumlah air perendam dikira-kira saja, asalkan beras ketan terendam air semua).
  2. Setelah direndam, tiriskan beras ketan. Kukus ketan selama 20 menit. Setelah 20 menit, lalu buka kukusan, pindahkan ketan tadi ke wadah dan tuangi air yang sudah mendidih sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk sampai air terserap semua. Kukus kembali selama 20 menit/hingga matang. Jadi dua kali pengukusan.
  3. Setelah ketan matang, angkat. Siapkan daun pisang yang lebar kemudian taruh ketan di atas daun pisang sambil didinginkan.
  4. Setelah ketan udah dingin, kasih ragi tape memakai saringan teh/saringan untuk menabur gula donat. Taburi hingga permukaan ketan tertutup ragi. Kemudian taburi gula pasir hingga rata. Terakhir, aduk-aduk hingga rata semua tape terbalut ragi dan gula hingga rata. Ketan siap dibungkus.
  5. Ambil daun jambu air tadi lalu cuci bersih dan masak daun jambu cukup 5 menit. Angkat daun, lalu bersihkan dan keringkan.
  6. Ambil satu lembar daun pisang lalu beri ketan 2-5 sendok (2 sdm tiap bungkusan) kemudian bungkus hingga tertutup rapat.
  7. Siapkan wadah yang tertutup rapat, tata bungkusan tape, kemudian tutup rapat. Disimpan di suhu ruangan sampai tiga hari dua malam.
  8. Setelah tiga hari dua malam, tape sudah siap dipanen. Jika ingin tahan lama taruh di kulkas. Siap dinikmati.

Itulah cara membuat tape ketan putih 1kg. Semoga Bermanfaat.