Cara Membuat Sosis Solo Basah Yang Gurih Dan Nikmat Untuk Keluarga – Siapa yang nggak kenal makanan ini, untuk orang – orang solo pasti tidak asing lagi.
Sosis solo yang asli sedikit berbeda memang dengan sosis yang lain, adonannya bener bener terbuat dari dadaran telur, dengan sedikit sekali campuran tepungnya.
Pembuatannya juga nggak di goreng tapi di kukus, memang ada versi gorengnya, tapi kali ini saya bikin yang di kukus. Di Solo jajanan seperti ini biasanya bisa ditemu di tukang jual sarapan di pagi hari, atau di tempat yang menjual Timlo Solo, karena pas banget dimakan bersama dengan timlo.
Bedanya antara yang dikukus dengan yang di goreng adalah pada adonan kulitnya. Untuk yang di kukus lebih banyak menggunakan telur, sedangkan untuk goreng imbang antara penggunaan tepung dan telurnya.

Seneng banget kemarin ada kesempatan bikin makanan ini rasa kangen sama makanan ini jadi terobati. Dulu nyaris setiap hari  saya jajan sosis solo basah tiap sarapan, sesuatu yang nggak pernah saya temui selama tinggal di Jakarta.

Cara Membuat Sosis Solo Basah Yang Gurih Dan Nikmat Untuk Keluarga

Bahan kulit :

  • 5 butir telur ayam
  • 4 sendok makan tepung terigu (larutkan dengan air secukupnya hingga menjadi adonan yang encer)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt kunyit bubuk

Bahan isi :

  • 600 gr daging ayam (rebus dan haluskan, atau boleh juga di suwir kecil)
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay cincang kasar
  • 2 batang daun bawang
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula pasir , sesuai selera
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt lada bubuk
  • garam secepatnya

Cara membuat :

  1. Kulit : campur semua bahan, aduk dengan menggunakan mixer (bisa juga dengan menggunakan wiker) sampai semua bahan tercampur rata dan licin, supaya tidak ada tepung yang menggupal saring adonan, kemudian dadar dengan menggunakan teflon tipis tipis.
  2. isi : campur semua bahan kecuali daun bawang dan bawang bombay,  tumis bawang bombay hingga harummasukkan bahan campuran ayam, masak hingga bumbu meresap tambahkan daun bawang dan tunggu sampai daun bawang layu lalu angkat dan biarkan dingin.
  3. Ambil selembar kulit sosis isi dengan 1 sendok ayam dan gulung, lakukan terus sampai kulit dan isian ayam habis, kukus selama kurang lebih 15 menit, angkat dan sajikan.
Untuk sosis solo ini kebanyakan memang ukurannya sedikit lebih kecil dibanding dengan ukuran sosis kebanyakan .
Tapi rasanya dijamin nagiiihhhh, memang sih kalau orang kebanyakan mengatakan kalau makanan ini boros telur, karena memang bahan dasar kulitnya sebenarnya memang asli telur dengan tambahan sedikit sekali tepung, lain dengan sosis solo goreng yang rata rata dimasak dengan kulit yang adonannya sedikit telur.

Jenis-Jenis Sosis Yang Terkenal

Sosis, kuliner yang satu ini memang menjadi kuliner instan yang paling banyak disukai. Makanan ini memiliki bentuk yang unik lonjong panjang sehingga sangat mudah dikenali.

Sosis terbuat dari aneka daging cincang seperti babi, sapi, domba, serta ayam yang kemudian diberi aneka bumbu rempah-rempah dan diisikan ke dalam usus hewan yang sudah dicuci bersih lalu direbus, dikukus, atau diasapi hingga matang.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan usus hewan ini diganti dengan menggunakan bahan sintesis yang bisa dimakan.

Jika disimpan dalam kulkas, maka sosis bisa tahan hingga berhari-hari. Penggunaan sosis terbanyak adalah untuk topping pizza dan menu sarapan masyarakat Eropa. Buat kamu yang suka makan sosis, ternyata kuliner ini ada banyak jenisnya loh di seluruh dunia, yuk lihat!

1. Sosis Bockwurst dan Knockwurst dari Jerman

Di negara asalnya, sosis bockwurst dan knockwurst adalah yang paling terkenal. Kedua jenis sosis ini juga yang paling banyak diimpor, salah satunya ke Indonesia.

Kamu bisa dengan mudah menemukan sosis bockwurst dan knockwurst di swalayan atau supermarket Indonesia.

Perbedaan bockwurst dan knockwurst adalah bockwurst terbuat dari daging sapi, domba, atau kalkun yang dibumbui lebih banyak bumbu seperti lada putih, garam, paprika, bawang, dan peterseli.

Sementara knockwurst terbuat dari daging sapi dan babi saja yang dibumbui bawang putih.

2. Sosis Andouille dari Perancis

Sosis andouille yang berasal dari Perancis ini terbuat dari daging babi yang dicampur dengan aneka jerohan dan bawang putih cincang, paprika, dan lada hitam.

Jerohan memang hal yang jarang digunakan pada masakan Perancis sehingga mereka mengolah jerohan-jerohan ini dengan cara dihalukan atau dicincang kemudian dijadikan campuran pada sosis.

Inilah yang membuat sosis andouille memiliki tekstur yang sangat kenyal.

3. Sosis Cotechino dari Italia

Italia tak hanya terkenal akan pasta dan pizzanya saja, tapi juga sosis yang tak kalah enak dari sosis Jerman.

Sosis cotechino ini terbuat dari campuran daging babi, kulit babi, serta hidung babi yang dicincang kemudian diberi kacang-kacangan serta bumbu rempah khas Italia.

Bentuknya cukup besar dibanding sosis kebanyakan dan teksturnya tidak terlalu padat.

Resep sosis solo basah ini juga bisa membuka suatu peluang usaha dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Maka dari itu, kamu juga harus memiliki sebuah brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang telah kamu jalani.

Sekian informasi tentang : Cara Membuat Sosis Solo Basah Yang Gurih Dan Nikmat Untuk Keluarga. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : 4 Kreasi Resep Dan Cara Membuat Sosis Solo Super Enak