Gimana sih cara membuat seblak makaroni kering renyah? Makanan khas Bandung itu memang banyak diminati. Tidak perduli remaja maupun orang dewasa. Semua orang menyukai seblak. Karena cara membuat seblak kering memang sangat mudah.

Pada dasarnya, seblak merupakan makanan berbahan dasar kerupuk. Kemudian direndam dengan air panas agar lembek. Kerupuk yang sudah lembek kemudian dibumbui dengan beberapa rempah agar lebih enak. Biasanya seblak disajikan di warung. Bisa juga dijual di gerobak pedagang kaki lima.

Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas, gurih dan menyegarkan. Rasa pedas inilah yang menarik. Sebab orang Indonesia memang dikenal suka makanan pedas. Sehingga banyak yang merasa tertantang merasakan pedas seblak.

Seblak berasal dari Bandung. Salah satu kota paling terkenal di Indonesia. Karena banyak memiliki makanan khas yang populer. Salah satunya adalah seblak yang banyak digandrungi orang.

Sebenarnya, seblak baru populer tahun 2000-an. Meskipun seblak sudah ada sejak tahun 1900-an. Seblak berasal dari Bandung Jawa Barat. Seblak juga mirip salah satu makanan khas Sumpiuh, Jawa Tengah. Yaitu kerupuk godhog.

Kini cara pengolahan seblak pun sudah berubah dan lebih beragam lagi. Tidak hanya diolah menjadi seblak basah saja.  Sekarang sudah ada seblak kering yang memiliki cita rasa yang tak kalah lezat dengan seblak basah.

Cara memasak seblak kering juga berbeda dengan seblak basah. Jika seblak basah memiliki kuah. Seblak kering tidak. Meskipun jika dilihat bumbunya hampir sama. Seblak kering dimasak kering dengan bumbu di wajan.

Perbedaan lainnya terdapat pada ketahanan seblak. Seblak kering mampu bertahan lebih lama dibanding seblak basah. Tentu saja karena seblak basah memiliki kuah. Tidak seperti seblak kering yang lebih awet.

Nah, biar kalian gak ketinggalan info. Kalian bisa mengetahuo bagaimana cara membuat seblak kerupuk kering. Jadi kalian bisa membuat sendiri di rumah. Simak baik – baik resep di bawah ini ya!

Cara Membuat Seblak Makaroni Kering

seblak makaroni kering

Bahan – bahan :

  • 500 gr makaroni
  • Cabe rawit secukupnya
  • 2 sendok makan gula putih
  • 5 lembar daun jeruk lalu iris
  • 2 ruas kencur
  • 4 siung bawang putih
  • Cabe bubuk secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • 2 sendok makan kaldu bubuk
  • Minyak goreng

Cara Membuat Seblak Makaroni Kering :

  1. Rendam makaroni ke dalam minyak yang masih dingin selama 20 menit. Semua makaroni harus terendam sempurna di dalam minyak.
  2. Jika sudah 20 menit. Nyalakan kompor dan masak makaroni sampai mengembang dengan api kecil.
  3. Haluskan beberapa bumbu. Seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan kencur. Dapat menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk.
  4. Lalu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan daun jeruk.
  5. Masukkan makaroni, kaldu, gula, penyedap rasa dan cabe bubuk. Goreng sambil diaduk – aduk hingga bumbu menyatu sempurna dengan makaroni.
  6. Jika sudah merata, angkat dan sajikan. Anda juga dapat menyimpannya di wadah tertutup. Bisa juga di wadah kedap udara agar lebih tahan lama.

Gimana nih? Gampang banget kan? Aku ada tips nih biar hasil gorengan lebih bagus. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Fungsinya apa sih? Biar hasil gorengan kerupuk kalian lebih bagus dan sempurna.

Seblak juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Asalkan porsinya masih batas wajar ya. Kalian bisa menghilangkan stress dengan memakan seblak. Cabai yang dipakai juga mengandung vitamin C. Yang jelas baik bagi tubuh.

Vitamin dan protein yang terkadung sangat membantu. Tubuh akan lebih kuat dengan protein dan vitamin. Kalian juga tidak akan mudah terserang penyakit. Sehingga kalian akan lebih sehat daripada sebelumnya.

Jika kalian ingin memiliki penghasilan tambahan. Sajian seblak kering ini bisa kalian jual. Kemasi dalam plastik berukuran kecil. Lalu tempeli dengan stiker nama produk kalian.

Karena penggemar seblak kering banyak. Kalian bisa mendapatkan banyak keuntungan. Lumayan untuk menambah penghasilan.  Terlebih tidak ada kata musiman untuk penikmat seblak kering.

Camilan nikmat ini bisa kalian nikmati saat bersantai. Kalian juga harus menyimpan di dalam toples, ya! Supaya seblak kerupuk keringnya lebih tahan lama. Ingat! Jangan makan berlebihan ya!