Seblak kering adalah salah satu varian jajanan seblak yang dapat kalian nikmati sebagai cemilan pedas renyah. Bumbu berasa pedas adalah perpaduan yang tak bisa dipisahkan dari seblak baik seblak kering ataupunĀ seblak basah.

Rasa pedas ini justru yang menjadikan sensasi tersendiri dalam menikmati seblak sehingga jika dibuat tanpa campuran bumbu pedasnya akan berasa ada yang kurang.

Baik seblak basah atau kering, keduanya sama-sama memakai bahan dasar berupa kerupuk. Kerupuk yang dipilih bisa berupa kerupuk udang atau kerupuk bawang. Begini cara membuat seblak kering yang pedas dan gurih.

cara membuat seblak kering yang pedas dan gurih

Bahan-bahan membuat seblak kering :

  1. Kerupuk bawang1 ons
  2. Bawang putih 1 siung
  3. Bawang merah 2 siung
  4. Kencur 1 ruas
  5. Penyedap rasa
  6. Cabe rawit sesuai selera
  7. Minyak goreng

Cara membuat seblak kering :

  1. Cara pertama adalah dengan menghaluskan bumbu seperti halnya bawang merah dan juga bawang putih, kencur dengan cara ditumbuk atau dapat juga cara modern dengan cara dihaluskan menggunakan blender
  2. Lalu, panaskan minyak 2 hingga 3 sendok pada wajan untuk keperluan menumis bumbu nanti.
  3. Apabila minyak sudah panas, maka kalian bisa memasukkan bumbu- bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya ke dalam wajan.
  4. Masukkan kerupuk bawang mentah dan aduk secara merata agar bumbu dan kerupuknya bisa lebih menyatu.
  5. Aduk-aduk hingga kerupuk bawang merekah.
  6. Selanjutnya tambahkan penyedap rasa lalu aduk secara merata. Pastikan jangan sampai kerupuk gosong.
  7. Jika sudah matang, maka kamu bisa mengangkat dan mulai menghidangkannya.
  8. Simpan pada toples yang tertutup rapat
  9. Jika kalian menginginkan rasa yang berbeda kalian bisa menambahkan bumbu bubuk seperti rasa keju, barbeque, rumput laut dan lain sebagainya yang banyak dijual di supermarket.

Contoh Analisa Usaha Kerupuk Seblak Kering

Latar Belakang Usaha

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah dengan mendapatkan sumber makanan. Dalam kegiatan memproduksi makanan seorang produsen harus memiliki daya analisa yang tinggi yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen.

Untuk memproleh konsumen seorang pengusaha makanan harus memiliki strategi pemasaran agar usaha yang dijalani dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Analisa Peluang Usaha

Menganalisa peluang usaha sangat penting dalam melakukan pemasaran karena seorang wirausaha harus bisa mengidentifikasi apakah produk yang dipasarkan sesuai dengan daerahnya atau tidak.

Kerupuk seblak kering ini merupakan makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. karena camilan ini merupakan camilan yang bisa di jangkau dan bisa dinikmati oleh konsumen.

Jenis Produk

Jenis produk yang akan diproduksi yaitu semacam makanan gurih yang disukai warga setempat, dan produk yang telah jadi akan dipasarkan di pasar tradisional dan toko terdekat.

Strategi Pemasaran

Kegiatan pemasaran merupakan aspek terpenting dalam melakukan kegiatan usaha. Untuk pemasaran kerupuk seblak kering pedas dan gurih ini bisadi pasarkan di sekitar rumah. Selain itu produsen juga dapat menjualnya dengan memilih lokasi penjualan yang strategis yang mudah ditempuh oleh pembeli.

Target Pemasaran

Target pemasaran merupakan suatu motivasi bagi perusahaan untuk mempermudah sarana atau tempat yang luas. Target pemasaran akan dilakukan apabila pemilih usaha dengan ditetapkan segmentasi pasar dan target pemasaran.

Perusahaan tersebut dapat mengembangkan produknya disetiap sasaran pasar. Target pemasaran sangat berperan penting bagi usahanya.

Dalam artikel ini saya akan membagikan cara membuat sambal jeletot pedas dan sederhana.

Demikian sedikit penjelasan yang berkaitan dengan peluang usaha kerupuk seblak kering pedas gurih dan contoh analisa usahanya.