Beberapa bahan yang biasa terdapat dirumah ternyata bisa untuk perawatan kulit yang sederhana dan alami. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat scrub wajah dari kopi yang mudah dan ampuh untuk dicoba dirumah. Tentu saja dengan rangkuman manfaat dari scrub kopi ini untuk kesehatan kulit.

Kopi

Kopi merupakan salah satu bahan rumahan yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Beberapa manfaat menggunakan kopi untuk perawatan kulit adalah membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Kandungan kopi memang sudah terkenal dan terbukti dapat digunakan untuk perawatan kulit. Tidak heran banyak yang mulai mencoba membuat masker dengan bahan utama kopi. Mulai dari cara membuat masker kopi tanpa campuran sampai menambahkan bahan yang memiliki khasiat yang baik juga untuk kulit, salah satunya dengan lidah buaya.

Cara Membuat Scrub Wajah dari Kopi

cara membuat scrub wajah dari kopi

Kopi dapat digunakan sebagai scrub untuk kulit wajah dan badan. Penggunaan scrub kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan serta penampilan kulit. Pemakaian scrub dengan kopi juga membantu meningkatkan sirkulasi yang baik untuk melancarkan oksigen dan menutrisi kulit lebih maksimal. Berikut ini beberapa cara membuat scrub wajah dari kopi.

1. Membuat Scrub Wajah dari Kopi dan Madu

Alat dan Bahan

Bahan :
  • 2 sendok makan bubuk kopi
  • 3 sendok makan yogurt
  • 1 sendok makan madu
  • 2 sendok makan bubuk kakao
Alat :
  • Wadah
  • Sendok

Cara Membuat Scrub Wajah dari Kopi dan Madu

  1. Pertama campurkan 2 sendok makan bubuk kopi, 3 sendok makan yogurt, 1 sendok makan madu, serta 2 sendok makan bubuk kakao pada wadah.
  2. Kemudian oleskan campuran tadi pada wajah secara merata.
  3. Selanjutnya pijat dengan lembut selama kurang lebih 10 menit.
  4. Lalu biarkan selama beberapa saat kemudian cuci bersih.

2. Membuat Scrub Wajah dari Kopi dan Air Mawar

Alat dan Bahan

Bahan :
  • 4 sendok makan bubuk kopi
  • 1 sendok teh air mawar
Alat :
  • Wadah
  • Sendok

Cara Membuat Scrub Wajah dari Kopi dan Air Mawar

  1. Pertama campurkan 4 sendok makan bubuk kopi dan 1 sendok teh air mawar dalam wadah.
  2. Kemudian oleskan campuran tadi ke wajah secara merata.
  3. Selanjutnya tinggal biarkan selama 10 atau 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Membuat Scrub Wajah dari Kopi dan Pisang

Alat dan Bahan

Bahan :
  • ½ pisang matang
  • ¼ cangkir minyak zaitun
  • ¼ cangkir kopi bubuk
  • ½ cangkir garam kosher.
Alat :
  • Wadah
  • Cangkir

Cara Membuat Scrub Wajah dari Kopi dan Pisang

  1. Pertama hancurkan ½ pisang matang terlebih dahulu.
  2. Kemudian campurkan dengan ¼ cangkir minyak zaitun, ¼ cangkir kopi bubuk, dan ½ cangkir garam kosher.
  3. Selanjutnya oleskan ke seluruh bagian tungkai dan kaki.
  4. Sambil Pijat dengan lembut selama kurang lebih 15 menit.
  5. Terakhir biarkan selama 10 menit lagi lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga : Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit

manfaat kopi bagi kesehatan kulit

1. Mengurangi Selulit

Adanya kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Hal itu karena kafein dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara . Jika terapkan rutin pada kulit bisa mengurangi tampilan selulit.

2. Menunda Penuaan

Kemuculan bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus di wajah adalah salah satu tanda penuaan. Hal tersebut bisa muncul dengan lebih cepat bahkan diusia muda. Untuk mencegahnya, kalian bisa mengoleskan kopi secara langsung ke kulit yang mengalami gejala tersebut.

3. Membantu Mencegah Kanker Kulit

Ternyata kopi juga kaya dengan vitamin B3 karena terdapat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Triginellin sendiri dapat terurai menjadi niacin setelah biji kopi melalui proses panggang. Riset dari Skin Cancer Foundation juga menyimpulkan bahwa niacin dapat membantu mencegah kanker kulit non melanoma.

4. Membantu Perawatan Jerawat

Dalam kopi juga mengandung asam klorogenat yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Dengan menggunakannya untuk scrub pada kulit dapat membantu untuk melawan jerawat yang tentu meruntuhkan kepercayaan diri.

5. Dapat Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata

Kandungan kafein dalam kopi juga berfungsi membantu melebarkan pembuluh darah juga bisa kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kalian bisa mencampurkan setengah sendok kopi dengan minyak zaitun secara rutin.

Nah, itulah cara membuat scrub wajah dari kopi yang mudah dan ampuh. Manfaat yang didapatkan tentu bergantung pada rutin tidaknya dalam membuat dan menggunakan scrub tersebut. Yang terakhir, semoga informasi yang dibagikan diartikel ini bermanfaat.