Cara Membuat Roti Goreng sering ditanyakan beberapa orang yang berniat membuat olahan ini. Roti goreng ini dibuat menggunakan adonan yang mirip dengan donat. Bedanya yaitu pada tekstur adonan yang lebih lembek dan lebih lembut serta roti goreng ini menggunakan isian berupa coklat.

Selain membuat tahu membuat roti goreng juga terbilang mudah dan tanpa meggunakan oven pastinya.

Roti goreng yang dihasilkan memiliki tekstur yang lembut dengan rongga-rongga udara didalamnya yang membuat roti lebih empuk. Rasanya gurih, dengan aroma harum khas roti goreng yang menggugah selera.

Cara membuat roti goreng isi coklat lembut ini sebetulnya cukup mudah. Namun untuk membuatnya agar terasa lembut dan empuk memang ada tehniknya. Agar lembut dan empuk, adonan roti harus mengembang sempurna sebelum adonan dogoreng.

Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk

cara membuat roti goreng

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakanlah tepung terigu berkualitas terbaik. Jenis tepung terigu yang digunakan paling tidak adalah tepung terigu sebaguna atau protein sedang. Jika ingin lebih empuk, gunakanlah tepung terigu berprotein tinggi.

Oh uya, untuk bagian gula pasir, jangan terlalu banyak ya. Untuk jumlah 1/4 kilogram tepung, gula pasirnya cukup sekitar 2 sendok makan saja. Jika terlalu banyak menambahkan gula, maka roti akan cepat gosong ketika digoreng.

Yuk kita lihat, bahan apa saja yang digunakan dan harus dipersiapkan untuk mempelajari bagaimana cara membuat roti goreng isi coklat yang empuk ini. Untuk pembuatannya, mari kita simak juga cara membuat roti goreng isi coklat lembut melalui step by step yang akan dibahas dibawah ini.

Bahan Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna (+/- 2 gelas)
  2. 100 ml susu cair (1/2 gelas)
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 1 sdm ragi instan (1/2 bungkus)
  5. 1 btr telur
  6. 100 gr margarin
  7. 1/2 sdt garam
  8. 50 gr dark cooking chocolate untuk isian,coklat  dipotong berbentuk dadu

Cara Membuat Roti Goreng Enak, Empuk, dan Praktis

    1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk merata.
    2. Masukkan telur, aduk rata menggunakan tangan.
    3. Uleni adonan menggunakan tangan. Sambil diuleni, tuangkan juga susu cair kedalam adonan secara bertahap, sedikit demi sedikit. Uleni terus hingga adonan tersebut menggumpal dan kalis, tidak lengket di tangan.
    4. Terakhir, masukkan margarin dan garam. Uleni lagi hingga adonan merata dan kalis. Perlu diperhatikan, margarin dan garam hendaknya dimasukkan paling terakhir. Jika dicampur bersamaan dengan ragi, margarin dan garam bisa membunuh mikroorganisme yang terkandung pada ragi. Hasilnya nanti rotinya menjadi kurang mengembang sempurna.
  1. Setelah adonan kalis, tutuplah adonan menggunakan plastik. Biarkan adonan tersebut minimal 1 jam sampai adonan mengembang.
  2. Jika proses pembuatan adonannya benar, adonan yang sudah didiamkan akan mengembang hingga dua kali lipat dari volume semula. Jika diperhatikan, didalam adonan yang bagus akan memiliki serat-serat dan rongga-rongga. Lalu kempiskan adonan dan bagilah adonan tersbut menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran roti goreng yang akan dibuat.
  3. Masukkan isian kedalam masing-masing bagian adonan roti. Bulatkan lagi hingga rapi.
  4. Setelah diberi isian, diamkan bulatan adonan selama kurang lebih 10 menit hingga mengembang lagi.
  5. Goreng roti dengan api kecil hingga roti mengembang dan matang. Jangan menggoreng dengan api yang terlalu besar ya, karena nanti rotinya bisa cepat gosong sementara isinya belum matang.
  6. Setelah matang, angkat roti dan tiriskan. Nikmati selagi hangat!

Cara membuat roti goreng ini tidak jauh berbeda dengan cara proses pembuatan donat. Terutama pada bagian proses pembuatan adonan, yang intinya membuat adonan hingga mengembang sempurna.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran!