Pada kesempatan kali ini kita akan Bahas tentang cara membuat rengginang ketan enak dan sedap. Membuat yang seperti itu tidak sulit baget cuma mirip seperti buat kerupuk biasa hanya saja dengan tambahan bumbu. Seperti apa ya, simak artikel ini.

Cara Membuat Rengginang Ketan Enak Dan Sedap

Cara Membuat Rengginang Ketan

Untuk mendapatkan rengginang sudah sulit sekali, terutama di daerah-daerah kota seperti jakarta dan sekitarnya. Rangginang adalah makanan menyerupai kerupuk tetapi lebih tebal.

Cara pembuatannya menggunakan ketan dan juga bisa memgunakan macam macam beras dan manfaatnya , kemudian beras biasa atau beras ketan dibentuk seperti piring lalu dikeringkan panas matahari sehabis di keringkan lalu digoreng panas dalam minyak goreng.

Jenis makanan ini seperti kerupuk yang lain yang biasanya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo.

Ada juga yang memakai kencur, sedangkan yang manis dikasih dengan gula kawung atau gula merah, rangginang juga ada yang menggunakan beras ketan hitam.

Membuat rangginang wajib  memakai beras ketan bukan beras biasa atau nasi sisa yang dikeringkan, kalo yang terbuat dari nasi itu biasa disebut rangining.

Asal Usul Rengginang Ketan

Cara Membuat Rengginang Ketan

Di Jawa Tengah tepat nya Yogyakarta juga lumayan terkenal dengan penganan mirip yang disebut dengan intip goreng, yakni sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng.

Perbedaan makanan intip goreng dan rengginang adalah pada ukurannya tersebut. Intip berukuran agak besar daripada rengginang karena dicetak dari dasar panci atau periuk penanak nasi.

Dalam pada itu, di bebagai tempat di Jawa Barat terkenal dengan penganan berbentuk menyerupai rengginang namun dengan bahan dasar singkong atau gaplek, yang disebut renggining.

Rangginang dapat digoreng tanpa dikasih bumbu maupun rasa, asin atau manis. Selain itu jenis rengginang yang dikasih rasa seperti udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

Jajanan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan renyah. Orang-orang jawa menyebut jajanan ini sebagai kerupuk rengginang.

Rengginang merupakan makanan yang enak dalam jenis kerupuk yang terbuat dari nasi atau beras ketan. Sebelum dimasak, nasi dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari agar enak, tunggu sampai mengeras.

Rengginang agak berbeda dengan kerupuk pada umumnya, jajanan ini tidak terbuat dari tepung tapioka ataupun melinjo yang dihaluskan.

Rengginang dibuat dengan nasi utuh, sehingga saat digoreng nasi-nasi tersebut nampak utuh dan membesar.

Rengginang sering sekakali dibuat menggunakan nasi yang sudah hampir gak layak untuk dimakan. Nasi tersebut biasanya adalah nasi sisa tidak layak di makan  atau nasi kemarin yang tidak di makan.

Jadi sebelum basi, nasi itu dimasak biar rengginang agar bisa dimakan lagi. Proses pembuatan rengginang ini yang terbaik tidak memakai bumbu apapun.

Menariknya, walaupun tidak menggunakan bumbu masakan, rengginang tetap mempunyai rasa enak.

Cara Membuat Rengginang Ketan

Cara Membuat Rengginang Ketan

Bahan Bahan

  • 1 Kilogram Beras Ketan.
  • 10 Siung Bawang Putih.
  • 45 Gram / 3 Sdm Terasi.
  • 15 Gram / 1 Sdm Garam.
  • 100 ml / 0,5 Gelas Air Mineral.

Langkah Langkah Membuat Rengginang Ketan

  1. Siapkan wadah, lalu rendam Ketan selama satu malam. Setelah direndam, kukus ketang setengah matang kurang lebih selama 10 menit. Angkat, sisihkan.
  2. Siapkan ulekan, lalu haluskan Bawang Putih, Terasi dan Garam. Pindah dalam wadah besar lalu tambahkan Air Mineral, aduk hingga merata.
  3. Masukan Ketan yang setengah matang ke dalam wadah besar berisi Bumbu. Aduk memakai sendok atau sarung tangan plastik, pastikan bumbu rata.
  4. Siapkan kembali alat kukus, lalu masak Ketan yang sudah diberi bumbu. Masak hingga matang dan bumbu meresap, atau kurang lebih selama 15 menit.
  5. Angkat Ketan yang sudah matang, lalu bentuk sesuai selerai. Bisa pakai cetakan, ataupun tidak. Letakan di atas nampan beralas plastik atau daun pisang.
  6. Pindahkan wajan berisi Ketan ke tempat panas terkena sinar matahari, jemur selama seharian. Jika sudah kering, nantinya ketan akan sangat keras.
  7. Siapkan wajan, lalu didihkan minyak goreng. Gunakan api sedang, lalu goreng Adonan Rengginang. Masak hingga ngembang kecoklatan selama 3 menit.

Itulah dia cara membuat rengginang ketan yang enak dan sedap. Bahannya sederhana, prosesnya juga simpel. Pastinya anti gagal.