Cara membuat rambak  kambing – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki basis ternak yang cukup besar, salah satunya adalah ternak kambing. Bagian tubuh dari kambing dapat untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan basah maupun kering, salah satunya adalah bagian kulitnya.

Kulit kambing sangat bermanfaat untuk dijadikan berbagai jenis olahan, baik untuk olahan makanan maupun olahan kerajinan. Kulit kambing bisa diolah menjadi olahan makanan yaitu salah satunya dijadikan sebagai bahan dasar membuat kerupuk rambak.

Kerupuk rambak adalah salah satu jenis cemilan kerupuk yang sangat mudah untuk ditemui, banyak masyarakat yang mencarinya karena rasanya yang enak dan gurih.Bagaimana cara membuat kerupuk rambak kulit kambing yang gurih dan renyah?

Cara Membuat Kerupuk Rambak Kulit Kambing

Bahan-Bahan

  • 1 kg kulit kambing
  • 0,4 ons garam
  • 0,25 ons gula pasir
  • 0,25 ons bawang putih
  • Bumbu masak
  • Kapur sirih

Langkah cara membuat kerupuk rambak kulit kambing

  1. Rendam kulit kambing dalam air bersih sekitar kurang lebih 2 jam
  2. Larutkan kapur sirih dengan takaran 0,4 kg kedalam 5 liter air per 1 kg kulit.
  3. Aduk larutan setiap 5 jam sekali untuk menjaga pH larutan. Lakukan kurang lebih 10 jam
  4. Cuci kulit yang telah direndam menggunakan air bersih sambil bersihkan sisa bulu yang menempel dengan cara dikerok menggunakan pisau
  5. Rebus kulit yang sudah bersih selama kurang lebih 50 menit pada suhu 90-100 derajat
  6. Gunting kulit yang sudah bersih dengan ukuran sesuai selera
  7. Keringkan kulit yang sudah dipotong dibawah sinar matahari selama 1 hari
  8. Rendam rambak mentah yang habis dijemur kedalam larutan bumbu selama kurang lebih 1 sampai 2 jam
  9. Keringkan kembali kulit yang sudah direndam bumbu selama 2-3 hari
  10. Goreng rambak mentah yang sudah kering kedalam minyak panas
  11. Angkat dan tiriskan rambak yang sudah matang, dan kerupuk rambak siap dihidangkan

baca juga : cara membuat kerupuk nasi tepung kanji

Hal – Hal yang perlu diperhatikan untuk memulai wirausaha kerupuk rambak kambing

1. Bahan Baku Kulit Kambing

Dalam pembuatan kerupuk rambak kambing memiliki bahan utama adalah kulit dari kambing, jadi kita diharuskan untuk memperhatikan kualitas bahan bakunya. Disarankan untuk memilih kulit kambing yang memiliki kualitas maupun tekstur yang bagus, supaya nanti saat diolah menghasilkan kerupuk yang memiliki kualitas rasa yang lebih nikmat.

2. Tempat Usaha Bisnis Kerupuk Rambak Kambing

Pilih lokasi usaha anda untuk berjualan yang tepat dan strategis sehingga dapat dikunjungi oleh para pengunjung. Lokasi yang cocok untuk berbisnis contohnya adalah disekitaran terminal, pusat perbelanjaan, kampus, sekolah maupun berbagai tempat strategis yang ramai dikunjungi oleh orang – orang.

3. Harga Jual Kerupuk Rambak Kambing

Kita haruslah menyesuaikan harga kerupuk rambak kambing kita dengan harga pasaran yang sudah ada. Harga jual kerupuk rambak kita sebaikanya jangan mematoka harga yang terlalu tinggi, karena hal itu justru akan membuat usaha kita akan menjadi sepi.

4. Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak Kambing

Dalam pemasaran kerupuk rambak kulit kambing bisa dilakukan dengan menitipkan di setiap toko atau cara membuat iklan melalui media sosial supaya dikenal oleh masyarakat luas.

bagaimana teman-teman? mudah kan cara membuat rambak kambing ini? jangan lupa baca artikel cara membuat rambak lainnya dan share kepada yang lainnya.