Kali ini mari kita kupas cara membuat putu ayu supaya mengembang dan juga lembut. Penasaran bagaimana membuatnya ? Simak berikut ini.

Putu Ayu

Merupakan salah satu  jenis makan tradisional nusantara yang berupa kue dengan isian gula jawa, dilapisi oleh parutan kelapa, serta tepung beras butiran yang kasar.  Dengan menggunakan  tabung bambu yang sedikit dipadatkan kue ini di kukus dan dimasukan  di dalamnya. Kue ini dijual pada waktu ketika matahari sudah terbenam sampai larut malam.

Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini menjadi ciri khas penjualan putu serta dapat  menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Biasanya warna dari kue putu ini yaitu berwarna putih tetapi ada juga yang berwarna hijau.

Proses pembuatan kue putu ayu ini berbahan dasar yang sangat berbeda dengan kue putu yang lain, yang hanya menggunakan tepung beras untuk adonannya.

Di dalam proses pembuatan kue putu ayu umumnya ada beberapa bahan sama dengan yang biasa di gunakan untuk membuat bolu kukus. Penambahan kelapa sebagai hiasannya merupakan persamaan kedua kue tersebut.

Kue putu ayu ini sudah ada sejak 1200 tahun lalu, pada masa Dinasti Ming. Dulunya, kue ini diberi nama  XianRoe Xiao Long, yaitu kue dari tepung beras yang berisi kacang hijau lembut yang dimasak dalam cetakan bambu.

Bahan Baku Usaha Kue Putu Ayu

Kue putu ayu membutuhkan bahan baku yang tepat di dalam proses pembuatannya. Supaya bisa mendapatkan kue putu ayu dengan cita rasa yang pas dan enak maka perlu memilih bahan yang bermutu tinggi.

Gula pasir, santan, telur ayam, terigu, ovalet, garam, kelapa parut, dan pasta pandan merupakan beberapa bahan yang sangat dibutuhkan dalam memproduksi kue putu ayu. Di beberapa toko, pasar dan supermarket terdekat  bahan membuat kue putu mudah untuk didapatkan.

Kandungan

Kue Putu mengandung energi sebesar 21 kilokalori, protein 0,3 gram, karbohidrat 3,7 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 0,01 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,12 miligram didalamnya.

Didalam putu ayu terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram serta vitamin C 0 miligram.

 

Cara Membuat Putu Ayu Supaya Mengembang

cara membuat putu ayu supaya mengembang

1. Cara Membuat Putu Ayu Supaya Mengembang

Bahan-bahan :

  • 20 sdm tepung terigu
  • 12 sdm gula bisa ditambah klau kurang manis
  • 2 btr telur
  • 1 sdt ovalet/sp
  • 2 bungkus vanilli
  • sejumput gara
  • 250 ml air santan
  • pewarna makanan
  • kelapa parut

Cara Membuat Putu Ayu Supaya Mengembang :

  1. Pertama masukkan gula,vanili,garam, ovalet/sp, telur kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang adonan sampai putih
  2. Ayak tepung campur dan aduk 1 arah pakai solet/spatula dan masukkan air santan dikit demi sedikit.
  3. Aduk sampai merata bagi adonan menjadi 3 beri pewarna masing” adonan.
  4. Siapkan kukusan, taruh dicap roti bawahnya dikasih kelapa parut yaa baru dituang adonan.
  5. Dan kukus sampai matang.
  6. Kue putu siap untuk dihidangkan

Alasan Kue Putu  Bantet :

  1. Mengocok yang kurang mengembang
  2. Kurang rata dalam mengaduk santan dan juga minyak
  3. Serta kukusan yang kurang besar.

Tips Membuat :

  1. Jika anda menggunakan parutan kelapa yang telah beku, akan lebih baik jika anda memarut ulang dengan parutan.
  2. Sebisa mungkin tidak menggunakan api yang berukuran terlalu panas karena nanti hasil kuenya akan pecah.
  3. Kelapa yang muda bisa membuat kelapa yang disajikan terlihat lebih menarik.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Tata cara membuat putu ini harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil kue putu yang enak, lembut dan mengembang. Dengan begitu orang lain akan menilai jika anda bisa membuat kue dengan enak.