Di kondisi saat ini menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sangatlah penting,supaya tubuh kita tidak mudah terkena penyakit yang tidak kita inginkan.Maka dari itu kita perlu melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita,dengan salah satunya memakan sayuran dan buah buahan yang bergizi.Kualitas gizi sayuran dan buah ditentukan dari baik tidaknya kondisi penanaman dan pengembangbiakannya.Ada banyak upaya untuk meningkatkan atau menjaga kualitas dari tanaman tersebut salah satunya dengan cara membuat pupuk kompos sederhana untuk tumbuhan.

Maka dari itu pada artikel kali ini akan berisi tentang cara membuat pupuk kompos sederhana yang bisa diterapkan ditempat anda.Sebelum ke cara pembuatanya,mari kita ketahui pengertian dari pupuk kompos terlebih dahulu,

Selain ini kalian juga dapat mengetahui lebih banyak tentang jenis dan pengolahan pupuk kompos  salah satunya pada artikel berikut cara membuat kompos vermikompos .

 

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana Bermanfaat

 

Pengertian Pupuk Kompos

 

Pupuk merupakan bahan yang sangat dibutuhkan oleh tanaman pada perkebunan atau pertanian untuk menyuburkan tanah . Dengan tanah yang subur maka tanaman akan menjadi lebih subur juga dan tidak mudah layu karena unsur haranya tercukupi.

Kompos merupakan pupuk hasil dari sisa-sisa mahluk hidup yang sudah mati seperti hewan atau tumbuhan yang dibusukkan oleh organisme pengurai.

Sedangkan pengomposan berarti proses bahan organik yang mengalami penguraian dengan dibantu oleh bakteri  atau dekomposer sebagai sumber energinya.

 

Kandungan Pupuk Kompos

 

Jika dilihat pupuk kompos memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi tanah dan tumbuhan yakni unsur hara MAKRO yang terdiri atas, N, P, k, Ca, Mg, S  dan hara MIKRO yang terdiri atas Fe, Cu, Mn, Mo, Zn, Cl, B .  Tapi jika di bandingkan dengan pupuk jenis kimia buatan, kandungan haranya lebih rendah, sehingga dalam pengaplikasianya membutuhkan pupuk kompos yang banyak .

Selain itu,pupuk kompos dapat membuat tanah anda menjadi lebih subur lagi dan pada pupuk kompos terdapat  kandungan senyawa organiknya asam humat dan asam fulfat yang bermanfaat  sebagai pemicu pertumbuhan tumbuhan anda.

 

Prosedur Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Setelah mengetahui pengertian,kandungan serta kelebihan dan kekurangan pupuk kompos.Selanjutnya kita akan mempelajari tentang cara membuat pupuk kompos,mulai dari bahannya , prosedur atau proses pembuatanya dan juga Faktor factor yang mempengaruhi keberhasilan pembuatan pupuk kompos.

Berikut Bahan Bahan untuk Membuat Pupuk Kompos

Sebelum ke cara membuat pupuk kompos mari kita ketahui terlebih dulu Bahan bahan yang dapat digunakan untuk membuat pupuk kompos,sebagai berikut:

  • sisa makanan mulai seperti sayur-sayuran hingga daging busuk
  • Kertas bekas atau tisu yang tidak terpakai lagi
  • Daun dan rumput
  • kayu
  • Bumbu dapur kadaluarsa
  • Bulu hewan
  • Potongan rambut makhluk hidup
  • kotoran hewan

Langkah Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

  1. Siapkan sampah yang akan diolah menjadi pupuk kompos.
  2. Pisahkan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah plastik. Hanya Sampah organik yang digunakan sebagai pupuk kompos.
  3. Menyediakan wadah bisa berupa ember atau wadah lainya dengan ukuran yang besar untuk tempat membuat pupuk kompos. Wadah juga harus dilengkapi dengan penutup supaya pupuk tidak terkontaminasi.
  4. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang sebelumnya telah berisi dengan sampah organik.
  5. Siram permukaan tanah tersebut dengan air secukupnya.
  6. Sampah Organik yang sudah disiapkan tadi di cacah sampai menjadi potongan potongan,akan lebih mudah jika menggunakan Mesin Pencacah Kompos ,lalu dimasukan ke dalam wadah.
  7. Pastikan sampah disimpan secara merata. Sebisa mungkin ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah
  8. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah. Kali ini tanah berperan sebagai penutup sampah.
  9. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu.
  10. Setelah itu pupuk kompos sudah dapat digunakan.

 

Demikian dari artikel kali ini,semoga informasi diatas dapat anda terapkan dengan baik dengan harapan dapat memberikan manfaat kembali ke kita.

Terimakasih telah membaca artikel ini.