Hai hai sobat sekalian! Pada kesempatan kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat puding coklat vla dengan cara pembuatan mudah dan rasa yang lezat. Ngomong ngomong sobat pasti sudah pernah mencicipi bagaimana sih rasanya puding jika disantap dengan siaraman saus vla? tentunya sebagian besar dari sobat sudah pernah. Puding merupakan sebuah hidangan penutup yang sangat populer di Indonesia maupun di seluruh belahan dunia. Puding dengan tekstur yang sangat lembut dan rasa yang manis nan enak digemari oleh banyak orang dan berbagai kalangan, baik itu dari anak-anak maupun sampai orang dewasa.

Puding memang hidangan penutup yang lezat, tapi akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan siraman saus vla. Vla sendiri ini merupakan sajian yang sering dijadikan sebagai pelengkap hidangan penutup atau dessert lainnya. Contohnya saja seringkali kita temui vla ini dijadikan pelengkap pada puding, kue, donat, es krim, pie, brownies, churos, gabin, dan masih banyak lagi. Oh iya nih sobat, mungkin jika sobat ingin membuat donat atau memiliki bisnis kuliner donat, sobat dapat menggunakan bantuan mesin pembuat donat karena akan membantu proses pembuatan donat lebih efektif dan efisien.

Untuk mendapatkan puding dengan siraman vla sekaran ini memang mudah, sobat dapat membelinya di toko kue, cafe, restoran. Tetapi akan lebih menyenangkan jika membuatnya dirumah sendiri kan sob, jadi simak resep yang akan aku bagikan ya. Langsung aja kita simak resepnya kuy!

Cara Membuat Puding Coklat Vla Susu Keju

Bahan Puding Coklat:

  • Nutrijell yang rasa coklat sebanyak 1 bungkus
  • Susu cair plain atau UHT dengan takaran 1 gelas
  • Gula pasir dengan takaran 200 gram
  • Keju yang sudah diparut dengan takaran 100 gram

Bahan Vla Susu Keju:

  • Tepung maizena dengan takaran 2 sendok makan
  • Kuning telur sebanyak 1 butir
  • Susu cair plain atau UHT dengan takaran 1 gelas
  • Vanili bubuk dengan takaran 1 sendok teh
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Pisang yang sudah matang sebanyak 1 buah, potong dadu
  • Keju dengan takaran 50 gram, potong dadu juga

Langkah Membuat Puding Coklat Vla Susu Keju:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yakni tentunya menyiapkan semua bahan dan jangan sampai ada yang terlewat ya. Siapkan wadah lalu ambil 1 bungkus nutrijell rasa coklat dan masukkan ke dalam wadah. Campurkan gula ke dalam wadah yang berisi nutrijell lalu aduk-aduk sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan susu cair plain sebagian saja jangan semuanya dan tambahkan juga air dengan takaran 2 setengah gelas. Panaskan denga manggunakan panci diatas nyala api yang sedang.
  3. Masukkan sisa sebagian susu cair plain ke dalam panci kecil yang lain dan masukkan juga keju yang telah diparut menjadi halus. Panaskan bahan tersebut diatas nyala api yang kecil sambil diaduk aduk agar cepat larut dengan mudah. Jika sudah larut, tambahkan sebagian adonan ke dalamnya dan aduk kembali sampai tercampur dengan rata.
  4. Kemudian tuangkan ke dalam adonan secara perlahan dan aduk-aduk hingga merata, tunggu sampai benar-benar mendidih. Kalau adonan sudah mendidih, siapkan sebuah cetakan puding dan tuangkan adonan ke dalam cetakan tunggu sampai dingin lalu masukkan ke dalam freezer atau kulkas.
  5. Sambil menunggu adonan pudingnya set, sekarang kita mau buat vla susu kejunya nih sob. Pertama-tama masukkan gula dan susu cair plain ke dalam panci kecil. Masak diatas nyala api yang kecil sambil diaduk-aduk sampai larut dan tercampur rata.
  6. Ambil tepung maizena dan larutkan dengan air dengan takaran 8 sendok makan. Kemudian tuangakan ke dalam susu dan aduk-aduk sampai larut dan tercampur dengan rata.
  7. Masukkan kuning telur ke dalam wadah dan kocok-kocok tambahkan adonan sedikit saja ya sob. Setelah itu tuangkan secara perlahan-lahan sambil diaduk sampai tercampur rata.
  8. Tambahkan juga pisang dan keju yang sudah di potong dadu, jangan lupa tambahkan juga vanili. Aduk-aduk kembali hingga merata.
  9. Apabila adonan vla susu keju terlalu kental, sobat dapat mengencerkannya dengan menambahkan susu cair atau air. Jika adonan vla susu keju sudah mendidih, angkat dan diamkan sampai agak dingin.
  10. Keluarkan puding coklat yang sudah set dari dalam kulkas, letakkan puding pada piring saji dan sirami dengan vla susu keju. Hmm yummy, puding coklat dengan vla susu keju yang super lumer siap disajikan.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Wehh…bikin ngiler ya sob, puding coklat dengan siraman vla super lumer memang terbaik lha. Gimana tadi resepnya cukup sederhana dan mudah kan, selain cara pembuatannya yang sederhana dan mudah, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat puding coklat vla ini pun juga mudah untuk didapatkan. Jadi sobat jangan takut dan jangan ragu untuk mencobanya di rumah.

Kalau sobat ingin membuat vla coklat dengan varian yang lain dan dikombinasikan pada sajian penutup lainnya, sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat vla coklat. Oke sobat sampai disini dulu ya, terimakasih sudah mengunjungi dan membaca artikel ini ya sob, sampai jumpa di artikel selanjutnya dan selamat mencoba 😊💖