Ini di cara membuat permen jelly yang kenyal dan lezat dengan ala rumahan bisa Anda coba-coba dengan kreativitas sendiri. Permen yang terbuat dari jelly agar-agar ini memiliki rasa yang lezat.

Jelly merupakan makanan yang secara tekstur terasa agak padat namun kenyal. Jelly tersebut terbuat dari olahan rumput laut yang diberi sari buah-buahan.

Dalam proses pembuatan biasanya diberi dengan gula pasir halus sehingga jelly cenderung berasa manis.Jelly juga sangat mudah untuk di dapatkan, yaitu dengan berupa kemasan atau instan.

Siapa sih yang tak suka permen? Hampir semua orang menyukainya, termasuk anak-anak. Apa lagi permen yang terbuat dari jelly agar-agar ini.

Cara membuat permen yang kenyal ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis. Rasa manisnya dengan aroma yang berbeda membuat permen banyak disukai.

Cara membuat permen jelly yang kenyal ini juga mudah, hampir semua orang bisa membuat permen kenyal. Termasuk anak-anak, karena anak-anak lebih menyukai makanan yang manis dan juga kenyal seperti permen jelly ini.

Permen jelly ini biasanya di sajikan dengan waktu yang pas, yaitu di sat kumpul keluarga atau waktu lebaran.

Jika Anda ingin membuat permen jelly ini, kami akan memberikan cara membuat permen jelly yang kenyal dan lezat dengan ala rumahan.

 

Langkah Dan Cara Membuat Permen Jelly Yang Kenyal

Bahan dan alat untuk cara membuat permen jelly yang kenyal ini sangat simple.

Anda juga bisa membeli bahan-bahannya di warung atau toko terdekat.

Bahan-Bahan :

  • Agar-agar powder 1 bungkus.
  • Nutrijel (jelly powder) 1 bungkus.
  • Gula pasir putih 1 gelas atau 250 gram.
  • Pewarna makanan cair (optional, jika ingin menghasilkan warna yang lebih bagus).

Untuk agar-agar bubuk dan nutrijel bubuknya akan lebih baik, dalam penggunaan pewarna makanan sebaiknya Anda menggunakan satu warna saja.

Baca juga : Berikut Ini Adalah Cara Membuat Bakso Sapi Sepesial

Cara Membuat Permen Jelly Yang Kenyal :

  1. Cara membuat permen jelly yang kenyal ini seperti cara memasak agar-agar biasa. Anda harus mencampurkan semua bahan ke dalam panci seperti agar-agar bubuk, nutrujel bubuk, dan gula. Kemudian aduk dengan merata dan masak sampai mendidih.
  2. Setelah matang,matikan kompor dan tuangkan adonan jelly kedalam wadah atau loyang yang berukuran lebar.
  3. Di kira-kira ukuran wadahnya jangan sampai menghasilkan lapisan yang terlalu tipis ataupun tebal.
  4. Setelah adonan cara membuat permen jelly ini sudah dingin dan mengeras, kemudian potong-potong jelly sesuai dengan selera Anda.
  5. Susudah dipotong-potong kemudian di susun dalam nampan atau baki dengan rapi.
  6. Kemudian di jemur jelly di bawah sampi kering sekitar 2 sampai 3 hari.
  7. Pada saat menjemur permen jelly ini jangan lupa menutupnya dengan tissue atau kain tipis agar tidak terkena debu.
  8. Setelah selesai dalam proses penjemuran Anda juga bisa menambahkan rasa dengan gula dan mempercantik tampilan permen jelly yang kenyal ini.
  9. Cara membuat permen jelly yang kenyal sudah selesai dan siap untuk di hidangkan.

 

Tips Membuat Permen Jelly Yang Kenyal

  1. Untuk menghasilkan warna yang lebih bagus, sebainya Anda menggunakan pewarna makanan yang terang. Karena pada proses menjemur warna akan memudar.
  2. Kalau membuat permen jelly yang kenyal ini sebaiknya sekalian banyak seperti 2 atau 3 kali cara, jadi Anda juga tidak rugi waktu saat menjemurnya. Karena satu cara membuat permen jelly yang kenyal ini hanya menghasilkan satu toples kecil.

Baca juga : Ini Dia Cara Membuat Gulali Kenyal Yang Sederhana Dan Lezat

Jika Anda merasakan permen jelly ini pasti merasakan tekstur yang kenyal saat di gigit. Jelly ini juga tidak memerlukan pengawet, karena juga berbahaya bagi buah hati Anda maupun keluarga Anda.

Bagaimana, praktis bukan? Selain cara membuat permen jelly ini, Anda juga bisa membuat berbagai macm cara membuat permen sendiri tanpa ribet dengan ala rumahan.

Sekian langkah dan cara membuat permen jelly yang kenyal dan lezat dengan ala rumahan yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda.

Selamat mencoba dan semoga sukses!