Cara Membuat Pasir Kucing Sendiri – Hewan yang cocok untuk peliharaan adalah hewan yang dapat di jinakkan contohnya saja kucing.

Umat Muslim, kita sudah tidak asing dengan kisah kucing sebagai kesayangan Rasulullah SAW.

Dulu semasa hidupnya, dari sekian banyak jenis hewan yang bisa dipelihara, Nabi Muhammad diketahui memilih untuk memelihara kucing.

Kucingnya itu diberi nama Mueeza. Salah satu tindakan Mueeza yang begitu disukai oleh Nabi ialah, ketika Mueeze mendengaar suara adzan selalu mengeong.

Saking sayangnya pada kucing, Nabi Muhammad bahkan berpesan kepada bahwasanya kita sebagai manusia harus menyayangi kucing peliharaan kita seperti sama sayangnya kepada anak dan keluarga.

Bahkan, dalam hadist dikatakan bahwa siapapun yang berani menyiksa hewan mamalia satu ini, sejatinya akan diganjar hukuman kejam di akhirat nanti.

Dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah saw bersabda bahwa, “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR. Bukhari).

Keistimewaan Kucing

Tidak seperti anjing yang jika kita terkena air liurnya saja itu artinya kita terkena najis berat, dan harus dibersihkan dengan air atau tanah sebanyak 7 kali.

Disebutkan lebih lanjut, Nabi sendiri menekankan bahwa kucing itu tidaklah najis sehingga tidak menyulitkan kita sebagai manusia.

Pertama, pada kulit kucing ada yang namanya otot yang bekerja selain untuk menyesuaikan sentuhan manusia, juga bekerja untuk menangkal telur bakteri.

Lidah kucing pun berguna untuk membersihkan bulunya sendiri. Jika Anda melihat kucing menjilati badannya sendiri dengan lidahnya, itu artinya kucing tersebut sedang membersihkan dirinya sendiri dari kuman atau kotoran.

Pada bagian punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, ekor, juga tidak terdapat kuman. Bahkan ini dilakukan terhadap kucing dari berbagai perbedaan usia dan kondisi kulit. Hal tersebut juga sudah dibuktikan melalui banyak penelitian.

Begitu juga dengan cairan sampel yang diambil dari bagian permukaan lidah. Rasulullah Saw bersabda bahwa kucing adalah hewan yang tidak najis. “Ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling.”

Istri Nabi Rasulullah , Aisyah pernah melihat Rasulullah Saw berwudhu dari sisa jilatan kucing.” (H.R AlBaihaqi, Abd Al-Razzaq, dan Al-Daruquthni).

Diciptakan oleh Allah SWT sebagai hewan yang begitu bersih, tidak najis sehingga tak menyusahkan manusia, dan bahkan diberi kelebihan untuk membersihkan dirinya sendiri.

Mungkin kurang lebih inilah yang membuat Nabi Muhammad begitu menyayangi dan menempatkan kucing di posisi istimewa.

Cara Membuat Pasir Kucing Sendiri Yang Mudah Dan Praktis

Hal yang merepotkan saat memelihara kucing adalah saat kita harus memberihkan kotoran nya, apalagi jika kotorannya yang bau.
Oleh karena itu dibutuhkan pasir untuk tempat buang hajat dan kencing bagi kucing.
Di pasaran banyak kita temui pasir gumpal beraroma untuk kucing, namun sayangnya pilihan aromanya terbatas, dengan sedikit usaha dan kreatifitas kita bisa membuat pasir wangi sendiri untuk kucing kita sesuai dengan selera.
Semoga bisa menginspirasi kalian para cat lover-cat lover di muka bumi ini.

Bahan-Bahan :

  • Pasir gumpal biasa (tidak wangi)
  • Daun pandan wangi secukupnya

Peralatan :

  • Pisau
  • Toples/ wadah bertutup

Cara Membuat :

  1. Iris tipis pandan wangi
  2. Siapkan toples, letakkan 1 lapisan pasir di dalam toples, taburi daun pandan wangi diatasnya, ulangi terus sampai pasir dan daun pandan habis.
  3. Tutup rapat – rapat toples/ wadah kemudian diamkan selama minimal 24 jam. Pasir siap untuk digunakan

Catatan :

  • Daun pandan wangi bisa diganti dengan daun yang lainnya seperti bunga melati,  kenanga atau tanaman beraroma lainnya.
  • Jumlah daun pandan yang digunakan disesuaikan dengan jumlah pasir, semakin banyak daun pandan yang anda gunakan, semakin wangi pula aroma pasir anda.

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah, yang anda butuhkan adalah pasir gumpal, pengharum ruangan semprot dengan aroma kesukaan anda dan toples plastik.

Cara membuat: masukkan pasir kedalam toples, semprotkan pengharum ruangan ke dalamnya, tutup toples, aduk dengan cara mengguncang-guncangkan toplesnya (seperti penjual cireng pinggir jalan membumbui jualannya).
Ulang beberapa kali sampai wanginya rata ke seluruh pasir (sebaiknya dilakukan secara bertahap jika pasir yang anda gunakan banyak). Tutup toples diamkan selama 24 jam, siap untuk digunakan.
Sekian informasi tentang : Cara Membuat Pasir Kucing Sendiri Yang Mudah Dan Praktis. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : Jenis – Jenis Pasir Dan Pemanfaatan Dalam Berbagai Bidang