Cara Membuat Minyak Kelapa VCO Alami. Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali.

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO Alami

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO Alami Sbb:

1.Pilihlah Kelapa yang Sudah Matang

Untuk mendapatkan minyak kelapa murni VCO yang baik, Anda harus memilih buah kelapa yang sudah matang (bukan kelapa muda).

2. Buatlah Santan Kelapa Segar

Santan kelapa segar ini sangat mudah cara membuatnya. Siapkan buah kelapa, ambil dagingnya, parut, lalu peras hingga kita mendapatkan santannya.

3. Fermentasi Santan

Setelah mendapatkan santannya, langkah berikutnya adalah fermentasi.

Cara untuk fermentasi santan adalah mendiamkannya selama 24 sampai 48 jam.

Suhu yang disarankan adalah 30 sampai 40 derajat celcius.

Dari hasil fermentasi tersebut, terdapat endapan air di bagian bawah dan dadih mulai membentuk di bagian atas.

Sebuah lapisan tipis minyak kelapa terbentuk di antara keduanya.

4. Memisahkan Air dari Minyak dan Dadih.

Langkah selanjutnya adalah memisahkan air dari minyak dan dadih. Ini adalah bagian yang sulit.

Ada beberapa metode untuk melakukan langkah ini. Namun langkah yang paling mudah adalah dengan cara membekukan selama 3—4 jam (sampai minyak dan dadihnya membeku).

Dengan proses ini, kita bisa memisahkan air dari minyak dan dadih.

5. Pisahkan Antara Dadih dengan Minyak.

Hal pertama yang perlu kita lakukan sebelum memisahkan dadih dengan minyak adalah memanaskannya.

Panaskan pada suhu 40—70 derajat celcius selama 10—15 menit. Setelah itu diamkan hingga suhu normal kembali. Pada saat suhu sudah normal, minyak dan beberapa padatan akan terpisah.

Setelah itu saringlah minyak dan dadih itu dengan sebuah kain. Minyak dan dadih pun akan terpisah.

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO Alami

Pembuatan VCO secara Enzimatis.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih kelapa yang akan kita olah untuk diambil santannya. Perlu kita ingat, pembuatan santan ini dari kelapa yang sudah tua. Kelapa kita kupas dengan cara memisahkan antara daging buah dengan kulit sabut dan tempurungnya, terus airnya kita buang. Kelapa yang sudah kita kupas tadi ditempatkan di dalam satu wadah dan siap untuk kita parut.

Kemudian daging kelapanya tadi kita parut, biar dapat hasil parutan yang optimal dan efisien kita bisa menggunakan mesin parut kelapa.

Kemudian langkah selanjutnya itu kita lakukan proses pemisahan krim santan dari santan Minyak Kelapa VCO yang diperoleh dengan cara mendiamkan santan tersebut selama kurang lebih dua jam. Krim santan merupakan bagian yang berada diatas setelah santan didiamkan selama waktu tersebut.

Pengadukan harus kita lakukan terus sampai campuran tersebut benar-benar homogen atau merata, pengadukan dilakukan kurang lebih selama 20 menit.

Campuran tersebut kemudian ditempatkan dalam suatu inkubator yang sudah diset pada suhu 400 C.

Inkubasi dilakukan selama 12 jam, nah selama waktu inkubasi campuran tersebut akan mengalami pemisahan menjadi tiga bagian. Bagian paling atas adalah Virgin Coconut Oil, bagian tengan berupa ampas (blondo), dan bagian paling bawah adalah air.

Bagian paling atas yaitu Virgin Coconut Oil yang kita ambil secara perlahan agar tidak bercapur lagi dengan blondo dan air, kemudian dilakukan proses penyaringan dengan menggunakan peralatan penyaringan seperti pada proses penyaringan pada pembuatan Virgin Coconut Oil dengan pemancingan.

Virgin Coconut Oil yang diperoleh kemudian bisa kemas dalam botol dari kaca atau plastik.

Demikian artikel Cara Membuat Minyak Kelapa VCO Alami dan semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Mungkin ada kata yang salah atau kurang baik dibaca saya minta maaf.

Terimakasih.