cara membuat kerupuk jengkol tepung – Jengkol​, jering atau jariang​ sangat enak apabila diolah menjadi semur, rendang maupun balado. Salah satu cara agar hasil masakan jengkol enak adalah perlunya memilih jengkol yang tepat.

Cara Memilih Jengkol Yang Baik

Jengkol memang terkenal dengan aroma yang menyengat dan tidak enak, meskipun begitu ternyata biji jengkol ini punya banyak penggemar. Sebaiknya sebelum memasak jengkol kita penting untuk memilih jengkol yang berkualitas baik. Berikut 4 tips memilih jengkol yang berkualitas baik :

1. Bentuk

Pilihlah biji jengkol yang berbentuk bulat tetapi sedikit pipih sempurna bukan yang berbiji gepeng full. Jengkol kecil dan bulat lebih baik dibanding ukuran besar tapi gepeng karena pemakaian jengkol tersebut pada masakan lebih enak dan legit.

2. Kulit

Selain berbentuk bulat dan agak pipih, cari juga jengkol yang memiliki kulit mulus dan tidak ada bagian yang rusak sama sekali pada jengkol karena ini sangat mempengaruhi tekstur dan cita rasa dari jengkol.

3. Jengkol tua

Cita rasa masakan yang berbahan dasar jengkol semakin enak apabila kita memakai jengkol yang benar-benar tua. Meskipun bijinya keras saat sudah matang, tetapi berubah jadi lunak dan empuk setelah direbus dan direndam. Warna biji jengkol cenderung berubah merah  kecokelat setelah benar-benar matang.

4. Jengkol muda

Bila kita ingin menyajikan jengkol sebagai lalapan, sebaiknya pilihlah jengkol yang masih muda, karena meskipun teksturnya jauh lebih keras dibanding jengkol yang sudah tua dan memiliki rasa pahit, tapi jengkol yang masih muda cocok untuk konsumsi mentah dan tentunya sangat lezat disantap dengan sambal lalapan.

Cara Menyimpan jengkol

Jengkol yang sudah tua akan cepat busuk jika tidak disimpan dengan baik dan semakin lembek teksturnya, Maka semakin tua umurnya agar lebih awet saat disimpan, jengkol  yang sudah tua perlu dimasak dulu setengah matang.

Caranya yaitu merebus jengkol beserta kulitnya dalam air selama 3 menit dan tidak perlu menambahkan bumbu apapun. Setelah itu kita masukkan kedalam wadah yang kedap udara dan simpan dalam kulkas. Nah untuk jengkol yang masih muda sebaiknya simpan dalam ruang hangat yang kering maka paling tidak jengkol muda bisa tahan selama 3 hari.

baca juga : cara membuat kerupuk sawi

Cara Membuat Kerupuk Jengkol Tepung

Bahan-bahan untuk membuat kerupuk jengkol:

  • Jengkol 1 kg
  • Tepung tapioka 2 kg
  • Air hangat 300 ml
  • Bawang putih 50 gram, dihaluskan
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng

Cara membuat kerupuk jengkol tepung:

  1. Pertama kita kupas kulit jengkol, kemudian jengkol dicuci dengan air bersih, lalu rendam jengkol dalam air bersih kira-kira selama 20 menit, ganti air rendaman dengan air bersih yang baru setiap 20 menit sekali, lakukan perendaman jengkol ini minimal sampai 3 kali, jika sudah tiga kali dan bersih angkat jengkol dan tiriskan.
  2. Siapkan panci dan air garam untuk merebus jengkol yang telah dicuci, masukkan jengkol dan rebus hingga kulit arinya mengelupas lalu angkat dan tiriskan.
  3. Bersihkan kulit ari yang masih menempel pada jengkol, kemudian tumbuk hingga halus untuk dijadikan adonan.
  4. Tambahkan bahan bumbu lainnya seperti tepung tapioka, bawang putih, garam, penyedap rasa, air hangat, sambil diaduk-aduk atau uleni hingga adonan bisa merata sempurna.
  5. Bentuk adonan yang sudah kalis menjadi bentuk bulat memanjang dan dibungkus dengan daun pisang atau plastik.
  6. Kemudian kita kukus hingga matang, kira-kira selama 40 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  7. Setelah adonan dingin iris tipis-tipis, lalu jemur dibawah sinar matahari hingga adonan benar-benar kering.
  8. Jika dirasa sudah kering selanjutnya kerupuk jengkol digoreng. Persiapkan penggorengan lalu goreng hingga matang. Kerupuk jengkol sudah siap dihidangkan.

bagaimana kawan mudah kan cara membuat kerupuk jengkol tepung ini? jangan lupa baca artikel lainnya seperti cara membuat kerupuk rambak dan share ya kawan-kawan. terima kasih