Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat lupis diaron yang lezat dan tentunya makanan ini sangat mudah untuk di buat di rumah sendiri.

Siapa yang tidak kenal dengan lupis ? Makanan tradisional berasal dari Jawa yang memiliki rasa manis dan banyak mengandung manfaat yang terkandung dalam beras ketan yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuatnya. Makanan ini disajikan dengan menggunakan saus gula merah dan parutan kelapa. Rasa manisnya makin bertambah dengan tambahan taburan saus gula merahnya.

Penasaran dengan rasa lupis ini ? Tidak perlu khawatir lagi karena lupis bisa dibuat di rumah dengan menggunakan bahan yang mudah untuk didapatkan. Berikut cara membuat lupis diaron :

Cara Membuat Lupis Diaron

cara membuat lupis diaron

Bahan – Bahan :

  • 250 gram beras ketan putih
  • 500 ml air
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Bahan saus :

  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 150 ml air
  • 1 sdm tepung tapioka, larutkan dengan menggunakan air 1 1/2 sdm
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam

Bahan Taburan Kelapa :

  • Kelapa muda parut secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 lembar daun pandan

Langkah – Langkah :

  1. Rendam beras ketan dengan menggunakan air selama kurang lebih 3 jam lalu tiriskan.
  2. Masak beras ketan dengan menggunakan 500 ml air sampai setengah matang. Matikan apinya lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  3. Siapkan daun pisang yang digunakan untuk membungkus beras ketan, lalu bentuk seperti contong segitiga masukkan beras ketan sampai padat kemudian sematkan menggunakan lidi.
  4. Setelah semua beras ketan sudah dibungkus kemudian kukus beras ketan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Sambil menunggu kukusan, buatlah parutan kelapa dengan mencapurkan parutan kelapa dan garam lalu dikukus selama kurang lebih 10 menit dengan ditambahkan daun pandan. Angkat kemudian sisihkan.
  6. Membuat saus dengan cara mencampurkan bahan – bahan saus tadi diatas api sedang dan terus diaduk sampai kental dan mendidih.
  7. Buka bungkusan lupis lalu gulingkan diatas parutan kelapa lalu taruh diatas piring saji dan yang terakhir taburi dengan sausnya.
  8. Kue lupis diaron siap untuk disajikan.

Bagaimana ? Mudahkan untuk membuat kue lupis ini di rumah dan bahan yang diperlukan juga mudah untuk didapatkan di warung ataupun pasar sekitar rumahmu. Jangan lupa untuk menghidangkan makanan ini untuk keluarga anda di rumah.

Mengenal Gula Merah

Gula merah yang menjadi bahan utama pembuatan saus untuk lupis ini tentu tidak terlepas dengan manfaat yang dikandungnya. Gula ini menjadi bahan untuk pemanis makanan ataupun minuman. Brown sugar atau gula merah adalah pemanis buatan dari nira yang berasal dari pohon aren.

Beberapa ahli mengatakan bahwa gula merah lebih menyehatkan dibandingkan dengan gula pasir. Pasalnya gula merah mengandung lebih sedikit kalori. Di Jawa gula merah disebut dengan sebutan gula Jawa dan orang zaman dahulu menggunakan gula jawa ini sebagai pemanis alami minuman maupun makanan.

Manfaat yang terkandung dalam gula merah antara lain bisa membantu mencegah penyakit asma, membantu mengatur kadar kolesterol, memperlancar sirkulasi darah, membantu menghangatkan tubuh, membantu meredakan demam dan flu dan juga bisa membantu mencegah diabetes. Banyak bukan manfaat yang bisa didapatkan setelah mengkonsumsi gula merah ini. Jadi tidak sia – sia jika anda menggunakan gula merah untuk bahan pemanis dalam pembuatan makanan ataupun minuman.

Selamat mencoba membuat kue lupis diaron di rumah dan jangan lupa pula untuk mencoba resep soto ayam kuning Lamongan pada artikel sebelumnya. Terimakasih.