Cara Membuat Kuwe Bawang Sederhana Yang Mudah di Tirukan | Hay guys! tahukah kalian tentang keripik bawang yang biasa dijajakan dipasar, atau di swalayan? Yups, yang pastinya rasanya renyah, gurih, dan krispi dong. Ada beberapa bentuk keripik bawang itu sendiri guys, ada yang persegi, stik, segetiga dll.

Kali ini mari kita bahas cara membuat keripik bawang yang mudah dan sederhana, yang tentu saja dapat menambah datar buku resep kalian. Apalagi nih bagi kalian yang sering kedatangan tamu namun tidak ada waktu untuk membeli sajian ditoko atau dipasar, nah kalian sudah memasuki web yang tepat nih.

Udah yuk langsung aja ke cara pembuatannya, gausah kebanyakan cengcong lagi, dan jangan ragukan cara pembuatannya kali ini. Simak dan catat apabila itu diperlukan untuk suatu saat nanti, mari ibu-ibu kita mulai dengan cara yang pertama.

keripik bawang mudah

Cara Membuat Keripik Bawang Pertama

Bahan-bahan :

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung serbaguna yang sudah diayak sampai halus kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  2. Baking powder kualitas bagus sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil supaya lebih renyah (bisa dihilangkan kalau tidak ada).
  3. Santan yang tingkat kekentalannya sedang kurang lebih sebanyak 50 ml saja.
  4. Tepung tapioka atau tepung sagu kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Ayak sampai halus sebelum digunakan supaya kotorannya tidak terbawa.
  5. Margarine yang bagus kurang lebih sebanyak 40 gram saja.
  6. Telur yang sudah dikocok lepas kurang lebih sebanyak 1 butir saja (ukuran sedang besar).
  7. Daun bawang yang sudah dirajang sampai halus untuk tambahan hiasan secukupnya.
  8. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs saja. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan (bumbu yang dihaluskan).
  9. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja (bumbu yang dihaluskan).
  10. Merica halus atau bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja (bumbu yang dihaluskan).
  11. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja (bumbu yang dihaluskan).
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan resep bawangnya.

Langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama siapkan satu wadah adonan kemudian masukkan tepung terigu, tepung tapioka dan baking powdernya.
  2. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata kemudian siapkan tempat di tengah adonan untuk menuang telurnya.
  3. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas sebelumnya ke dalam wadah adonan (bagian tengah yang sudah dipersiapkan) kemudian aduk-aduk menggunakan alat bantu spatula sampai semua bagian tercampur rata (kalau ada gumpalan nanti dihaluskan saat menguleni).
  4. Haluskan dan uleg bawang merah, bawang putih, garam dapur dan lada bubuk sampai halus.
  5. Masukkan bumbu resep kue bawang diatas yang sudah dihaluskan ke dalam panci kecil bersama dengan margarin dan santan kemudian masak sambil tetap diaduk sampai mendidih.
  6. Tuang kedalam wadah adonan pertama kemudian aduk-aduk kembali menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  7. Masukkan daun bawang yang sudah dirajang halus kemudian aduk-aduk menggunakan tangan atau diuleni sampai semua bahan tercampur rata, tidak ada gumpalan tepung dan kalis adonannya.
  8. Tes rasa terlebih dahulu dan tambahkan garam dapur beryodium atau penyedap rasa ayam kalau suka kemudian uleni kembali sampai rata.
  9. Ambil adonan secukupnya kemudian masukkan ke dalam gilingan mie sampai didapat ketebalan yang dinginkan.
  10. Potong adonan yang sudah digiling dengan bentuk memanjang seperti stik atau persegi. Ulangi sampai adonan habis.
  11. Siapkan wajan penggorengan dengan minyak goreng yang cukup banyak.
  12. Masukkan adonan kue yang sudah dibentuk dan masak sampai matang dan berwarna coklat keemasan kemudian tiriskan. Ulangi sampai semua sudah digoreng sempurna.
  13. Tunggu sampai dingin terlebih dahulu kemudian pindah ke dalam toples atau wadah hidangan lainnya supaya renyahnya tahan lama.

Nah bagaimana nih guys? Langsung bisakan? Mudah dimengerti jugakan? Okay kalau begitu berarti jangan lewatkan juga untuk membaca cara membuat keripik bawang lainnya.