Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang  cara membuat kue putri ayu yang lembut. Seperti apa sih prosesnya ? simak berikut ini.

1. Putri Ayu

Yaitu kue yang banyak dijumpai dijajanan pasar. Kue ini sama dengan putu ayu kedua makanan ini sama hanya berbeda cara penyebutannya saja. Kue ini umumnya berwarna hijau, beraroma harumnya pandan dan berhiaskan taburan kelapa parut di bagian atasnya.

Dengan rasa manis dan wangi pandan. dibagian paling atas diberi taburan parutan kelapa yang membuat  rasa yang ada pada kue putri ayu ini sedikit asin dan bercampur dengan manisnya pandan.

Ketika zaman dahulu, warna hijau dan aroma pandan kue ini didapat dari hasil menumbuk puluhan lembar daun suji dan daun pandan untuk diambil sarinya.

Namun  karena di masa kini, kita dapat mengganti air daun pandan dan daun suji tersebut dengan ‘Pandan Pasta’. Apa itu ‘Pandan Pasta’?

Pandan pasta merupakan satu bahan kue yang berfungsi untuk mewarna dan memberi aroma pandan yang menggoyang lidah pada makanan atau minuman. Pandan pasta ini bisa didapatkan di toko bahan-bahan kue atau supermarket setempat.

2. Sejarah

Kue ini sudah ada sejak 1200 tahun yang lalu, di masa Dinasti Ming. Dulunya, kue ini disebut XianRoe Xiao Long, yaitu kue dari tepung beras yang diisi kacang hijau lembut yang dimasak dalam cetakan bambu.

Nama kue ini berkembang sehingga disebut putu, karena dalam naskah sastra lama, Serat Centhini yang ditulis pada tahun 1814 di masa kerajaan Mataram, muncullah nama puthu.

Puthu identik dengan kudapan yang disajikan pagi hari. Isian puthu sendiri ikut berubah dari kacang hijau jadi gula jawa

Disebutkan bahwa Ki Bayi Panurta yang meminta santrinya menyediakan hidangan pagi menyajikan makanan pendamping berupa serabi dan puthu.

3. Kandungan

Kue ini mengandung energi sebesar 21 kilokalori, protein 0,3 gram, karbohidrat 3,7 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 0,01 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,12 miligram.

Didalam kue ini terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Nah, jika anda penasaran dengan resepnya. Mari simak resep berikut ini.

4. Keunggulan

Di masa yang modern seperti ini, begitu banyaknya variasi resep masakan dan kue dari luar yang masuk kedalam negara kita. Tidak hanya yang terdapat di mal mal besar bahkan penjualnya pun sudah sampai di tengah tengah pemukiman masyarakat.

Walau seperti itu, kue basah tradisional asli dari Indonesia pun sesungguhnya tidak kalah enak jika dibandingkan kue atau roti dari luar. Salah satu resep kue kukus yang menjadi favorit adalah Resep Putri Ayu Enak atau cara membuat putu ayu 

Resep Kue Putu Ayu atau biasa dikenal dengan sebutan kue putri ayu atau putu mayang memang sangat enak. Teksturnya yang sangat lembut dengan balutan parutan kelapa diatasnya memang sangat cocok buat dinikmati segala usia.

Tetapi tahukan teman teman cara membuat putu ayu yang empuk, lembut dan enak ternyata sangat mudah lho.

Cara Membuat Kue Putri Ayu yang Lembut

cara membuat kue putri ayu yang lembut

1. Cara Membuat Kue Putri Ayu yang Lembut

Bahan-bahan :

  • 250 gram tepung terigu
  • gula pasir 225 gram
  • 4 butir telur
  • 200 ml santan rebus
  • baking powder 1/2 sdt
  • 1/2 sdt SP
  • pasta pandan secukupnya
  • kelapa parut (kukus dan beri garam sedikit saja)
  • minyak sayur untuk mengoles cetakan agar tak lengket

Cara Membuat Kue Putri Ayu yang Lembut : 

  1. Kocok telur, gula, baking powder, dan sp sampai mengembang kira-kira selama 15 menit.
  2. Masukan terigu dan santan yang telah direbus secara bergantian.
  3. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Kemudian Masukkan essense pandan.
  5. Aduk lagi sampai rata.
  6. Olesi cetakan dengan minyak.
  7. Masukkan kelapa parut dan tekan-tekan.
  8. Tuang adonan putu ayu.
  9. Kukus selama kurang lebih 15 menit.
  10. Angkat dan diamkan sebentar.
  11. Keluarkan dari cetakan.
  12. sajikan

Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat.