Krupuk tahu termasuk makanan ringan yang mempunyai citarasa yang tinggi. Selain memiliki citarasa krupuk tahu ini memiliki banyak manfat lho ! Kalian mau tau apa manfaatnya ? Kalau iya, yuk terus simak artikel ini sampai selesai.Dan saya akan menjelaskan cara membuat krupuk tahu mentah.

Manfaat-Manfaat Krupuk Tahu :

  1.  Menyembuhkan Diabetes

Krupuk tahu ini sangat bagus untuk penyembuhan penyakit diabetes. Diabetes sebenarnya tidak dapat di sembuhkan namun dapat dikurangi. Kadar gula yang tinggi dapat diturunkan dengan mengonsumsi makanan ini, hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki sumber gizi protein yang paling banyak.

2. Menyembuhkan Kolesterol Jahat

Selain dapat menyembuhkan diabetes keripik tahu juga memiliki berbagai manfaat lain salah satunya, menyembuhkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh yang secara sengaja atau tidak sengaja yang masuk ke tubuh maka mampu di berantas ketika anda mengonsumsi makanan ini.

Baca juga tips membuka usaha depot air minum

3. Menambah Energi

Jika anda sering merasa lelah dikarenakan oleh asupan energi dari makanan yang anda konsumsi kurang. Kemudian dengan mengonsumsi keripik tahu maka asupan energi di dalam tubuh akan tercukupi. Sehingga sangat penting sebelum anda beraktifitas untuk mengonsumsi makanan ini agar memperolah manfaatnya.

4. Menyembuhkan Penyakit Osteoporosis

Jika anda sudah lanjut usia sangat di saranakan untuk mengonsumsi keripik tahu. Kesehatan tulang yang mulai tidak terkendali karena semakin rapuh, perlu di jaga dengan mengonsumsi makanan ini. Selain itu, khasiat makanan ini juga dapat membantu anda di dalam mneyembuhkan penyakit osteoporosis.

5. Memperkuat Tulang dan Sendi

Keripik tahu ternyata memiliki senyawa kalsium yang bisa membantu untuk memperkuat tulang dan juga sendi tubuh. Senyawa tersebut dapat meminalisir resiko yang sering membuat tulang serta sendi bermasalah. Kemudian kepadatan tulang akan terjaga jika anda mengonsumsi makanan ini, semakin usia anda bertambah maka tidak akan khawatir tulang dan sendi bermasalah karena mengonsumsi makanan ini.

6. Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Keripik tahu memiliki manfaat untuk program diet, karena makanan ini dapat membantu anda untuk menurunkana berat badan. Anda tidak perlu bingung-bingung untuk melakukan program diet sehat yang harus dengan membayar mahal. Hanya cukup membeli makanan ini maka jauh lebih murah sebagi diet sehat.

7. Mencegah Kanker

Efek yang menguntungkan dari keripik tahu, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya, meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa tersebut bisa menghambat kanker belum di ketahu. Namun, beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis. Makanan ini memiliki kandungan vitamin c sebagai antioksidan yang dapat memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.

8. Baik Untuk Jantung

Keripik tempe memiliki senyawa sulfida methylallyl serta asam amino sulfur yang dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan peningkatan pada kolesterol baik. Selain itu makanan ini memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung anda.

9. Menjadi Sumber Antioksidan Yang Sangat Ampuh

Kandungan yang ada di dalam keripik tahu memiliki sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, makanan ini juga di kenal sebagai anti bakteri dan virus, kemudian senyawa yang ada di dalam makanan ini dapat mencegah perkembangan bakteri serta cacing di dalam tubuh.

10. Mencegah Demensia Dan Penyakit Alzheimer

 

Kerusakan saraf atau oksidatif yang di akibatkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Keripik tahu mengandung antioksidan yang dapat mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif dan membantu untuk mencegah penyakit otak umum seperti penyakit alzheimer serta demensia.

Nah, setelah kalian mengetahui manfaatnya, saya akan memberikkan sedikit resep tentang

Cara Membuat Krupuk Tahu :

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kerupuk Tahu:

  • Tepung tapioka 500 gram 
  • Tepung terigu 500 gram 
  • Tahu 1000 gram 
  • Garam 4 sendok teh 
  • Bawang putih yang dihaluskan 40 gram 
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh 
  • Penyedap rasa ½ sendok teh 
  • Bleng 1 sendok teh (7 gram) 
  • Air bersih 400 ml 
  • Minyak goreng 

 

Cara Pengolahan Atau Pembuatan Kerupuk Tahu:

  1. Campur tepung tapioka, tepung terigu dan tahu menjadi satu dengan mengaduk hingga rata 
  2. Masukkan dan campurkan bumbu-bumbunya seperti; garam, bawang putih, ketumbar bubuk, dan penyedap rasa kedalam adonan tadi 
  3. Larutkan bleng ke dalam air, setelah larut tuang kedalam adonan hingga tercampur rata 
  4. Masukkan adonan ke 4 loyang persegi 26 cm yang sudah dialasi plastik dan diolesi minyak goreng 
  5. Kukus selama 30 menit dengan api sedang, angkat dan keluarkan dari loyang 
  6. Jemur kerupuk hingga setengah kering 
  7. Potong atau iris-iris kerupuk 
  8. Jemur kerupuk kembali hingga benar-benar kering 
  9. Goreng kerupuk dengan minyak yang dipanaskan dengan api sedang sampai benar-benar matang dan kering /garing.

Sekian dari saya, bila ada kesalahan mohon maaf sebesar-besarnya. Dan Selamat Mencoba.