Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat kopi hijau serbuk dan juga kelebihan serta kekurangannya. Bagi yang belum tau kopi hijau, Kopi hijau ialah biji kopi dari buah coffea yang belum dipanggang.

Selain membuat tentang cara membuat kopi espresso kali ini saya membuat tentang kopi hijau

Cara Membuat Kopi Hijau Serbuk Mudah dan Sederhana

cara membuat kopi hijau serbuk

Karena pada proses pemanggangan pada biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat yang ada pada biji kopi tersebut, biji kopi hijau yang memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi pada umumnya

Diduga, asam klorogenat pada kopi yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kopi hijaua populer untuk menurunkan berat badan setelah ditampilkan pada acara tv Dr. Oz pada 2012.

Dalam acara itu disebutkan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga melakukan tambahan. Ada orang yang mengonsumsi kopi hijau ini untuk mengobati obesitas, diabetes, hipertensi, Alzheimer, serta infeksi bakteri.

Kelebihan atau Manfaat Dari Kopi Hijau

1. Meningkatkan Metabolisme

Asam klorogenik dalam kopi yang satu ini adalah penguat metabolisme yang bagus untuk tubuh. Artinya, asam klorogenik dapat meningkatkan Basal Metabolic Rate yang dapat menurunkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke dalam darah.

Tubuh kemudian mulai membakar kelebihan lemak yang disimpan dalam sel-sel lemak yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan glukosa.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol menyebabkan masalah jantung yang mengarah ke penyakit kardiovaskular. Penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh menyebabkan penyempitan arteri dan kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis yang membentuk plak dan membatasi aliran darah.

Minum kopi yang satu ini dapat mengurangi kolesterol jahat pada tubuh karena adanya asam klorogenat yang disebut bermanfaat bagi jantung.

3. Detoksifikasi Tubuh

Karena biji kopi hijau mentah dan tidak diolah, mereka mengandung sejumlah besar antioksidan yang mencegah radikal bebas berbahaya menyerang tubuh. Hal ini membantu detoksifikasi alami dengan membersihkan hati dan menghilangkan racun dan lemak yang tidak perlu dibuang dari tubuh.

4. Menekan Nafsu Makan

Apakah kamu ingin menurunkan berat badan tetapi selalu gagal karena rasa lapar yang terus menerus?, Nah, kopi hijau bisa membantu mengatasinya.

Untuk mengurangi nafsu makan, minumlah kopi hijau karena dapat membantu mengendalikan hasrat makanan yang tidak diinginkan dan mencegahmu makan berlebih.Asam klorogenat yang ada dalam kopi hijau bertindak sebagai penekan nafsu makan alami.

5.Mengontrol Tingkat Gula Darah

Biji kopi hijau bisa mengatur kadar gula darah, Bagi penderita diabetes, minum kopi hijau membantu mengurangi penyerapan gula di usus kecil.

Selain itu, kopi hijau juga menurunkan peradangan dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar gula dalam aliran darah.

Cara Membuat Kopi hijau Serbuk

Bahan-Bahan :

  • 2 sdm kopi hijau bromo.
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk.
  • 2 sdt gula pasir, sesuai selera. Sebaiknya untuk sedang diet tanpa gula saja
  • 1 sdt creamer, sesuai selera atau Sebaiknya untuk sedang diet tanpa krimer saja
  • 150 ml air

Cara Meracik Kopi Hijau :

  1. Masukkan gula pasir dan creamer ke dalam cangkir.
  2. Rebus air sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih masukan kopi dan kayu manis bubuk.
  4. Biarkan mendidih kurang lebih 1 menit.
  5. Lalu tuangkan kedalam cangkir yang berisi gula dan creamer. Aduk rata.
  6. Sajikan.

Perbedaan Kopi Hijau dan Kopi Biasa

1. Kadar kafein

Salah satu yang membedakan antara kopi hitam dengan kopi hijau adalah kadar kafein yang dimilikinya. Kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan sehingga masih memiliki warna hijau alaminya

Proses ini juga mempengaruhi kadar kafein pada kopi hijau yang lebih sedikit dibanding dengan kopi hitam biasa. Hal ini dapat disebabkan karena kadar kafein yang muncul sebagai hasil dari proses pemanggangan pada kopi.

2. Kandungan Pada Biji Kopi

Biji kopi yang tidak melalui proses pemanggangan atau kopi hijau masih memiliki kandungan polifenol dan juga asam klorogenat. Senyawa ini juga terdapat pada teh hijau dan ekstrak biji anggur.

3. Manfaat Biji Kopi

Salah satu yang membedakan antara kopi hijau dengan kopi hitam yang biasa adalah pada kandungan zat klorogenatnya. Zat ini bermanfaat untuk memperlambat penyerapan lemak dalam tubuh, sehingga membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, kopi hijau juga membantu menjaga kandungan gula dalam tubuh serta menjaga tekanan darah agar seimbang.