Halo, kali ini saya akan berbagi ilmu yang mengenai tentang cara membuat konsentrat sapi sendiri dengan cara yang mudah, tentunya. Jadi, anda tidak perlu jauh jauh ke toko untuk membeli konsentrat dari pabrik dan yang lebih penting anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Pasti menyenangkan bukan, bila kita memiliki sapi sapi yang gemuk, sehat, dan berkualitas. Karena sapi yang berkualitas memiliki harga jual yang tinggi, akan tetapi dibalik itu anda juga perlu memberi pakan yang berkualitas juga. Sebut saja konsentrat, Konsentrat merupakan pakan tambahan sapi yang berfungsi untuk penggemukan ternak anda.

Dinamakan pakan berkualitas, karena konsentrat ini mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi sehingga sapi sapi anda dapat cepat gemuk dan tentunya akan menghasilkan daging yang bagus. Akan tetapi, untuk membeli konsentrat anda juga perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, untuk solusi dari permasalahan ini adalah dengan cara anda membuat konsentrat sendiri dan dengan harga yang murah, pastinya. Pada artikel ini, saya akan membagikan ilmu tentang cara membuat konsentrat sendiri dengan mudah. Berikut penjelasannya.

Cara Membuat Konsentrat Sapi Sendiri

cara membuat konsentrat sendiri

Tentu sangat menyenangkan bukan jika anda meimiliki sapi sapi yang gemuk. Nah agar ternak anda bisa cepat gemuk dalam hitungan hari, anda harus patut mencoba racikan konsentrat ini. Karena racikan konsentrat ini di percaya dan sudah terbukti dapat menambah berat badan ternak sebanyak 1,2 kg per hari, Menakjubkan bukan ?. Untuk bahan yang di butuhkan dan cara atau prosesnya ada di bawah ini :

1. Langkah yang di Persiapkan

  • Siapkan tempat atau bangunan untuk menyimpan hasil pembuatan dan proses pembuatan konsentrat, seperti gudang
  • Dan juga alat perlengkapan untuk proses pembuatan konsentrat :
      • Tempat pembuatan
      • Sarung tangan
      • sekop
      • Timbangan
      • terpal, sebagai alas
      • karung, sebagai wadah hasil pembuatan konsentrat
      • Mesin giling, untuk menggiling bahan.
  • Mulai mencari atau membeli bahan baku yang di butuhkan untuk membuat konsentrat.
  • Lakukan identifikasi bayaknya kandungan nutrisi dari bahan bahan yang di dapatkan.
  • Setelah itu lakukan pengumpulan bahan bahan yang di butuhkaan dengan cukup.

2. Komposisi Bahan Konsentrat Sapi

Bahan Kebutuhan
Bungkil Keledai 20%
Dedak Halus 20%
Kopra 20%
Limbah Kue 20%
Tepung Coklat 5%
Kalsium Sedikit saja, hanya sebgai tambahan.
Onggok Singkong 15%
Jumlah 100%

3. Proses Pembuatan Konsentrat Sapi Sendiri

  • Siapkan semua bahan yang di butuhkan seperti pada tabel di atas.
  • Sebelum mulai melakukan pencampuran, timbang terlebih dahulu bahan baku sesuai denga komposisi yang di butuhkan.
  • Campurkan bahan baku di mulai dari yang jumlahnya paling sedikit terlebih dahulu, kemudian di ikuti yang jumlahnya lebih banyak sampai semuanya tercampur.
  • Mulailah aduk dengan sekop sampai semuanya sudah tercampur.
  • Untuk hasil terbaik atau hasil campuran benar benar merata, masukkan bahan yang sudah tercampur tadi ke dalam mesin giling atau mixer.
  • Setelah bahan baku sudah tercampur semua maka konsentrat sudah siap di gunakan.
  • Keluarkan Konsentrat dari mixer dan mulai mengemas ke dalam karung, lalu simpan ke tempat penyimpanan pakan.

Tips Dalam Pemberian Pakan Konsentrat Sapi

cara membuat konsentrat sendiri

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam proses penggemukan sapi maka, pemberian pakan konsentrat pada sapi ternak  kalian tidak bisa diberikan dengan cara sembarangan. Ada beberapa tips yang mampu membuat pemberian pakan konsentrat pada sapi ternak agar semakin efektif.

Waktu Pemberian Pakan Konsentrat Sapi

Alangkah lebih baik apabila pemberian pakan konsentrat diberikan pada waktu dua sampai tiga jam sebelum pakan hijau diberikan. Dengan pemberian jangka waktu tersebut, selain membuat konsumsi pakan ternak menjadi maksimal, juga memberikan waktu agar pakan konsentrat dapat dicerna dengan baik.

Hal tersebut akan membuat mikroba rumen yang ada di dalam oragan pencernaan sapi ternak menjadi lebih siap untuk menerima pakan hijau sehingga penyerapan nutrisi akan lebih baik.

Pemberian Pakan Konsentrat di Campur Dengan Pakan Hijau

Alternatif lain pemberian pakan konsentrat selain dengan memberi jeda waktu adalah dengan mencampurnya  dengan pakan hijau. Hal ini juga dianjurkan kerena nafsu makan sapi ternak akan lebih meningkat dengan cara ini, sehingga sapi ternak akan mendapat nutrisi yang cukup untuk proses penggemukan.

Perhatikan Bobot Sapi

Memperhatikan bobot sapi adalah hal penting karena dengan begitu kita dapat mengukur kebutuhan konsumsi konsentrat dengan pas dan tepat. Di sarankankan untuk penggemukan sapi ternak pakan konsentrat di berikan sebanyak 2 – 2,5% dari bobot sapi per harinya. Maka, di sarankan untuk melakukan pengecekan berat badan sapi setiap hari.

 


Itulah, yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat konsentrat sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  membantu dan menambah wawasan anda mengenai cara pembuatan konsentrat dengan bahan yang murah.

Selamat Mencoba