Saat ini saya akan menyampaikan bagaimana cara membuat klepon tradisional atau secara mudah. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

Definisi Klepon

cara memuat klepon tradisional

Klepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan yang ada dipasaran. Hampir seluruh daerah di Indonesia memilikinya. Bentuknya adalah bulat dengan warna hijau dan gula merah didalamnya sebagai isiannya.

Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk mirip bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih serta bisa dibuat dari ubi2 an.

Kelepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga kelepon nampak berbalur parutan kelapa.  Biasanya klepon dimasukan ke dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Perkembangan

Di daerah Lombok, jajanan kelepon ini diberi nama khusus yaitu kelepon kecerit-kecerit yang berarti muncrat dalam bahasa indonesia diambil dari sifat kelepon yang khas yaitu; ketika digigit kelepon akan memuncratkan cairan gula merah yang ada di dalamnya.

Kelepon disebut “Onde-onde” dinegara Sumatera dan di Malaysia  sedangkan di Jawa dan daerah lainnya di Indonesia  makanan yang disebut onde-onde yaitu bola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen.

Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde.

Kelepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil  sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna kelepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk kelepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna hijau dari daun suji atau daun pandan.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kelepon adalah tepung beras dan gula merah sebagai isinya. Kombinasi tepung beras, gula merah dan kelapa yang sudah diparut menjadikan rasa kelepon begitu khas apalagi kalau disajikan pada saat hangat.

Cara Membuat Klepon Tradisional

caramembuat klepon tradisional

1. Cara Membuat Klepon Tradisional

Bahan-bahan :

  • 300 gr tepung beras ketan
  • 75 gr tepung beras
  •  air daun pandan 150 ml
  •  gula merah 150 gr
  • 1 butir kelapa, Kupas dan parut memanjang
  •  air 1,5 liter
  • 1 sdm garam

Cara Membuat Klepon Tradisional :

  1. Kupas kelapa lalu parut dan kukus kurang lebih 15 menit .
  2. Blender daun pandan, tambahkan 150 ml air.
  3. Iris-iris gula merah.
  4. Campur tepung beras ketan, tepung beras dan air daun pandan. Aduk- aduk hingga menjadi adonan.
  5. Ambil sedikit adonan, pipihkan lalu isi dengan irisan gula merah dan bentuk bulat menyerupai bola.
  6. Masak air hingga mendidih, masukkan bola-bola klepon. Biarkan hingga matang dan mengapung. Angkat dan tiriskan, beri taburan kelapa parut kukus yang telah diberi sedikit garam.
  7. Kue klepon siap disajikan dan disantap.

Kandungan

Kelepon merupakan salah satu diantara makanan cemilan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Kue Kelepon mengandung energi sebesar 215 kilokalori, protein 3,7 gram, karbohidrat 41,8 gram, lemak 3,7 gram, kalsium 232 miligram, fosfor 45 miligram, dan zat besi 3,3 miligram.

Tak hanya itu di dalam Kelepon juga terdapat vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,09 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kelepon, dengan jumlah yang bisa dimakan sebanyak 100 %.

Sekian artikel saya kali ini semoga dapat bermanfaat untuk semua. Cara membuat klepon tradisional ini lebih enak rasanya karena resepnya dari orang-orang dulu dan masih menggunakan bahan yang seadanya dibandingkan resep kue klepon biasanya karena dizaman sekarang banyak yang menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh jika berlebihan mengomsumsinya.