Cara membuat kerupuk nasi tepung kanji. Indonesia memiliki berbagai macam olahan makanan, salah satunya adalah kerupuk. Indonesia memiliki banyak olahan kerupuk, mulai dari yang paling mudah dibuat hingga yang cukup sulit dibuat. Semua orang sangat menyukai kerupuk, salah satu kerupuk yang digemari yaitu kerupuk nasi.

Kerupuk adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bahan – bahan lain sehingga menjadikan kerupuk dengan rasa yang unik, Kerupuk dibuat dengan mencampurkan adonan, kukus adonan, lalu dipotong – potong dan dijemur hingga kering, selanjutnya kerupuk digoreng dengan minyak.

Nasi Merupakan bahan pangan pokok masyarakat indonesia. Bahan pokok makanan ini memiliki warna yang putih dan berbentuk kecil serta memiliki karbohidrat yang sangat baik untuk kebutuhan energi manusia. Nasi sendiri ini merupakan hasil olahan dari beras.

Disini saya akan menulis sebuah resep dan cara membuat kerupuk nasi tepung kanji yang akan menggoyang lidah anda, proses dan cara membuat kerupuk nasi tepung kanji sangat sederhana, berikut adalah resep dan cara membuat kerupuk nasi tepung kanji.

Bahan-bahan :

  1.   nasi putih 1 piring
  2.   tepung kanji 1 mangkok
  3.  1 sendok makan kerumbar bubuk
  4.  Secukupnya garam
  5.  1 sacet masako

Cara Membuat Kerupuk Nasi Tepung Kanji :

  1. Rendam nasi kurang lebih 15 menit
  2. Belender nasi dgn sedikit air
  3. Tuang nasi dalam wadah kemudian tambahkan tepung kanji, masako, ketumbar dan garam lalu aduk hingga kalis.
  4. Lumuri tangan dgn tepung kanji lalu ambil sebagian adonan, lalu bentuk untk memudahkn pengirisan.
  5. Didihkan air dan tambahkan sedikit minyak goreng lalu masukkan adonan yg sdah di bentuk kedlm air yg sudah mendidih. Tunggu hingga mengapung, spt membuat pentol
  6. Stlah mateng lalu ankat dan tiriskan, tunggu sedikit dingin lalu masukkan ke kulkas (aku diemin dikulkas semaleman)
  7. Siap di iris2, setelah diiris langsung dijemur.
  8. Setelah kering siap digoreng…

 

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Nasi Renyah Gurih dan Mudah

Manfaat Nasi

Sumber Energi

Biasanya nasi dijadikan sebagai menu makanan utama karena kandungan karbohidrat dan kalori dari nasi putih yang bisa memberikan sumber energi yang besar untuk tubuh.

Mendukung pertumbuhan manusia hingga tua

Nasi putih sebagai makanan utama yang dikonsumsi sehari-hari mendukung pertumbuhan manusia mulai dari masa bayi hingga tua. Nasi putih memiliki kandungan mineral dan zat-zat penting yang bisa menjadi sumber terbaik untuk menjadi makanan pokok dan membantu pertumbuhan manusia.

Meningkatkan mood baik

Kandungan karbohidrat pada nasi bisa meningkatkan serotonin yang merupakan senyawa yang bisa menimbulkan rasa senang pada otak.

Mencegah kanker

Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan serat insoluble pada nasi bisa mengurangi resiko tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

Nasi non kolesterol

Nasi putih bisa dimasukkan ke dalam menu diet seimbang karena nasi putih sama sekali tidak mengandung sodium atau lemak yang berbahaya bagi tubuh.

Kaya akan vitamin

Nasi putih banyak mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin D, zat besi, serat, kalsium, riboflavin dan thiamine.

Mengobati disentri

Kulit ari pada nasi diyakini bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi masalah penyakit disentri. Sekam padi yang berusia 3 bulan memiliki kandungan diuretic properties dimana tradisi masyarakat Tiongkok meyakini bahwa nasi putih bisa mengatasi masalah pencernaan, mengatasi sakit perut dan meningkatkan selera makan.

Baik Untuk Tulang

Karena tingginya kandungan vitamin dan mineral pada nasi putih, hal ini bisa mendukung pertumbuhan tulang dengan sempurna. Nasi putih memiliki kandungan kalsium yang sangat bermanfaat untuk membentuk tulang dan mencegah osteoporosis.

Baik untuk gigi

Kalsium yang terkandung pada nasi putih juga bisa mendukung pertumbuhan gigi dan pembentukan gigi yang kuat.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan yang ada di dalam nasi putih terbukti mampu menjaga kesehatan jantung. untuk itu bagi yang menderita penyakit jantung dapat mengkonsumsi nasi putih sebagai menu pokok dalam makanan.

Ingin kreasi makanan kerupuk lainnya? Ini Dia Kreasi Unik Cara Membuat Kerupuk Puli Rasa Bawang!