Cara membuat keripik usus pepaya – untuk memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi buah pepaya diolah menjadi keripik usus pepaya. Saya  berikan cara membuat keripik usus pepaya sebagai berikut.

Cara membuat keripik usus pepaya :

cara membuat keripik usus pepaya

Tahap persiapan

  1. Pepaya dikupas kemudian dicuci bersih.
  2. Kemudian dipotong memanjang dengan alat khusus agar ukuran tetep sama.
  3. Setelah itu pepaya yang telah dipotong dicuci dengan air dingin selama 3 menit agaraktivitas enzim terlarut tidak rusak.
  4. Selanjutnya air limbah ditampung dengan air cucian sebelumnya untuk pengisolasian lebih lanjut.
  5. Selanjutnya pepaya direbus dengan air mendidih selama 1 menit dan ditiriskan.
  6. Kemudian dijemur hingga kering, selama 4-5 hari. Alas yang dipakai adalah nonlogam misalnya alas berbahan kain atau plastik. Hasil dari tahap pengeringan ini adalah bahan keripik setengah jadi (kerecek ) dengan bentuk lebih keriting dan bisa disimpan lebih lama untuk produk jangka panjang.

Tahap pengolahan

  1. Krecek pepaya direndam dengan air selama 10 menit kemidian ditiriskan.
  2. Kemudian keripik pepaya diaduk menggunakan mesin aduk, dengan ditambah tepung berbumbu.
  3. Setelah proses pengadukan selesai kemudian digoreng hingga kering. Hasilnya akan menyerupai keripuk usus yang menanjang sehingga disebut “keripik pepaya” .
  4. Kemudian didinginkan. Bila keripik pepaya anda ingin diberi aneka rasa tingal ditaburi srbuk aneka rasa menggunakan ayakan dan diadauk rata.
  5. Hasilnya yang adalah keripik usus pepaya aneka rasa antara lain rasa balado, sate ayam bawang, barbeque, dan lain – lain sesuai selera.

Tahap terakhir dari pembuatan keripk usus pepaya adalah tahap pengemasan.

Kemasan kripik usus pepaya dibuat unik dalam berbagai rasa, dan warna kemasan. Pencantuman kelebihan kripik usus pepaya didalam kemasan dilakukan untuk menarik minat para konsumen.

Kelebihan kripik usus pepaya berbahan baku pepaya muda adalah kandungan gizi yang cukup antara lain kalsium, fosfor, serat, non kolesterol, protein, lemak, dan karbohidrat berasal dari pepaya dan bahan baku.

Adapun Vitamin A diduga rusak pada saat pengolahan. Kemasan kripik usus dibuat bervariasi disesuaikan daya beli dan tujuan konsumen.

 

Salah satu produk yang diminati konsumen saat ini adalah kripik usus yang memiliki rasa lezat khas. Dari segi pengolahan, kripik berbahan baku buah seperti kripik nangka, apel, salak, dan lain-lain kurang ekonomis. Proses pengeringan kripik buah tersebut diperlukan alat khusus yaitu rotary vaccum.Harga alat tersebut relatif mahal sehingga usaha kecil kesulitan menjangkaunya dan harga kripik yang dihasilkan juga mahal. Adapun kripik usus dibalik kelezatannya tidak menjamin bahwa produk ini aman untuk dikonsumsi. Kandungan kolesterol yang tinggi dan komponen berbahaya pada usus diduga akan memicu munculnya berbagai penyakit diantaranya penyakit jantung. Oleh karena itu, pengolahan pepaya menjadi kripik usus pepaya menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan kripik usus. Kripik ini lebih aman dikonsumsi karena berbahan baku buah berserat dan bergizi tinggi.

Untuk itu pada kesempatan ini akan dicoba pengolahan pepaya muda menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih yaitu dengan mengolahnya menjadi kripik usus pepaya.

 

Oh ya, jika anda penasaran dan mau tahu bagaimana cara membuat keripik buah lainnya, berikut kami berikan juga tips dan cara membuat keripik wortel dan Cara Membuat Keripik Buah Pepaya Cemilan Sehat.

Sangat mudah bukan untuk cara membuat keripik usus pepaya. Anda dapat mencoba resep dengan menambahkan sedikit perasa manis atau gurih di dalam pembuatannya.

Oke demikian info singkat tentang cara membuat keripik usus pepaya, semoga bermanfaat, selamat mencoba.