Cara membuat keripik tempe sagu-keripik merupakan salah satu camilan yang biasanya dinikmati pada saat kumpul bareng bersama keluarga anda dirumah. Biasanya keripik terbuat dari bahan dasar singkong dan ubi-ubian. Pada artikel kali ini akan membahas keripik yang bahan dasarnya dari kedelai yaitu keripik tempe.

Keripik yang dihasilkan lebih kriuk dan renyah. Rahasia dari teksturnya yang gurih adalah irisannya yang sangat tipis. Tidak mungkin dari jenis tempe biasa bisa diiris sangat tipis, biasanya untuk tempe biasa mudah hancur/rontok jika terlalu tipis. Agar mendapatkan irisan yang lebih tipis maka tempe kedelai yang masih calon tapi sudah masuk proses peragian dicampur dengan tempung sagu atau kanji.

cara membuat keripik tempe sagu

Sebenarnya tempe kedelai bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan seperti gorengan, perkedel, sambal goreng, tempe bacem, mendoan, sayur tempe, kering tempe dan kreasi masakan tempe lainnya.

Makanan yang satu ini sangat baik  dan aman untuk dikonsmsusi karena bahan dasarnya saja mengandung protein yang sangat tinggi.

Keripik tempe bisa disajikan sebagai salah satu makanan pelengkap pada saat hari raya idul fitri nanti, atau bisa juga anda jadikan sebagai teman saat santai dirumah maupun diluar dan sangat cocok menjadi teman lembur kerja anda. Dengan menikmati kriuk dan renyahnya keripik yang satu ini kerja lembur anda semakin semangat dan tahan dari rasa ngantuk. 😀

Bagi anda yang gemar berkreasi di dapur, keripik tempe sangat mudah untuk dibuat. Bahan-bahannya pun anda bisa mendapatkannya di pasar atau warung terdekat dengan rumah anda. Selain dari tempe ada juga keripik yang terbuat dari sayuran, contohnya seperti keripik bayam. Caranya ada disini.

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu

cara membuat keripik tempe sagu

Bahan :

  • 500 gram tempe (yang masih kedelai)
  • 500 gram kanji/sagu

Bumbu :

  • 6–7 siung bawang putih
  • Air secukupnya
  • Garam dan masako secukupnya

Cara membuat :

  1. Belilah pada tukang tempe calon tempe kedelai yang sudah dikasih ragi atau sudah dalam proses peragian. Bisa juga buat sendiri di rumah.
  2. Campurlah calon tempe dengan sagu.
  3. Pada saat pencampuran sampai dengan pembungkusan jangan sampai terkena tangan. Diharuskan pakai centong/sendok, apalagi kalau tangan kena garam, bisa dipastikan akan merusak kinerja ragi.
  4. Bungkuslah semua adonan ke dalam plastik, lalu sambil ditekan-tekan hingga benar-benar padat, kemudian tusuk-tusuk menggunakan tusuk gigi atau lidi.
  5. Setelah semuanya selesai dibungkus, lalu gantung dan diamkan selama 24 jam/lebih sampai jadi tempe sagunya.
  6. Kemudian irislah tempe sagu tersebut dan usahakan irisannya tipis-tipis. Karena jika tidak tipis pada saat digoreng nanti hasilnya jadi tidak kering malah jadi alot.
  7. Haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan lalu campurkan dengan air.
  8. Panaskan minyak, setelah minyaknya panas usahakan api tidak terlalu besar untuk menghindari gosong pada saat penggorengan.
  9. Celupkan irisan tempe ke dalam bumbu, jangan terlalu lama mencelupkannya lalu goreng hingga matang.
  10. Keripik tempe sagu sudah siap disajikan.
  11. Catatan : kalau irisannya tipis-tipis dan api tidak terlalu besar agar menghasilkan keritempe yang.

Baca : Kenali Berbagai Jenis Plastik dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Demikian cara membuat keripik tempe sagu yang sangat mudah dicoba di rumah anda. Semoga dengan berbagi informasi dapat menambah pengetahuan anda dan diharapkan jika anda benar-benar ingin serius menekuni bisnis keripik tempe bisa menambah penghasilan anda.

Selamat mencoba dan jangan takut gagal karena kegagalan merupakan kunci menuju keberhasilan. Jadi jangan pantang menyerah dalam menjalankan apapun, terutama dalam berbisnis harus sabar, ulet, tekun dan percaya diri. 😀