Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Oven Yang Renyah Dan Lezat – Salah satu tepung yang sering digunakan dalam pembuatan makanan adalah tepung sagu.

Tepung yang berasal dari sebuah pohon rumbia atau juga pohon aren merupakan tepung yang mudah ditemukan di daerah Indonesia timur.

Tepung sagu mempunyai karakteristik yang sama dengan tepung tapioka. Bedanya, tepung tapioka terbuat dari batang pohon singkong.

Tepung sagu sendiri memang sering digantikan oleh tepung tapioka ini karena agak sulit mencarinya.

Tepung sagu mempunyai tekstur yang cukup lembut untuk tepung yang sudah digiling. Berwarna putih pucat, dan jika dipegang akan terasa teksturnya yang kesat dan agak berpasir.

Jika akan dimasak, maka teksturnya akan mengental seperti lem.

Fungsi

Tepung sagu dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai menu masakan. Misalkan, untuk membuat pempek, kue bika ambon, kue sagu keju, nasi sagu, bubur sagu, dan lain sebagainya.

Tepung sagu sangatlah kaya akan zat patinya atau karbohidrat. Sehingga memang cocok sebagai makanan pokok selain nasi. Sedangkan zat gizi yang hanya ditemukan dalam jumlah sangat sedikit di dalam tepung sagu ini.

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Oven Yang Renyah Dan Lezat

Bahan-bahan

    • 2 papan tempe,pilih tempe yg padat

 

    • 1 butir telur (boleh skip)

 

    • 200 gram tepung beras

 

    • 100 gram tepung sagu / tapioka

 

    • 1 sdm ketumbar bubuk

 

    • 3-4 siung bawang putih

 

    • 2-3 buah bawang merah

 

    • secukupnya Garam

 

    • Penyedap rasa secukupnya (optional)

 

    • Jika suka boleh tambahkan kencur

 

    • 2-3 buah kemiri

 

    • Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng

 

    • 300 ml air putih,kalo mau tepungnya tipis2 aja airnya 350

 

  • 100 ml Kalo tidak pakai telur tambahkan air

Langkah

  1. Potong tempe tipis2, sebisa mungkin tipis sekali
  2. Bumbu haluskan, bawang merah, bawang putih,kencur, dan kemiri
  3. Aduk jadi satu tepung beras dan sagu,masukan telur dan bumbu halus, masukan air, garam,penyedap rasa,koreksi rasa.
  4. Panaskan minyak di wajan,jika sudah panas siap menggoreng
  5. Celupkan tempe ke adonan,lalu goreng, enakan pake tangan ya prosesnya
  6. Goreng hingga kuning ke emasan atau sampai matang. Angkat dan tiriskan,jika sudah tidak ada minyak yg nempel masukan ke tempat yg kedap udara.
  7. Kalo mau renyahnya lama sekali,bisa di oven ya, setelah diangkat dan di tiskan,panggang di oven sebenter saja,kira2 20 menitan di suhu 100 dercel.
  8. Oh iya jika suka juga boleh ditambahkan daun jeruuk,

Manfaat sagu untuk kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada sagu, berikut beberapa manfaat sagu untuk kesehatan yang anda ketahui.

1. Sumber energi

Kandungan karbohidrat dalam jumlah banyak di dalam sagu bisa menjadi alternatif yang sangat baik sebagai suplemen alami penambah energi di dalam tubuh.

Tubuh kita membutuhkan banyak sekali energi untuk rileksasi setelah melakukan olahraga yang berat.

Nah, sagu ini dapat membantu Anda mengisi kembali energi yang hilang itu.

Hal ini diketahui jika sagu dapat meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh yang dapat memperbaiki keseluruhan pergerakan sendi dan pemulihan otot di sekitarnya.

2. Mencegah darah tinggi

Sejak zaman kuno akar tapioka telah digunakan untuk menyembuhkan stres, hipertensi, serta memegang peranan penting dalam perawatan alami untuk masalah kardiovaskular.

100 gram sagu mengandung sekitar lima miligram potasium. Kandungan potasium di dalam sagu dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah dan keseluruhan sistem kardiovaskular.

Jadi tidak heran, jika sagu menjadi salah satu pengobatan terkenal untuk masalah hipertensi.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Sagu juga membantu dalam perbaikan keseluruhan sistem pencernaan.

Sejak dulu, sagu dimanfaatkan untuk menyembuhkan banyak penyakit pencernaan : kembungsembelit, asam lambung, maag, dan gangguan pencernaan lainnya.

Sagu dapat meningkatkan produksi dari enzim pencernaan dan pergerakan usus secara keseluruhan dengan melindungi usus supaya tidak kering.

Oleh karena itu, biasanya sagu disarankan untuk pasien penyakit gastroenteritis atau muntaber, karena mampu memberikan efek menenangkan dan meredakan perut dari rasa sakit.

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Ternyata sagu mengandung kalsium, zat besi dan juga mineral lainnya yang membantu dalam perbaikan tulang dan persendian.

Selain itu, sagu dapat meningkatkan produksi dari glukosamin, yang mempengaruhi kepadatan dari tulang, fleksibilitas dan gerakan sendi.

Kadar glukosamin yang meningkat ini akan meningkatkan produksi cairan sinovial yang ditemukan dalam jumlah kecil antara selubung sendi dan selubung tendon sehingga berfungsi untuk fleksibilitas gerakan persendian.

5. Menjaga suhu tubuh agar tetap dingin

Sagu nyatanya bisa membantu meredakan panas akibat demam yang berlebih dari dalam tubuh.

Terkadang saat anda mengonsumsi antibiotik, maka efek sampingnya tubuh anda akan menghasilkan panas yang berlebihan.

Oleh karena itu, untuk meredakan panas tubuh secara mudah, anda bisa mengonsumsi sagu. Itu karena, sagu memiliki efek pendinginan  tubuh dengan mengendalikan kelebihan produksi dari empedu.

Bahkan menurut “The New Oxford Book of Food Plants,” obat tradisional India menggunakan sagu yang dicampur dengan nasi untuk membantu mendinginkan tubuh.

Karena itu, sagu bisa berfungsi sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit akibat suhu panas yang terlalu tinggi di dalam tubuh seperti demam.

 

Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : 2 Resep Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Gurih Dan Renyah