Cara membuat keripik salak dengan penggorengan biasa – Salak tidak hanya dimakan langsung tapi salak bisa diolah menjadi cemilan atau makanan yaitu  keripik buah salak ini mungkin bagi anda jarang terdengar, dan tahukah anda jika sekarang faktanya keripik buah salak sangat populer di masyarakat sekarang ini.

Anda penasaran untuk membuat resep -resep membuat  keripik salak. Mari simak mengenai resep Cara Membuat Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa.

Cara Membuat Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa

cara membuat keripik salak dengan penggorengan biasa

Bahan yang diperlukan :

  • Buah salak yang sudah matang 2 kil0 gram
  • Air 2,5 liter
  • Kapur sirih 100 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula pasir 250 gram
  • Garam

 

Cara membuat keripik salak dengan penggorengan biasa

  1. Cara pertama yang paling penting anda  harus memilih buah salak yang masih segar, Pilih buah salak yang masih baik dan tidak busuk.
  2. Selanjutnya kupas salak dan juga kupas kulitnya arinya sampai besih.
  3. Kemudian salak dipisahkan dari bijinya dan ambil daging salaknya saja, Tapi jangan dibuan bijinya karena bijinya bisa di buat menjadi kopi baca cara membuat kopi salak.
  4. Setelah itu anda harus membersihkan daging salak.
  5. Kemudian masukan kapur sirih pada air, kemudian tambahkan garam dan gula pasir. Aduk-aduk hingga semua bahan larut. Kemudian masukan daging salak direndam selama kurang lebih 1 jam. Fungsi perendaman menggunaka kapur sirih adalah untuk menghilangkan getah pada salak.
  6. Setelah direndam dengan sirih selama 1 jam, kemudian diangkat salaknya dari rendaman dan tiriskan.
  7. Panaskan oven tradisional pada wajan, dan masukan salak pada oven. Terlebih dahulu diatur letak daging salaknya agar tidak bertumpukan. Tujuan salak dioven adalah untuk menghilangkan kandungan air pada salak. Setidaknya bisa mengurangi kandungan airnya. Setelah salak kering lanjut ke tahap berikutnya.
  8. Kemudian proses itu dilakuhkan Panaskan wajan hingga benar-benar panas dan goreng salak hingga berwarna kuning ke emasan atau ke coklat.
  9. Setelah salak matang digoreng, kalau anda mempunyai alat sentrifugal atau pemusing bisa digunakan agar kandungan minyak salak bisa hilang, jika anda tidak punya alat tersebut anda hanya perlu meniriskan salak itu.  bila anda memakai mesin tersebut salak bisa tahan sampai satu bulan.
  10. Selanjutnya tinggal sajikan ,okeee.

 

Baca juga cara membuat keripik terong ungu

Demikian resep cara membuat keripik salak dengan penggorengan biasa yang renyah dan manis. Resep ini sangat mudah dipraktekan dan tidak perlu menggunakan mesin Vacuum Frying  dan mesin pemusing. Semoga bisa memberikan manfaat bagi yang ingin membuatnya dirumah. Terima kasih yah.

Pesan saya, jangan pernah lelah untuk memasak