Cara membuat keripik pisang coklat – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat keripik pisang coklat nan renyah.

Nama keripik pisang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya mungkin keripik pisang biasa kita temukan di minimarket, warung, pasar, tidak menutup kemungkinan di perayaan hari besar.

Keripik pisang biasa dibuat untuk camilan dengan berbagai varian rasa. Pastinya kamu tahu varian apa saja yang biasa dibuat bukan, ada varian gurih, asin, manis, balado, dll. Mungkin beberapa orang belum mengetahui bagaimana cara membuat keripik pisang coklat.

Pembuatan keripik pisang sangatlah mudah karena selain bahan mudah dicari, pembuatan nya pun hanya membutuhkan waktu sebentar.

Untuk membuat keripik pisang, sebaiknya jangan menggunakan pisang yang sudah masak. Karena selain pisang lembek, pisang yang sudah matang juga akan cepat gosong jika digoreng dalam suhu tinggi dan tidak bisa renyah karena kadar gula meningkat.

Pemilihan pisang yang tepat akan mempengaruhi rasa, tekstur, dan kualitas yang dihasilkan. Pada proses pembuatan keripik pisang tidaklah lama, hanya saat mengiris pisanglah paling lama, karena harus tipis dan ada beberapa dari pisang yang berbiji sehingga harus hati-hati.

Cara membuat keripik pisang sangat bervariasi ada yang digoreng, dipanggang di oven maupun memanggang di microwave. Selain itu cara membuat keripik coklat sekarang banyak yang menggunakan alat canggih bernama vacuum frying.

Varian Coklat Lezat

Salah satu olahan keripik pisang saat ini banyak disukai oleh masyarakat secara luas adalah olahan keripik pisang coklat.

Pembuatan keripik pisang coklat hampir sama dengan pembuatan aneka keripik lainnya hanya saja pembuatan keripik pisang coklat ditambahkan dengan penggunaan coklat bubuk sehingga menambah cita rasa dari olahan keripik pisang semakin lezat.

Biasanya untuk mengonsumsi keripik pisang coklat akan terasa lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan santai dan ditemani dengan minuman hangat.Olahan keripik pisang coklat juga dapat dijadikan camilan saat ada tamu.

Lalu bagaimana cara membuat keripik pisang coklat? Berikut ini saya  sajikan bagaimana cara membuat keripik pisang coklat.

Bahan :

  1. Pisang kepok 10 buah
  2. Gula halus 50 g
  3. Coklat bubuk 30 g
  4. Tepung maizena 30 g, sangrai
  5. Kapur sirih 1 sdt
  6. Air bersih 1 L
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat keripik pisang coklat :

  1. Iris tipis pisang kepok.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya, lalu masukkan kapur sirih
  3. Lalu rendam pisang selama 1 jam.
  4. Siapkan wadah bersih lainnya.
  5. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang
  7. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  8. Masukkan bubuk ke dalam wadah tertutup.
  9. Tutup wadah lalu kocok hingga bubuk menempel pada pisang.
  10. Masukkan pisang yang sudah digoreng ke dalam bubuk.
  11. Keripik pisang coklat siap disajikan.

 

Jenis-Jenis Pisang Untuk keripik

Untuk menghasilkan keripik sesuai dengan contoh pada cara membuat keripik pisang coklat diatas, ada beberapa jenis pisang yang dapat Anda gunakan :

1. Ambon.

Pisang ini sering digunakan sebagai bahan utama makanan ataupun minuman, salah satunya adalah untuk membuat keripik. Warna dari kulit ini adalah hijau terang hingga warna hijau dan kekuningan.

2. Kepok.

Ciri-ciri pisang untuk keripik ini adalah bentuknya yang gepeng atau tipis dan bersegi. Hal ini membuat pisang kepok lebih kecil dari pisang yang lainnya.

Ada 2 jenis pisang kepok yaitu putih dan kuning. Apabila Anda ingin memiliki rasa yang manis, maka pisang kepok kuning adalah pilihan yang tepat.

Salah satu kelebihan dari pisang kepok kuning memiliki buah yang jauh lebih padat dibandingkan kepok putih. Apabila Anda sering mendengar nama pisang kapas, maka pisang Kepok putih ini adalah julukan dari nama pisang tersebut.

3. Nangka.

Pisang dengan kulit agak tebal ini memiliki warna yang unik. Warna dari daging pisang ini memiliki warna kuning dan kemerahan. Apabila Anda ingin rasa pisang yang manis dan sedikit asam, maka pisang nangka dapat menjadi jawabannya.

4. Tanduk.

Jenis pisang yang biasa digunakan adalah jenis pisang Tanduk yang memiliki tekstur panjang. Pisang ini adalah jenis yang sering digunakan untuk keripik pisang dan sering dijual di pasaran. Panjang dari pisang ini adalah 30 cm dan kulitnya yang berwarna hijau menandakan jika pisang tersebut masih sangat mentah.

Demikian cara membuat keripik pisang coklat diatas, semoga bermanfaat.