Cara Membuat Keripik Labu Siam yang Enak,

Buah labu siam adalah buah yang diperoleh oleh sejumlah labu-labuan atau istilahnya(Cucurbitaceae), terutama juga berukuran cukup besar dan berbentuk bulat atau juga memanjang.

Mengenai pemanfaatannya buah labu dapat dimakan segar atau diolah terlebih dahulu seperti membuat keripik labu ,namun labu biasanya tidak dimakan sebagai lalapan.

Berikut Adalah Beberapa Jenis Buah yang Biasa Disebut Labu :

  • Waluh : Cucurbita moschata, C. pepo, C. argyrosperma, C. maxima
  • Labu air Lagenaria siceraria
  • Beligo Benincasa hispida
  • Belonceng
  • Labu siam Sechium edule

Cara Membuat Keripik Labu Siam yang Enak

Rasanya yang manis ikut memaniskan suasana rumah.

Bahan Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 125 gram Labu Siam kukus, dihaluskan
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 3 sendok makan gula tepung untuk taburan

Cara Membuat Keripik Labu Siam Yang Enak:

  1. Pertama tama Campur tepung terigu, maizena, baking powder, dan juga garam. Aduk hingga merata. Tak lupa tambahkan Labu Siam. Aduk rata.
  2. Masukkan telur. Aduk rata dan gumpalkan.
  3. Selanjutnya ,Giling tipis di gilingan mie paling tebal no. 7.
  4. Setelah dua-tiga kali giling, kecilkan gilingannya. Giling kembali 2-3 kali. Kecilkan lagi gilingan. Begitu seterusnya hingga paling tipis dengan ketebalan no.1.
  5. Lalu Cetak dengan ring diameter 3 cm.
  6. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api yang sedang sampai matang dan kering,tunggu proses
  7. Penggorengan,Setelah masak ,tiriskan
  8. Sajikan bersama taburan gula tepung.
  9. Sebelum memulai usaha keripik labu yang enak ini ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu, bagaimana cara memulai usaha ini.
  10. Dengan mengetahui persiapan apa saja yang dibutuhkan maka proses pembuatan keripik labu yang enak ini pun akan semakin lancar untuk usaha. Menjalankan usaha keripik labu yang enak ini perlu mengetahui bahan baku, lokasi usaha, peralatan bisnis, strategi usaha, konsumen dan sebagainya.

Maka simak dengan baik beberapa info dibawah ini, supaya dapat semakin mudah saat akan menjalankan usaha.Berikut adalah informasi tentang resep sanyur santan labu kuning.

Bahan Baku Cara Membuat Keripik Labu Siam yang Enak

 

Untuk membuat produk keripik labu yang enak bahan – bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk diperoleh.

Apabila Anda ingin mengetahui bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat keripik labu yang enak maka bahan tersebut ialah Labu Siam, tepung terigu, telur, tepung maizena, baking powder, garam dan gula tepung.Baca selengkapnya cara membuat keripik labu yang enak.

Kualitas bahan akan mempengaruhi keripik labu yang enak oleh karena itu buatlah produk keripik labu yang enak dari bahan yang segar, berkualitas dan layak untuk diolah menjadi makanan.

Bahan ini bisa diperoleh dipasaran dengan mudah.

Berikut Adalah Jenis Jenis Olahan Dari Buah labu Selain Dibuat Keripik

Donat Labu Siam

Biasanya Donat itu terbuat dari bahan dasar tepung terigu atau kentang, ternyata makanan bulat ini juga bisa dibuat dari daging Labu Siam juga, lho.

Cukup campurkan labu kukus yang sudah dihaluskan, tepung terigu, air, susu bubuk, mentega, garam, telur, gula, serta ragi instan hingga merata. Setelahnya, tunggu hingga adonan mengembang.

Selanjutnya, goreng donat yang sudah dibentuk bulat hingga keemasan dan taburi dengan topping sesuai selera. Tekstur yang empuk dari makanan donat Labu Siam ini bahkan bisa kamu nikmati hingga beberapa hari tanpa takut basi.

Klepon Labu Siam

Jajanan pasar atau tradisional ini juga terdiri dari tepung ketan yang diisi oleh gula merah nan lumer dan meleleh saat klepon digigit.

Jika Anda ingin merasakan cita rasa yang berbeda, kamu bisa mencampurkan kukusan Labu Siam ke dalam adonan klepon agar menambah cita rasa baru.

Warna kuning alami dari labu akan membuat tampilan klepon semakin cantik. Hampir sama dengan cara pengolahan makanan klepon umumnya, adonan tepung ketan bersama garam dan santan, lalu tambahkan lumatan labu yang sudah dikukus. Isi dengan gula merah dan bentuk bulat, lalu rebus hingga mengapung.

Gulingkan klepon yang sudah matang di atas parutan kelapa hingga menutupi seluruh permukaannya sebelum menyajikannya. Nikmat!

Bolu Labu Siam

Sama seperti kentang, tekstur lembut dari Labu Siam dapat membuat hidangan roti menjadi semakin empuk. Selain kudapan donat, Labu Siam juga bias Lho, ditambahkan sebagai campuran adonan bolu yang enak.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup aduk telur, gula, dan sp dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang. Setelahnya, tambahkan labu yang sudah dihaluskan dan tepung terigu, lalu aduk lagi dengan kecepatan lebih rendah. Masukkan mentega, aduk kembalil hingga rata.

Panggang selama kurang lebih 40 hingga 60 menit dengan api kecil. Untuk menambah cita rasa serta tampilannya, tambahkan topping sesuai selera. Voila! Bolu Labu Siam empuk nan lembut siap untuk disantap.

Puding Labu Siam

Ingin menyantap makanan dari buah Labu Siam dengan sensasi kesegaran yang berbeda? Yuk, coba olah menjadi puding yang segar nan menyehatkan. Camilan ini bahkan bisa disantap oleh bayi karena teksturnya yang sangat lembut dan juga kaya akan vitamin .Baca lainnya Sayuran yang mengandung vitamin D.

Campur Labu Siam yang sudah dikukus dan dihaluskan bersama susu atau santan serta bubuk agar-agar, lalu saring agar teksturnya lebih halus. Kemudian, masak di atas api kecil dan tambahkan gula secukupnya sambil terus diaduk.

Setelah mendidih, tuangkan ke dalam cetakan dan diamkan hingga dingin. Simpan di dalam kulkas sebelum menyajikannya agar terasa lebih segar.

Kue lumpur Labu Siam

Kue lumpur dikenal akan teksturnya yang begitu lembut dan meleleh di dalam mulut. Kira-kira, apa jadinya bila kelembutan dari kue lumpur yang dipadukan dengan empuknya Labu Siam yang manis?

Untuk membuat sajian kue lumpur dari Labu Siam, kamu juga bisa memanaskan santan dan daun pandan terlebih dahulu.

Setelahnya, lembutkan santan dengan cara di blender bersama Labu Siam, telur, gula, dan garam. Campur hasil blender tersebut dengan tepung terigu dan aduk hingga rata. Jangan lupa, tambahkan pula margarin agar aromanya semakin menggoda.

Cetak adonan tersebut di atas cetakan kue lumpur, tambahkan kismis sebagai topping. Masak hingga matang. Sajian kue lumpur Labu Siam yang lembut pun siap menjadi teman kudapan soremu.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Dari Keripik Labu Untuk Kesehatan
Cara Membuat Keripik-labu-yang enak dan renyak,gurih

Rendah Kalori

Secangkir Labu Siam juga mengandung sekitar 36 kalori, tujuh gram karbohidrat, kurang dari satu gram lemak, dan satu gram protein. Hal ini juga bikin bebas kolesterol.

Beberapa kalori yang dikandung pada buah labu kebanyakan berasal dari kandungan karbohidrat yang rendah. Jika Anda coba menurunkan berat badan, Labu Siam bisa menjadi pilihan bagus untuk mengganti sayuran berkalori tinggi seperti kentang, dan jagung.

 

Demikian bahan dan cara membuat keripik labu siam yang enak,semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi bisnis rumahan yang menjanjikan.