Keripik sudah tidak asing untuk anda yang gemar ngemil. Camilan yang satu ini memiliki beberapa jenis antara lain keripik yang terbuat dari singkong, ubi-ubian, buah-buahan, bahkan ada yang terbuat dari sayuran. Seperti keripik yang satu ini yang berbahan dasar sayuran, keripik kangkung namanya. Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat keripik kangkung yang mudah untuk dipraktikkan.

Mungkin bagi anda terdengar asing karena makanan yang satu ini belum banyak yang memproduksinya. Jika anda bosan dengan olahan kangkung yang hanya begitu-begitu saja, mungkin anda harus mencoba dengan olahan yang lain. Misalnya diolah menjadi keripik, siapa tau dapat menghilangkan rasa bosan anda. 😀

Baca : Ini dia.! Resep Aneka Keripik Unik yang Cocok untuk Memulai Bisnis Anda

Sekilas Tentang Kangkung…!!!!

cara membuat keripik kangkung

Kangkung atau nama latinnya Ipomoea Aquatica Forsk adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran. Tanaman ini biasanya banyak dijual di pasar-pasar. Biasanya terdapat di kawasan Asia dan tumbuhan ini dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan yang berair. Semua masyarakat sangat menyukai kangkung.

Sayuran ini sangat memerlukan air untuk proses pertumbuhannya, jadi jika anda berniat mengembangbiakkan kangkung, jangan lupa untuk menyirami tepat pada waktunya. Jika tidak, kangkung tidak akan tumbuh dan berkembang secara optimal.

Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat populer di Indonesia. Ternyata kangkung mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Berikut kami sajikan enam manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yaitu :

1. Menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol

Kangkung memiliki khasiat menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida atau salah satu jenis lemak.

2. Penyakit kuning dan hati

Kangkung sudah lama digunakan dalam kasus pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak tanaman dari tanaman kangkung dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memiliki sifat antioksidan.

3. Mengobati anemia

Kangkung mengandung zat besi dan itu bermanfaat bagi orang yang terkena anemia serta ibu hamil yang membutuhkan zat besi. Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

4. Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit

Tanaman kangkung kaya akan serat yang dapat mencegah gangguan pencernaan dan sembelit. Sayuran ini bisa menjadi semacam pencahar untuk orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

5. Anti-diabetes

Kankung juga dikatakan sebagai anti-diabetes. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi rutin kangkung dapat menurunkan risiko diabetes. Sayuran ini bisa juga digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

6. Mencegah kanker

Kangkung memiliki kandungan 13 jenis senyawa antioksidan, sayuran yang satu ini tepat untuk pencegahan kanker. Sayuran ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut, kanker kulit dan kanker payudara.

Cara Membuat Keripik Kangkung

cara membuat keripik kangkung

Bahan untuk membuat keripik kangkung :

  • 200 g tepung beras
  • 3 sendok makan tepung kanji
  • 8 butir kemiri (haluskan)
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • Garam secukupnya
  • Daun jeruk (rajang halus)
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Air secukupnya
  • Daun kangkung segar dan masih utuh
  • Minyak goreng secukupnya
  • Telur secukupnya

Alat untuk membuat keripik kangkung :

  • Alat Penggorengan
  • Pisau
  • Serok + Sotel

Cara membuat keripik kangkung :

  1. Pertama haluskan bawang putih dan kemiri.
  2. Kemudian campurkan tepung beras, tepung kanji, kemiri, bawang putih, garam, daun jeruk, telur dan penyedap rasa secukupnya.
  3. Aduk-aduk dengan menambahkan air sedikit demi sedikit hingga tercampur merata dan mengental.
  4. Lalu celupkan daun kangkung satu per satu kedalam adonan.
  5. Panaskan minyak goreng, setelah panas pastikan api tidak terlalu besar untuk menghindari gosong saat penggorengan.
  6. Goreng sampai berubah warna kecoklatan dan matang kering garing, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Keripik kangkung siap disajikan

Baca juga-> Coba Dan Disini Tempatnya..! Cara Membuat Es Krim Blueberry Mudah

Demikian sedikit informasi tentang cara membuat keripik kangkung yang sangat mudah untuk dipraktikkan langsung di rumah. Untuk bahannya pun mudah untuk didapatkan. Selamat mencoba. 😀