Hallo kembali lagi dengan saya di artikel baru, Nah kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat keripik brokoli. Seperti apa kah?

Pasti kebanyakan orang taunya brokoli hanya bisa di olah menjadi sayuran, Tetapi kali ini kita akan mencoba membuat hal yang lain yaitu keripik brokoli. Bagaimana cara membuat keripik brokoli? Simak di bawah ini.

Keripik Brokoli

Brokoli tak harus direbus atau ditumis untuk menu makan sehari-hari. Brokoli juga bisa digoreng dan jadi camilan renyah jika ingin mengolahnya menjadi makanan yang berbeda dari biasanya. Ini cara membuatnya.

Baca juga artikel CARA MEMBUAT PANGSIT REBUS ENAK DAN BERGIZI

cara membuat keripik brokoli 2

Bahan :

  • 1 bongkol brokoli besar
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • sedikit kunyit bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Potong-potong bagian kepala brokoli. Kupas batangnya dari kulit terluar hingga menyisakan bagian dalamnya yang empuk, potong-potong. Rendam dalam air garam kurang lebih 10 menit.
  2. Campurkan semua bahan lainnya, tuang air secukupnya, biarkan adonan kental.
  3. Buang air rendaman dan rebus brokoli sebentar, kurang lebih 1 menit saja atau hingga agak berubah warna. Tiriskan.
  4. Celupkan brokoli ke dalam adonan tepung dan goreng hingga kecokelatan dan kering krispi.

Brokoli goreng siap sajikan dengan mayonaise atau saus favorit.

cara membaut keripik brokoli1

Manfaat Brokoli

Brokoli merupakan sayuran untuk pembangkit tenaga, manfaat sistem kardiovaskular, sistem kekebalan tubuh, anti inflamasi, untuk pencernaan,dan pencegahan kanker.

Selain itu, sayuran brokoli ini adalah sayuran tanpa lemak yang rendah sodium, kalori dan tinggi akan serat, vitamin C, potasium, B6 dan Vitamin A.

Di dalam hal lain, brokoli juga dikemas fitokimia dan antioksidan. Fitokimia adalah bahan kimia pada tanaman yang bertanggung jawab atas warna, bau dan rasa.

Sedangkan antioksidan, iyalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh atau ditemukan pada buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Fungsi antioksidan yaitu untuk membantu tubuh dalam menemukan dan menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dibuat selama proses metabolisme.

Beberapa nutrisi lain yang terkandung dalam brokoli yaitu beberapa magnesium, fosfor, sedikit seng dan zat besi. Lalu, apa saja manfaat kesehatan yang tersembunyi dari sayuran hijau dan super sehat ini?

1. Pencegahan Kanker

Manfaat kesehatan brokoli yang paling terkenal yaitu meningkatkan kekebalan tubuh dan menyerang kanker. Sama seperti sayuran lainnya, seperti kembang kol, kubis brusel dan kubis ini sangat protektif terhadap beberapa kanker perut dan usus.

Seain itu juga, brokoli juga mengandung khasiat membersihkan dan menghabiskan estrogen atau penyebab kanker dalam tubuh.  Jadi, brokoli sangat cocok untuk mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker rahim.

2. Mengurangi Kolesterol

Brokoli yang tinggi serat, membantu mengeluarkan kolesterol dengan mengikat asam empedu di saluran pencernaan. Serat larut dalam brokoli ini dapat mengikat sayuran dengan kolesterol dalam darah.

Maka, kolesterol dapat dengan mudah diekskresikan dan keluar dari tubuh kita dengan mudah. Bahkan varietas dalam brokoli tertentu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah sampai 6 persen.

3. Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat brokoli ini yaitu mengurangi kolesterol, dan secara tidak langsung itu pun bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menjaga pembuluh darah agar tetap kuat.

Mengandung sulforaphane yaitu merupakan anti-inflamasi yang bisa mencegah atau membalikan kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan karena kronis.

Brokoli bisa menjadi solusi masalah gula darah, karena sangat bagus untuk kesehatan jantung. Serat, vitamin dan asam lemak yang ada dalam brokoli juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat, dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

4. Anti-Inflamasi

Brokoli yaitu anti-inflamasi yang bisa memperlambat kerusakan sendi termasuk osteoarthritis. Sulforaphane dalam brokoli juga membantu penderita radang pada sendi.

Karena bahan kimia ini bisa menghambat enzim yang dapat menyebabkan kerusakan sendi dengan menghentikan molekul kunci penyebab peradangan. Selain itu, brokoli mengandung iskhiosianat dan asam lemak omega-3 membantu mengatur peradangan.

5. Kesehatan Tulang

Brokoli juga sangat cocok bagi anak-anak, lanjut usia dan ibu menyusui. Mengapa demikian? Karena, di dalam brokoli mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang cukup tinggi.

Keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Brokoli juga kaya akan nutrisi lain, seperti magnesium, seng dan fosfor.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat keripik brokoli semoga dapat bermanfaat, janggan lupa juga bagikan resep cara membuat keripik brokoli ini pada keluarga, selamat mencoba dan menikmati semoga bermanfaat, Sampai jumpa.