Kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Membuat Gula Merah Dari Tebu, apa itu gula merah.

Gula merah adalah pemanis yang terbuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Biasanya gula merah ini diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira. Nira yaitu cairan ang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Sebelum ke cara membuat gula merah dari tebu, pohon enu ini juga sering digunakan untuk membuat gula aren. Gula aren ini sama seperti gula merah yang memiliki bahan dasar dari pohon enu.

Tapi cara pengambilan bahan dari gula aren dan gula merah ini berbeda. Dibawah ini perbedan pengambilan bahan dari gula aren dengan gula merah. Meski proses pengambilan nira berbeda tapi proses pembuatan dari gula aren dan gula merah ini tidak jauh berbeda. Lebih lengkap nya cek di sini Cara Membuat Gula Merah.

Namun saya tidak akan menggunakan nira pohon enau melainkan menggunakan nira tebu.  Dibawah ini adalah cara membuat gula merah dari tebu.

Cara membuat gula merah Dari Tebu

 

1. Pengambilan Nira

  • Pertama yang dilakukan, siapkan batang tebu yang telah diambil. Kemudian kita bersihkan batang tebu yang telah dipanen dan ditebang dari bagian-bagian pucuk, akar yang ada pada ruas, dan tanah atau kotoran lainnya yang menempel pada kulit luar tebu.
  • Seletelah bersih kita giling batang tebu dengan alat penggiling, jadi bisa menghasilkan air nira tebu yang berwarna keruh, air niranya itu kalau kita coba rasanya manis mentah.
  • Kemudian kita salurkan nira melalui selang plastik, terus tampung dalam drum atau wadah sambil disaring dengan kain penyaring untuk membuang sisa-sisa ampas tebunya.

2. Proses Memasak Nira Menjadi Gula Merah

  • Nah Setelah mendapat nira siapkan wajan dan tungku untuk membuat gula jawa.
  • Lalu letakan wajan diatas tungku yang sudah disediakan.
  • Setelah itu kita tuangkan kapur sebanyak 0,2% ke dalam wajan untuk memisahkan zat-zat yang buka gula dan biar gulanya jadi gak lembek.
  • Masukkan bahan bakarnya, termasuk limbah atau ampas tebu secara terus-menerus sampai niranya mendidih, kalau sudah kita saring nira tersebut.
  • Kemudian kita panaskan lagi niranya untuk bisa menguapkan airnya.
  • Nah selama penasan ini, kita buang buihnya yang mengapung di permukaan air niranya, biar gak memengaruhi mutu gula yang dihasilkan. Jadi harus kita cek secara berkala ya.
  • Coba anda tuangkan nira dari wajan ke air dingin
  • Kalau nira yang sudah pekat ini berubah menjadi benang-benang yang tidak putus-putus berarti proses rebusan sudah selesai
  • Tapi kalau tetesannya itu belum nyebar atau larut dalam air, berati pemanasannya harus tetap kita lanjutkan sampai cukup untuk bisa kita cetak.
  • Angkat nira kentalnya ke dala wadah besar sambil kita aduk-aduk selama kurang lebih 15 menit biar cepat dingin, gak lengket, dan warnanya jadi lebih kuning.
  • Kalau suhunya sudah mencapai 60 C, kristalnya itu bisa segera kita cetak.
  • Masukkan nira kentalnya ke dalam cetakan atau wadah atau tumbu atau mangkok atau apapun itulah, terus dibiarkan selama beberapa waktu sampai dingin menjadi gula merah.

Manfaat Dari Gula Merah

Nah setelah belajar cara membuat gula merah dari tebu, kita belajar tentang manfaat dari gula merah.

Sebelum ke manfaat gula merah, terdapat hal lain yang juga harus perhatikan yaitu kandungan apa saja yang terdapat di gula merah.Beberapa kandungan yang terdapat di gula merah di antaranya: zat besi, kalium, vitamin C, magnesium, dan fosfor.

Manfaat dari gula merah adalah memberi tubuh fitonutrien, seperti polifenol, flavonoid dan antosianidin, dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh dalam jumlah kecil. Kandungan zat fitonutrien dalam gula tersebut dapat membuat tubuh lebih bertenaga, melawan sel kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu manfaat lain gula merah, gula merah memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, yaitu sekitar 54. Sementara indeks glikemik terbilang tinggi saat berada di angka 70. Ada beberapa makanan yang memiliki glikemik rendah antara lain: pisang, kurma, mangga, stroberi, jeruk, buncis, kacang merah dan kacang kedelai.

Selain dari nilai indeks glikemik yang rendah, gula merah kelapa juga mengandung sejumlah zat gizi yang tidak terdapat di dalam gula putih. Gula merah lebih bermanfaat dan aman jika dibandingkan dengan gula pasir karena Gula merah mengandung sejumah vitamin dan asam amino.

Nah dibawah ini beberapa manfaat dari gula merah :

1. Melancarkan haid

Nah setelah belajar cara membuat gula merah dari tebu, kita belajar tentang manfaat dari gula merah. Manfaat yang pertama adalah melancarkan haid. Jika Anda memiliki siklus menstruasi tidak teratur anda bisa coba mengonsumsi gula merah. Gula merah ini dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus haid menjadi normal.Selain itu gula merah ini dapat meredakan kram saat menstruasi datang.

2. Mencegah anemia

Nah setelah belajar cara membuat gula merah dari tebu, kita belajar tentang manfaat dari gula merah. Gula merah banyak mengandung zat besi dan folat. Kedua kandungan tersebut ampuh dalam mencegah terjadinya anemia. Manfaat dari gula merah dapat mempertahankan kadar normal sel darah merah. Gula merah ini sering kali dijadikan obat alami untuk mencegah anemia.

3. Mengatasi flu dan batuk

Nah setelah belajar cara membuat gula merah dari tebu, kita belajar tentang manfaat dari gula merah. Gula merah banyak mengandung antioksidan yang dapat menjadikan tubuh semakin kebal terhadap radikal bebas. Manfaat dari gula merah yang bisa dirasakan adalah sebagai terapi penyembuhan flu, batuk, dan demam.

4. Menurunkan berat badan

Nah setelah belajar cara membuat gula merah dari tebu, kita belajar tentang manfaat dari gula merah. Dengan kadar potasium yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa didapatkan adalah meningkatkan proses metabolisme, membantu mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi gula merah dengan jumlah terkontrol hal itu dipercaya dapat menurunkan berat badan Anda.

5. Melawan radikal bebas

Nah setelah belajar cara membuat gula merah dari tebu, kita belajar tentang manfaat dari gula merah. Gula merah ini memiliki kemampuannya melawan efek radikal bebas. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas.

Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam gula merah juga dapat mengurangi sejumlah tanda penuaan. Cara penggunaan gula merah bisa dengan mencampurkannya bersama teh hangat. Cara ini dipercaya akan mengobati migrain dan sakit kepala.

Nah itulah beberapa manfaat dari gula merah dan cara membuat gula merah dari tebu. Selain bermanfaat gula merah juga bisa dipadukan dengan berbagai  makanan atau minuman contoh nya es kelapa muda.  Semoga bermanfaat.