Wow! Ini dia rahasia cara membuat gula kelapa yang praktis untuk Anda yaitu gula kelapa yang terbuat dari nira kelapa yang di hasilkan dari tandan bunga.

Cara membuat gula kelapa yang dihasilkan oleh pohon baru bisa mendapatkan 3 tandan bunga yang baru membuka dan tandan yang termuda sudah mencapai 20 centimeter panjangnya.

Untuk cara membuat gula kelapa Anda harus memperoleh nira dari tandan yang seludangnya belum mekar yang cocok. Biasaya apabila tandan bunga yang muncul terakhir berukuran 15 sampai 20 centimeter maka pilihlah mayang yang ketiga dari terakhir.

Pada kelapa kampung atau kelapato pada umumnya sekitar umur 8 tahun, dan 4 tahun untuk kelapa hybrida. Mahkota pohon kelapa perlu dibersihkan dari semua kotoran begitu pula alat-alat yang akan digunakan harus dalam keadaan bersih.

Jika Anda ingin membuat gula kelapa, disini kami akan memberikan cara membuat gula kelapa yang praktis dan wajib Anda ketahui.

Dalam cara membuat gula kelapa sendiri ada beberapa cara menyadap tangkai bunga kelapa tersebut. Menyadap dari tandan bunga kelapa harus hati-hati.

Penyadapan untuk cara membuat gula kelapa dalakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 dan sore hari pukul 16.00 itupun harus tepat tidak boleh lebih atau kurang. Karena nira yang baik bercirikan masih segar, rasa manis, harus, dan tidak bewarna serta derajatnya keasaman (pH)nya antara 6,0 sampai 7,0.

 

Baca juga : Ini Dia Macam-Macam Gula Yang Wajib Anda Ketahui

 

Langkah Dan Cara Membuat Gula Kelapa

  • Dalam cara membuat gula kelapa Anda harus mendapatkan nira yang telah diperoleh yang kemudian disaring, selanjutnya dimasukkan kedalam wajan atau panci yang berukuran besar.
  • Kemudian nira dimasak dengan panas yang konstan pakai bahan bakar kayu atau seresah atau juga bahan bakar lainnya.
  • Lama pemasakan cara membuat gula kelapa tergantung dari banyaknya nira yang dimasak.
  • Kurang lebih15 menit sebelum gulanya masak atau dalam fase nyengka (sunda)? Semengka diberi 100 celcius santan (1 butir kelapa parutan dan dicampur 100 celcius air) ataupun parutan kelapanya,atau minyak goreng satu sendok makan, yang digunakann untuk mempercepat proses pengentalan gula merah.
  • Cara membuat gula kelapa atau merah cair yang belum mengenta, lalu diaduk cepat dengan arah memutar.
  • Jika dalam cara membuat gula kelapa sudah mengental dan berwarna kemerahan, kemudian dituangkan kedalam cetakan.
  • Kurang lebih 10 menit kemudian cairannya sudah padat, berarti cara membuat gula kelapa telah selesai.
  • Karena cara membuat gula kelapa sudah selesai, kemudian cetak gula kelapa dengan cetakan ada yang menggunakan dari bambu.
  • Cetakan ditempat saya menggunakan baskom kecil yang memiliki ukuran 0,5 -1 kilogram sehingga kualitas gula dengan ukuran ini harganya lebih murah.
  • Bila Anda menggunakan tempurung kelapa, pada tahap pertama diisi ¾ bahannya terlebih dahulu, kemudian didinginkan selama 15 menit.
  • Jika sudah dingin, keluarkan dari cetakannya setelah mengeras, kemudian tempelkan pada gula kelapa yang ada dicetakan lainnya agar bentuk yang dihasilkan identik satu dengan yang lainnya.
  • Agar tidak lengket dengan satu sama lainnya, diantara gala-gala tersebut diberi alas berupa daun pisang yang sudah tua serta kering.
  • Pengepakan cara membuat gula kelapa dapat juga dilakukan dengan memakai keranjang bambu dengan dilapisi daun pisang kering atau daun jati kering.atau juga didalam peti  kayu dilapiasi plastik.
  • Dengan cara pengepakan gula kelapa seperti in, gula dapat bertahan kurang lebih sekitar 1 bulan.

 

Kualitas Atau Mutu Dalam Cara Membuat Gula Kelapa Dibagi Menjadi 3 Yaitu :

  1. Mutu Super, merupakan gula kelapa yang keras dan berwarna cerah atau coklat kekuning-kuningan.
  2. Kualitas A, yaitu gula kelapa yang bertekstur keras dan berwarna kecoklat-coklatan dan,
  3. Mutu B, ialah gula kelapa yangbertekstur  agak lembek, dan berwarna coklat kehitam-hitaman.

Baca juga : Mengejutkan Inilah Manfaat Bawang Putih Sehari 3 Siung

Bagaimana, praktis bukan proses pembuatannya? Gula kelapa ini bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha Anda. Dengan proses yang praktis Anda dan mengeluarkan modal yang cukup Anda sudah mendapatkan

Demikian artikel tentang langkah dan cara membuat gula kelapa yang kami sampaikan semoga sangat bemanfaat bagi Anda. Selamat mencoba semoga berhasil sekian dan terimakasih.