Resep gudeg nangka tetelan memang popular. Jogja memiliki julukan kota gudeg saking terkenalnya gudeg Jogja. Sebenarnya gudeg tidak hanya ditemukan di daerah Yogyakarta saja. Gudeg juga dapat ditemukan di berbagai daerah lain. Terutama di provinsi Jawa Tengah.

Menu gudeg ini sendiri kemudian menjadi populer. Bahan utamanya berupa buah nangka muda. Nangka dapat dengan mudah ditemukan di pekarangan dan kebun para warga.

Tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkannya dengan mengolahnya menjadi gudeg. Selain itu, gudeg juga banyak digermari. Terutama para pecinta kuliner manis.

Cita rasa gudeg yang manis dan gurih memang menjadi ciri khas dari makanan ini. Rasa khas dari makanan ini berasal dari proses memasak yang cukup lama. Proses memasak gudeg berlangsung hingga beberapa jam lamanya.

Dimasak lama agar buah nangka muda tadi bisa benar-benar empuk dan bisa dikonsumsi. Uniknya lagi, gudeg dimasak bersama dengan daun jati. Dimana daun jati ini yang memberikan warna coklat yang khas dari masakan ini.

Normalnya, gudeg dimasak dengan santan dan gula biasanya disajikan dengan nasi putih. Ditambah berbagai jenis lauk pauk seperti telur rebustahu, tempe.  Atau ayam kampung dan sambal goreng krecek yang terbuat dari kulit sapi.

Jika kalian penasaran dengan resep gudeg nangka tetelan. Yuk, simak baik – baik resep di bawah ini. Bila perlu, catat resepnya agar tidak lupa.

Resep Gudeg Nangka Tetelan

gudeg nangka tetelan

Bahan – Bahan :

  • 1 kg Nangka muda
  • 250 gr tetelan
  • 6 butir telur rebus
  • 1 liter santan dari ½ butir kelapa

Bumbu Cemplung :

  • 7 lembar daun salam
  • 5 batang serai, geprek
  • 7 lembar daun jeruk
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • 1,5 gandu gula merah sisir (jika ingin lebih manis bisa ditambah)
  • 1 sdm ketumbar sangrai, lalu haluskan
  • Kaldu bubuk rasa sapi secukupnya
  • 10 biji cabai rawit

Bumbu Halus :

  • 10 siung bawang merah
  • 6 buah kemiri
  • 5 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Resep Gudeg Nangka Tetelan :

  1. Kupas semua Nangka muda. Setelah itu cuci bersih.
  2. Iris tetelan sapi dengan ukuran sesuai selera
  3. Sangrai bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Lalu haluskan
  4. Siapkan panci, masukkan bumbu cemplung di dasar panci.  Diantaranya  saun salam, daun jeruk, serei geprek,lengkuas geprek. Tambahkan cabai rawit dan ketumbar serta gula merah sisir.
  5. Jika sudah disusun. Masukkan tetelan dan Nangka muda.
  6. Masukkan pula bumbu yang sudah dihaluskan di atas semua bahan.
  7. Tambahkan santan dan bumbu lain. Masak dengan api kecil agar.
  8. Jika santan sudah tersisa setengah (asat). Tambah telur rebus yang sudah di kupas.
  9. Masak lagi gudeg hingga santan asat. Aduk gudeg sesekali agar bumbu merata.
  10. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Tips :

Kalian bisa menambahkan kerupuk agar lebih nikmat. Jadi, aku mau membagi tips nih agar kerupuk kalian renyah dan makin enak. Dapat menggunakan mesin vaacum frying. Sehingga, tekstur kerupuk tidak akan mengecewakan.

Gudeg bisa kalian jual kepada orang lain. Baik secara online maupun langsung di warung. Peminat gudeg semakin hari semakin banyak. Sehingga peluang bisnis ini akan menguntungkan kalian.

Dengan adanya pemasukan yang pasti. Keuangan kalian akan tetap terjaga. Meskipun sekarang sedang dalam situasi pandemi. Sehingga kalian masih bisa bertahan hidup. Dengan memanfaatkan peluang yang ada.

Meskipun terlihat sederhana, gudeg punya berbagai manfaat loh! Seperti menunjang pertumbuhan janin. Mencegah timbulnya jerawat, memperbaiki jaringan sel kulit, menjaga kesehatan tulang. Beri – beri, menambah nafsu makan juga dapat dicegah. Meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer.

Gimana? Mudah sekali kan resep gudeg nangka tetelan sapi di atas? Selain mudah dan enak. Manfaat gudeg yang sangat banyak membuat kita semakin menyukai gudeg. Kamu juga dapat menikmati gudeg meski sedang tidak ke Yogyakarta.

Dengan mengikuti resep gudeg Nangka tetelan sapi. Kamu sudah bisa merasakan sensasi nikmat gudeg jogja. Apalagi jika hasil masakan sendiri. Wah, tambah menyenangkan jadinya.

Kalian bisa menikmati gudeg nangka tetelan sapi saat berkumpul dengan keluarga. Sehingga acara berkumpul menjadi lebih hangat dan nikmat. Gudeg nangka tetelan sapi juga bisa kamu makan dengan sajian lain.

Seperti ditambah nasi, sambal goreng krecek, opor ayam. Atau bisa juga tahu dan tempe bacem. Nah, jadi lebih nikmat lagi kan? Selamat mencoba!