Penasaran gak sih cara membuat geplak gula merah itu gimana? Apa bedanya geplak biasa dengan geplak gula merah? Simak pembahasannya berikut ini.

Geplak adalah . . .

Geplak merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Bantul, Jogjakarta. Makanan ini memiliki tekstur kasar yang berbentuk bulatan – bulatan dan terbuat dari buah kelapa yang disajikan dengan rasa manis.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat geplak memang sederhana, namun makanan ini memiliki tampilan yang bisa dikatakan sangat menarik perhatian.

Dari awal kemunculannya geplak hanya berwarna putih dan kelam, namun seiring dengan perkembangan jaman, olahan geplak tersebut mulai dimodifikasi dengan warna dan aroma yang bermacam-macam sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipinya.

Cara membuat geplak yaitu menggunakan bahan – bahan seperti  campuran dari tepung beras, parutan kelapa serta dari air gula. Biasanya geplak Jogja identic dengan warna yang beraneka ragam, namun ada juga geplak yang hanya memiliki 1 (satu) warna saja.

Seperti halnya di berbagai macam daerah, makanan ini juga memiliki sebutan atau istilah yang lain, misalnya saja seperti daerah Betawi.

Betawi juga memiliki makanan yang tampak mirip seperti geplak, akan tetapi bahan pembuatannya menggunakan tambahan campuran yang berupa tepung beras serta ditambahi dengan daun jeruk purut.

Beberapa daerah lain juga memiliki makanan yang serupa namun menggunakan komposisi bahan pembuatan geplak yang berbeda dengan di daerah Jogja, misalnya dimasak dengan menggunakan bahan waluh bahkan menggunakan ketan.

Selain bermacam – macam nama dan bahan yang disebutkan diatas, ada juga geplak yang di buat menggunakan gula merah atau gula jawa. Geplak jenis ini akan dicampur dengan gula jawa yang dilarutkan dan nantinya otomatis akan membuat geplak tersebut berwarna coklat.

Berikut ini resep cara membuat geplak gula merah yang menggunakan bahan – bahan yang dapat Anda temukan di lingkungan tempat tinggal Anda.

Bahan – bahan

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat geplak gula merah ini sebagai berikut

  • 300 gr tepung beras
  • ½ butir kelapa sudah di parut
  • Gula merah sebanyak 200 gram
  • 200 gr gula pasir
  • 500 ml air
  • 1 batang sereh (ambil bagian putihnya kemudian digeprek)
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam secukupnya

 

Baca Juga : Cara Membuat Kue Akar Kelapa Mudah dan Sederhana

 

Cara Membuat Geplak Gula Jawa

Berikut ini langkah – langkah cara membuat geplak gula merah :

  1. Pertama – tama yang perlu dilakukan adalah menyangrai tepung beras yang telah disiapkan. Namun sebelum tepung beras tersebut disangrai, sisihkan terlebih dahulu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan untuk digunakan sebagai taburan. Setelah itu sangrailah sisa tepung berasnya tadi menggunakan wajan sampai kering.
  2. Langkah selanjutnya sangrai juga ½ kelapa yang telah diparut tadi hingga kering dan berwarna keemasan
  3. Setelah itu masak daun pandan, gula merah dan gula pasir dengan air hingga kental
  4. Kemudian campurkan tepung beras bersama dengan kelapa dan garam. Aduk hingga bahan tersebut tercampur dengan rata.
  5. Selanjutnya masukkan cairan gula tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk. Jangan sampai adonan menjadi terlalu lembek agar adonan bisa di cetak.
  6. Jika adonannya sudah tercampur dengan rata selanjunya cetaklah adonan tersebut sesuai keinginan Anda. Apabila sudah berbentuk seperti yang Anda inginkan taburi dengan tepung beras yang sudah disiapkan tadi di atas geplak gula merah tersebut.
  7. Geplak gula merah siap untuk dihidangkan.

Demikian tadi telah kami rangkumkan cara membuat geplak gula merah yang murah dan mudah agar dapat Anda praktikan di rumah. Selamat mencoba !