Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art Semenarik Mungkin-Kalian semua pasti sangat penasaran kan bagaimana caranya untuk latter art kalian menarik. Jika kalian penasaran, silahkan cek ulasan dibawah ini.

Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art

cara membuat foam susu untuk latte art

  1.  Caranya adalah dengan mengisi toples itu dengan susu. Jangan isi terlalu penuh, dan sisakan ruang dalam toples itu untuk si busa yang nantinya akan muncul.
  2. Setelah itu, tutup lalu kocok toples yang sudah diisi dengan susu agak lama, sampai susu itu berbusa.
  3. Buka tutupnya, lalu masukkan ke dalam microwave selama setengah menit. Foam-nya akan naik ke atas, dan panas dari microwave akan membuatnya stabil.
  4. Tuang susu ke dalam kopimu dengan menggunakan sendok.

Ingat, bagaimana pun caranya kalian membuat foam susu, jangan pernah menyepelekan jenis susu yang akan kalian pakai untuk membuat foam susu, karena pengaruhnya besar terhadap hasil akhir. Susu yang baik untuk digunakan dalam membuat foam yakni sebagai berikut :

  1. Susu tanpa lemak: Memang paling mudah untuk dijadikan foam, tapi rasanya tidak terlalu enak ketika digabungkan dengan kopi.
  2. Susu rendah lemak: Ini yang sepertinya paling sempurna untuk dijadikan foam, karena selalu mudah membentuk busa, lemak yang masih ada di dalamnya membuat kopi kita terasa lebih nikmat dari pada dengan menggunakan susu tanpa lemak.
  3. Whole milk: Jika anda seorang pemula, membuat foam dengan susu jenis ini memang merupakan tantangan tersendiri, tapi rasanya yang paling enak karena lemaknya yang paling banyak.

Untuk orang Italia mereka selalu membuat foam yang terbuat dari whole milk, dan mereka pasti akan bingung jika kita meminta kopi dengan susu rendah lemak.

Tips-tips agar Latte Art Kamu Sempurna

cara membuat foam susu untuk latte art

  1. Tekstur dan Suhu Susu : Susu yang terbaik untuk melukis di kopi yaitu dengan fresh milk. Kalian harus meningkatkan suhu susu ini sekitar 40-50°C dengan bantuan steamer wand yang ada di ujung mesin espresso. Dipanaskan dengan uap, susu akan terlihat mengembang naik, lebih kental, dan sedikit berbusa di permukaannya.
  2. Cara Frothing : Saat akan frothing, posisi untuk mencelup steam wand dan kemiringannya juga perlu diperhatikan. Bagian ujung steam wand sebaiknya tenggelam kedalam susu.
  3. Cara Memegang Milk jug : Caranya dengan menggunakan jempol dan telunjuk untuk mencengkram sampai ke bagian atas milk jug. Gaya ini menjamin cengkraman yang lebih stabil.
  4. Cara Menuangkan : Hal yang dilakukan pertama yaitu mengatur kemiringan gelas, dengan memiringkan gelas, permukaan kopi yang menjadi tempat lukis akan lebih luas. Miringnya akan tergantung dengan ukuran gelas yang dipakai. Kemudian yang dilakukan selanjutnya yaitu Atur posisi milk jug. Posisinya perlu diatur dengan membentuk sudut siku-siku dari bibir cangkir. Dan yang terakhir, Tuanglah dari bagian tengah kemudian memutar.

Teknik Dalam Membuat Latte Art

cara membuat foam susu untuk latte art

Ada beberapa teknik yang digunakan saat melukis latte art, namun yang paling sering digunakanyaitu dua cara dibawah ini, silahkan simak ulasannya dibawah ini :

  1. Teknik free pour : Teknik yang pertama untuk membuat latte art adalah free pour, yaitu teknik yang hanya bertujuan memanipulasi jatuhnya latte ke dalam kopi. Cara membuatnya adalah dengan menuang susu dari sisi cangkir yang lama-kelamaan menuju ujung cangkir lain. Hasilnya biasanya bisa berbentuk rosetta atau bunga atau bentuk hati. Bentuk ini lazim digunakan oleh kedai-kedai kopi agar sajiannya menarik
  2. Teknik etching : Teknik ini biasanya lebih sulit daripada teknik free pour, karena teknik ini harus menunjukkan kreativitas seni yang dimiliki di atas busa dengan campuran sirup atau bubuk cokelat. Jika menggunakan teknik ini, maka diperlukan alat bantu berbentuk stik agar bisa membuat pola yang pas dan menarik. Dari teknik ini banyak bentuk yang bisa dibuat, seperti bentuk bunga, panda, beruang, kucing.

Jangan sampai terlewatkan, Cara Membuat Kopi Latte agar Mendapatkan Rasa yang Sempurna.