Cara Membuat Espresso Menggunakan French Press – Coffe lovers tentunya kalian sudah tidak asing mendengar alat yang satu ini. Yah French press? French press merupakan alat seduhan kopi dan kualitas tidak di raguin lagi lo . Dengan menggunakan alat ini alhasilnya kualitas dari minum kopi ini fresh, pekat dan nikmat tanpa ampas. Prinsip kerjanya yaitu menekan ampas kopi ke dasar gelas dan menahannya sehingga air kopi yang dikeluarkannya pun nyaris tanpa ampas.

Di negara belanda dan Inggris, french press umumnya dikenal sebagai cafetiere atau cafetierea piston. Ada pula yang menyebutnya dengan coffee plunger, coffee press, dan press pot. French press diklaim sebagai alat pembuat kopi nomor dua yang paling banyak dipakai setelah Automatic Drip Coffee atau classic drip. Namun apabila pemakaiannya tidak benar, kopi yang dihasilkan akan mempunyai rasa lumpur karena telah tercampur dengan endapan ampas kopi.

Baca Juga Artikel Mengenai : Cara Membuat Espresso Yang Nikmat

Cara kerja alat brewing kopi yang satu ini sangat lah sederhana, yaitu kita tinggal saja  menaruh bubuk kopi di dasar french press kemudian tutupnya yang sekaligus mempunyai batang penyaring menekan bubuk kopi kedasar dan mengeleminasi ampas kopi dari air seduh kopi, sehingga hasil seduhnya tidak terdapat ampas dan aromanya pekat karena mendapatkan tekanan di bubuk kopi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus mendapatkan bubuk kopi fresh yang kasar

Resep Membuat Espresso Menggunakan French Press

Cara Membuat Espresso Menggunakan French Press

Sobat coffe kalian Pingin kopi espresso kayak di cafe-cafe tapi nggak punya coffee maker?Tenang tenang deh mimin akan kasih tips nya . tentuhnya  kopi enak bisa dibuat di rumah pakai alat yang murah meriah lho..

Cara nya gampang. Cuma modalkan panci bua rebus dan french press (cofffe press)

Bahan – bahan :

  • French press ( coffe press)
  • bubuk kopi
  • Air panas
  • cangkir
  • timbangan digital
  • Coffe grinder
  • Kompor gas

Langkah – langkah :

  1. Siapkan biji kopi sebanyak 16 gram. Anda bisa menggunakan timbangan digital untuk mengukurnya dengan mudah.
  2. Panaskan air sampai mendidih. Kemudian biarkan selama 1-2 menit agar suhunya menurun hingga 88 derajat celsius.
  3. Perbandingan antara kopi dan air yang dipakai bisa disesuaikan dengan selera Anda. Apakah Anda lebih menyukai citarasa kopi yang kuat atau lembut.
  4. Haluskan biji kopi menggunakan coffee grinder. Disarankan pilih ukuran bubuk kopi yang kasar supaya hasil seduhannya lebih bagus.
  5. Sebelum bubuk kopi dituangkan ke dalam french press, Anda bisa memanaskannya sebentar terlebih dahulu untuk proses pre-heating.
  6. Masukkan bubuk kopi ke dalam french press. Setelah itu, tambahkan air panas secukupnya.
  7. Aduk sebentar agar bubuk kopi tercampur ke dalam air secara merata. Berikutnya biarkan sekitar 4-5 menit.
  8. Tekan tuas pada alat french press untuk mengendapkan ampas kopi ke dasar gelas.
  9. Minuman kopi pun siap dituangkan ke dalam gelas saji.

Yuk Baca Juga Artikel Mengenai : Waktu Roating Kopi Untuk Rasa Yang Enka Dan Pas