Pada aartikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat espresso dengan french press yang mudah dan praktis.

Mesin french press ini tentunya akan sangat memudahkan anda untuk membantu membuat kopi espresso sendiri di rumah.

Anda tidak perlu repot-repot membelinya di kedai atau kafe, dengan menggunakan bahan sederhana ada bisa menghasilkan citarasa kopi yang nikmat.

Cara Membuat Espresso Dengan French Press

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi.

Berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

French Press

Alat ini ditemukan oleh Attilio Calimani, seorang desainer Italia, pada tahun 1929. French press dikenal juga dengan nama lain seperti press pot, coffee press atau coffee plunger.

Di Inggris dan Belanda alat ini disebut cafetiere atau сafetière à piston, yang berarti pembuat kopi.French press jika dipisahkan dari pegangannya berbentuk tabung kaca dengan saringan pada tutupnya.

Ketika bagian tutup ditekan, maka saringan akan mendorong ampas kopi ke bagian paling bawah. Alhasil, kita akan mendapatkan kopi hitam nikmat tanpa ampas.

Cara Membuat Espresso Dengan French Press

Cara Membuat Espresso Dengan French Press

Nah sekarang mari kita mulai cara membuat kopi espresso dengan French press. Gunakan biji kopi yang digiling sendiri sebab cita rasanya akan berbeda.

Mesin giling biji kopi manual sudah mudah ditemukan di toko-toko peralatan rumah tangga. Gilinglah kopi kasar-kasar, supaya nanti ampas mudah tertinggal di bawah saringan.

Untuk secangkir kopi, kita membutuhkan 1,5 sendok makan bubuk kopi (atau 15 gram biji kopi) dan 200 ml air mendidih. Tambahkan bubuk kopi bila ingin secangkir kopi yang lebih peka.

  1. Jangan tuangkan semua air mendidih ke dalam French press, tapi tuanglah sedikit dulu dan ratakan ke seluruh permukaan, agar French press menjadi hangat. Ini berguna menjaga agar kopi yang Anda buat nanti tidak cepat dingin.
  2. Suhu air yang ideal untuk membuat kopi adalah 90 derajat Celsius, jadi tunggulah beberapa saat setelah air mendidih. Masukkan bubuk kopi ke dalam French press (yang sudah hangat), lalu tuangkan air panas. Lalu aduklah hingga air tercampur merata dengan kopi dan tunggu sekitar 3 menit.
  3. Setelah 3 menit, pasang tutup French press dan tekan saringan perlahan-lahan sampai dasar. Dan kita akan mendapatkan kopi hitam tanpa ampas dengan cita rasa yang nikmat.

Cara Meminum Espresso

Cara Membuat Espresso Dengan French Press

1. Pesan Langsung di Bar

Sangat jarang orang Italia memesan kopi espresso sambil duduk santai. Jika Anda ingin mencoba mengikuti cara minum espresso ala orang Italia.

Pesanlah langsung pada barista di depan bar. Namun, jika anda sedang ngopi di rumah, cara minum kopi espresso ini boleh diabaikan.

2. Hirup Secara Perlahan

Supaya Anda mendapatkan sensasi aromanya juga, hirup espresso sebelum menyesapnya. Rasakan sensasi semerbak harum kopi masuk ke rongga penciuman Anda secara perlahan.

3. Segera Diminum Sampai Habis

Minuman ini lahir karena orang-orang ingin kopinya tersaji dengan cepat. Cara minum espresso pun semestinya tidak berlama-lama. Acuannya adalah pada crema-nya, yaitu buih berwarna cokelat pada permukaan espresso.

4. Jangan Tambahkan Susu

Jangan sesekali menambahkan susu pada espresso Anda. Apalagi susu yang ditambahkan adalah buih susu atau susu steamed. Bisa-bisa minuman kopi Anda berubah menjadi latte.

5. Sebaiknya Tinggalkan Gula

Beberapa orang berpendapat, jika ingin mendapatkan rasa asli kopi serta manfaatnya bagi kesehatan, tinggalkanlah gula.

6. Bereksperimen Dengan Varian Biji Kopi

Tidak ada ketentuan khusus mengenai biji kopi yang hendak dipakai untuk membuat secangkir espresso. Sah-sah saja jika Anda ingin menggunakan arabika atau robusta, single origin atau coffee blend.

Demikialah pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat.