Cara membuat es krim tradisional – kalo orang – orang berfikir cara membuat es krim itu rumit dan harus menggunakan mesin, itu salah. Karena es krim pada zaman dahulu tidak dibuat menggunakan mesin, karena pada zaman dahulu belum ada mesin. Lalu bagaimana orang zaman dahulu membuat es krim ?

Baca juga : Es Krim Terbesar di dunia yang bikin kamu kagum

Es krim merupakan makanan yang terbuat dari susu dan dibekukan dengan suhu dibawah 0 drajat. Es krim menjadi menu favorit diseluruh belahan dunia. Rasanya yang lembut dan menyegarkan menjadikan es krim sebagai menu favorit. Banyak sekali masyarakat yang ingin menikmati es krim, namun sayangnya es krim dijual dengan harga yang cukup mahal. Serta jika ingin membuat sendiri tidak memiliki alat yang memadai.

 

Bagi teman – teman ada yang kebingungan seperti itu. Tenang saja, karena disini mesin es krim punya solusinya. Mesin es krim akan berbagi resep cara membuat es krim tradisional yang mudah dan sederhana tanpa mesin. Penasaran cara buatnya? Yuk simak cara membuat es krim tradisional berikut ini.

 

Cara Membuat Es Krim Tradisional

es krim

Bahan yang diperlukan :
  • 200 ml Santan cair
  • 75 g gula pasir
  • Satu butir Kuning telur.
  • ½ sendok makan Tepung Maezena.
  • Es batu sebanyak-banyaknya
  • Garam dapur sebanyak-banyaknya.
Alat yang dibutuhkan :
  • Toples kaleng
  • Baskom besar
Cara Membuat :
  1. Campurkan kuning telur, tepung maizena dan dalam satu wadah, kemudian campurkan hingga merata.
  2. Kemudian rebus santan dan gula pasir hingga mendidih, setelah itu masukkan ke dalam adonan kuning telur dan tepung maizena sedikit demi sedikit.
  3. Setelah itu biarkan adonan menjadi dingin dan masukkan ke dalam kaleng.
  4. Kemudian buat pendingin secara alami dengan menggunakan bongkahan-bongkahan es batu yang diberi gram ke dalam baskom yang besar.
  5. Setelah itu masukkan kaleng yang sudah berisi adonan es krim ke dalam pendingin yang telah dibuat tadi.
  6. Putar – putar kaleng kurang lebih 10 menit, lalu jika es mulai mencair ganti dengan bongkahan – bongkahan es yang baru. Lalu putar-putar lagi hingga donan mulai membeku.
  7. Jika sudah, maka beri bongkahan es batu yang lebih banyak lagi, sehingga dapat menutupi seluruh permukaan kaleng.
  8. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  9. Maka es krim pun siap anda nikmati.

 

Nah begitulah cara membuat es krim tradisional yang jika anda dirumah tidak memiliki mesin pendingin atau kulkas. Memang sedikit rumit, namun begitulah cara membuat es krim pada zaman dahulu sebelum adanya mesin. Hasil yang dihasilkan pun kurang seenak es krim yang dibuat menggunakan mesin es krim.

baca juga : Cara membuat es krim sundae

Namun jika anda sudah memiliki kulkas atau lemari es anda tidak perlu bersusah payah mencari / membeli es batu yang banyak.

 

Cara Membuat Es Krim Tradisional 2

cara membuat es krim tradisional

Bahan yang digunakan :
  • 1 liter susu full cream
  • 200 g gula pasir
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 15 g tepung maizena
  • ½ sdm vanilli
  • Es batu dan garam dapur sebanyaknya

 

Cara Membuat :
  1. Pertama anda siapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Siapkan panci, toples kaleng bersih, dan baskom / wadah besar sebagai alatnya.
  2. Panaskan susu dan gula pasir hingga mendidih. Dan aduk – aduk terus hingga gula pasir larut dalam susu.
  3. Kemudian sambil menunggu mendidih, ambil 3 sdm rebusan susu tersebut untuk melarutkan tepung maizena.
  4. Setelah larut masukkan larutan tepung tersebut ke dalam rebusan susu dan gula.
  5. Kecilkan api kompor, sambil terus diaduk-aduk, kita masukkan bubuk coklat dan vanili. Aduk hingga tercampur rata dan adonan sedikit lengket.
  6. Jika sudah mendidih dan adonan lengket, masukkan ke dalam toples kaleng lalu tutup rapat-rapat.
  7. Siapkan baskom / wadah besar untuk meletakkan bongkahan es batu. Kelilingi toples kaleng dengan bongkahan es batu dan taburan garam.
  8. Lalu putar-putar toples kaleng kurang lebih 10 menit, lalu tutupi kaleng dengan bongkahan es batu dan garam dapur. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  9. Untuk menghasilkan es yang benar-benar padat, anda dapat mendinginkannya selama berjam-jam. Jika anda sudah memiliki freezer anda tidak perlu repot-repot menggunakan es batu.

 

Nah itulah cara membuat es krim tradisional yang ke dua. Jika memang alat yang digunakan tidak memadai, sebaiknya anda menggunakan cara ini ya teman. Selamat Mencoba dan Terimakasih !