Cara membuat es kacang merah. Hello balik lagi dengan penulis. Nah kali ini penulis akan membagikan resep tentang cara membuat es kacang merah. Yuk langsung saja simak cara membuat es kacang merah yang lezat dan mudah untuk anda coba kamu dirumah.

 

Kacang merah merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan yang kaya akan kandungan protein, pati, azat besi, serat, potassium, selenium, vitamin B6 dan berbagai senyawa aktif lainnya.

 

Pada dasarnya, kacang merah biasa disimpan dalam kondisi yang kering. Namun sayangnya cara ini tidaklah baik karena dapat mengurangi kandungan alami dari kacang merah itu sendiri, ketika dimasak. Kacang merah kering pun membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk matang, cara terbaik mengolah kacang merah adalah dengan merebusnya tanpa memasukkan bumbu apa pun, entah itu garam atau gula pasir.

 

Dan Sering kali kita hanya menggunakan kacang – kacangan lain seperti kacang hijau yang dijadikan es krim, bubur, kue, es krim, jus dan masih banyak lagi. Tapi tenang saja sekarang anda bisa membuat olahan makanan selain kacang hijau yaitu es kacang merah yang sangat lezat. yuk buruan simak cara membuat es kacang merah agar anda bisa segera mencoba dan mencicipinya di rumah.

cara membuat es kacang merah

 

Baca juga : Simpel…! Cara Membuat Es Krim Berbentuk Semangka

Bahan Untuk Membuat Es Kacang Merah :

 

  1. 200 gram kacang merah kering.
  2. 1 liter air.
  3. ½ sendok teh garam.
  4. 4 sendok makan gula pasir.
  5. ½ sendok teh vanilli bubuk.
  6. 2 sendok makan gula merah yang telah disisir halus.
  7. 1 sendok makan coklat bubuk yang telah dicairkan dengan 100 ml air.
  8. Es batu secukupnya.
  9. Susu kental manis.
  10. 300 ml santan yang kental (jika tidak ada cukup dengan menggunakan susu cair saja).
  11. sendok makan tepung maizena.

 

Langkah Dan Cara Membuat Es Kacang Merah :

 

  1. Sebelum membuat es kacang merah, rendam kacang merah di dalam air sampai semua bagian kacang merahnya terendam, diamkan selama satu malam penuh sampai kacang merah mengembang dan menjadi lebih empuk.
  2. Tuangkan 2 liter air di dalam panic rebus air hingga mendidih. Lalu masukkan kacang merah dan resbus sampai kacang merah matang dan benar-benar empuk.
  3. Setelah kacang empuk, tambahkan gula, vanilla bubuk dan garam, aduk hingga rata dan masak sampai gula pasirnya meresap dengan baik dan kuah airnya menyusut.
  4. Membuat kuah kacang merah yang lezat dengan cara memasukkan santan atau susu cair kedalam panci, kemudian dalam mangkuk kecil, larutkan tepung maizena dengan menggunakan santan atau susu cair sampai tepung maizena larut.
  5. Masukkan larutan tepung maizena tersebut ke dalam kuah susu cair atau santan, kemudian hidupkan kompor dan didihkan santan hingga santan mengental. (Dianjurkan untuk terus mengaduk santan selama proses memasak, agar santan tidak pecah).
  6. Siapkan mangkuk saji, lalu masukkan beberapa sendok makan kacang merah serta saus coklat rebusannya. Lalu tuangkan kuah dan tambahkan dengan es batu yang telah diserut di atasnya. Siram es batu serut dengan susu kental manis dan es kacang merah pun siap untuk dinikmati