Cara membuat es doger biasa Siapa yang tidak mengenal es yang satu ini. Es yang sering ditemui baik di acara pernikahan maupun di pinggir jalan dengan gerobak putihnya. Es tersebut adalah es doger. Cara membuat es doger biasa juga sering kita dengar. Es doger sendiri merupakan singkatan dari dorong dan gerobak.

Es doger merupakan sajian es serut dengan santan yang berwarna pink dengan tambahan serutan kelapa di dalamnya. Segelas es doger disajikan bersama dengan ketan hitam, tape singkong, dan cendil mutiara. Namun Anda juga dapat menambahkan potongan roti ke dalam es doger.

Es doger ini sudah terkenal ke seluruh penjuru daerah dan yang paling mudah ditemui adalah di Jabodetabek dan Bandung.

Menikmati es doger sangat pas bila saat cuaca sedang panas karena tenggorokan akan terasa dingin saat menikmatinya. Kita lihat resepnya yuk untuk Anda yang ingin membuatnya di rumah.

Selain tape sebagai bahan pelengkap ada juga bahan utama membuat es yaitu kelapa muda. Nah kita juga perlu tau manfaat dari bahan utama dari cara membuat es doger biasa ini juga. Yuk simak manfaat nya.

Manfaat kelapa muda dalam cara membuat es doger biasa :

  • Kaya akan serat

Daging buah kelapa kaya akan serat yang baik untuk program penurunan berat badan Anda. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya mampu membantu pemecahan lemak dan juga menyehatkan sistem pencernaan.

  • Mengandung zat anti oksidan

Terkadang racun yang ada di dalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung, kenaikan berat badan, hingga penurunan kesehatan. Oleh karena itu untuk membersihkannya, ada baiknya Anda mengonsumsi daging buah kelapa.

  • Menurunkan kolesterol

Ternyata daging buah kelapa tidak hanya bermanfaat untuk penurunan berat badan, sebab daging buah kelapa juga mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Selain itu daging buah kelapa juga mampu melindungi kesehatan jantung Anda.

  • Memperbaiki metabolisme tubuh

Daging kelapa dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh Anda. Ketika sistem metabolisme tubuh Anda berjalan dengan baik, maka seluruh kesehatan organ tubuh Anda akan berfungsi dengan baik.

  • Pembangkit energi

Daging kelapa merupakan pembangkit energi yang baik. Apabila cadangan energi Anda cukup baik, maka kinerja organ-organ tubuh Anda juga akan berjalan dengan baik pula.

Daging buah kelapa memiliki rasa yang enak dan tentunya juga sehat. Jadi tidak ada salahnya apabila Anda memasukkan daging buah kelapa sebagai menu makanan sehat Anda.

Bahan-bahan Cara Membuat Es Doger Biasa :

– 500 gr es serut

– 250 gr sirup cocopandan

– 100 gr gula pasir

– 100 ml santan kental

– 50 gr ketan hitam

– Kelapa muda serut secukupnya

– 50 gr tape singkong

– 50 gr candil mutiara yang sudah direbus

– Susu kental manis coklat secukupnya

– Garam secukupnya

Cara Membuat Es Doger Biasa :

– Siapkan panci dan nyalakan kompr dengan api sedang, lalu masukkan santan sambil diaduk. Tambahkan gula pasir, garam, dan parutan kelapa. Angkat dan sisihkan.

– Tuangkan adonan santan tadi ke dalam es serut dan aduk hingga rata. Lalu es doger didingkan ke dalam freezer hingga beku namun dengan tiap 30 menit, es doger diaduk agar tidak menggumpal.

– Penyajian es doger adalah siapkan gelas, lalu masukkan ketan hitam, tape singkong, candil mutiara, es doger, dan susu kental manis diatasnya.

Es Doger ini memiliki berbagai jenis bahan campuran, terbuat dari ketan hitam, tape, mutiara, kelapa muda, lalu ditambah dengan serutan es, roti, kemudian ditutup dengan pelengkapnya yang sangat manis yaitu susu kental manis vanilla atau coklat.

Semuanya ini menjadi satu dan bisa OpenRicers nikmati dengan variasi harga yang sangat bersaing, mulai dari 3.000 IDR hingga mungkin ada yang mencapai 7.000 IDR.

Dan selain dengan bahan-bahan pelengkap dari resep di atas kalian juga bisa menkreasi kan resep ini dengan bahan-bahan lain.

Karena cara membuat nya yang cukup mudah dan bisa di praktekan sendiri serta bisa di awetkan di dalam kulkas agak lama. Jadi kita bisa menikmati nya setiap saat apalagi saat cuaca sedang panas. Pasti dengan minum es ini bisa menyegarkan tenggorokan.

Jauh lebih mudah dibanding berangkat kerestoran atau tempat jajanan pinggir jalan hanya untuk menikmati satu gelas es doger. Selain jauh lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.