Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat es cappucino cincau hitam enak dan nikmat, siapa sih yang gak tau minuman ini, es yang satu ini sangat mudah dijumpai di pedagang pedagang pinggir jalan, selain rasanya yang enak, modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini juga tidak banyak.

selain membahas tentang Cara Membuat Kopi Cappucino Manual kali ini kami membahas tentang es cappucino hitam

Cara Membuat Es Cappucino Cincau Hitam Enak dan Nikmat

cara membuat es cappucino cincau hitam

Es Cappucino Cincau merupakan salah satu minuman yang menarik minat para pembeli di wilayah Indonesia sejak tahun 2013. Bahkan ketika awal munculnya minuman ini, banyak orang yang rela antri berjam-jam untuk mendapatkannya. Kesegaran dan kekhasan rasa cappuccino ditambah dengan cincau seolah menjadi perpaduan yang menarik dan banyak membuat orang penasaran.

Minuman dingin ini menjadi pilihan dari kalangan remaja dan orang dewasa. Pada cappuccino terdapat kandungan kafein ringan yang menyegarkan dan cincau yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah yang kemudian menjadikan es ini sangat digemari dan menjadi pilihan masyarakat.

Keuntungan Es Cappucino Cincau

Manfaat cappuccino dari es cappuccino cincau sendiri yaitu dapat memberikan efek rilek serta menyegarkan saat diminum. Selain itu pada cincau mengandung banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Terdapat antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kulit, cocok untuk diet karena dapat melancarkan proses pencernaan. Selain itu juga sangat baik jika diguanakan oleh penderita darah tinggi, sebab fungsi cincau sendiri dapat sebagai penurun tekanan darah yang baik dan pencegah penyakit jantung, diabetes dan masih banyak lainnya.

selain itu, jika digunakan untuk usaha es ini sangat mudah dalam proses pembuatannya sehingga sangat menguntungkan. Hanya dengan menyiapkan bahan sederhana seperti bubuk cappuccino, cincau hitam , gula dan susu anda sudah bisa membuatnya.

Proses pembuatannya yaitu dengan memblender bubuk cappuccino tersebut dengan air matang kemudian tambahkan cincau didalamnya. Dengan ini anda sudah bisa menyajikan perpaduan antara cappuccino dan juga cincau yang lezat ini.

Kemudahan yang ditawarkan menjadikan es ini menjadi pilihan para pelaku bisnis, selain itu juga hasil yang diberikan sangat fantastis dikarenakan peminatnya yang banyak.

Cara Membuat Es Cappucino Cincau Hitam Enak dan Nikmat

Bahan-Bahan

  • 1 sct agar” cincau
  • 1 sct agar” kelapa muda
  • 2 bungkus tora cafe
  • 1 klg SKM
  • 50 gram gula
  • secukupnya GaramAir untuk memasak agar”
  • secukupnya Es batu

Langkah-Langkah

  1. Masak agar” dg takaran yg tertera di kemasan. Kasih 1 sdm gula dan sejumput garam. Lalu dinginkan sampai mengeras.
  2. Potong agar2 sesuai selera. Masukkan dalam 1 wadah. Masukkan susu secukupnya dan sisa gula.
  3. Masak air panas sedikit lalu aduk tora cafe. Masukkan di wadah agar2. Aduk dan cicipi. Terakhir masukkan es batu atau masukkan di freezer. Siap di hidangkan saat cuaca panas.

Manfaat dan kekurangan Minuman Es Cappuccino Cincau

Manfaat Meminum Minuman Cappucino Cincau

  1. Cincau hiitam bermanfaat sebagai penurun panas, tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Antioksidannya tinggi, mampu menyembuhkan batuk dan gangguan pencernaan.
  2. Cincau hitam cukup tinggi kandungan serat pangannya.
  3. Berkurangnya asam empedu tersebut akan menyebabkan hati mensintesis asam empedu lagi, sehingga kolesterol yang merupakan bahan dasar sintesis asam empedu tersebut, jumlahnya akan berkurang, baik kolesterol dalam plasma darah maupun dalam jaringan. (Prof. DR. Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan dan Gizi)
  4. Kafein yang erdapat dalam kopi dalam dosis rendah dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

Sedangkan Kekurangannya:

  1. Kafein dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang serta cepat marah.
  2. Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke.Kandungan

Daun Cincau

Daun cincau mengandung bahan kimia berupa senyawa aktif Premnazole dan juga Phenyl butazone.

Dalam penelitian yang sama, kedua senyawa itu juga mampu menurunkan aktivitas enzim sehingga secara tidak langsung asam lambung yang terbentuk pada cardia dalam dinding lambung juga menurun.

Camcau merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering kali digunakan untuk pengganti cincau. Di daerah Jawa, daunnya bisa dibuat untuk bahan jeli yang biasa disebut camcau ijo. Jeli ini sebagai minuman dan makanan pengusir sakit perut serta demam.