Apa resep rahasia dari cara membuat cupcake kukus tanpa mixer? Bagaimana cara membuat cupcake kukus tanpa mixer? Simak pembahasan cara membuat cupcake kukus tanpa mixer di bawah ini.

Cupcake adalah . . . .

Cupcake merupakan makanan manis berukuran kecil yang dilapisi dengan kertas berbentuk seperti mangkok. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis.

Roti mini ini memiliki berbagai variasi bentuk dan rasa. Selain itu cupcake juga memiliki toping atau yang biasa disebut frosting yang beraneka ragam. Toping atau frosting merupakan hiasan yang ada di atas cupcake untuk mempermanis tampilan kue ini.

Biasanya hiasan yang ada diatas kue mini tersebut terbuat dari berbagai macam bahan, misalnya coklat, kacang – kacangan, buah – buahan dan masih banyak lagi. Itu semua tergantung kreasi kan kreatifitas dari cara membuatnya agar dapat menarik minat orang untuk memakannya.

Keunikan dari makanan satu ini adalah bentuknya yang mungil dan cantik, dan rasanya yang enak. Pada saat membeli dan melihatnya sayang sekali rasanya untuk memberikan gigitan pertama terhadap kue ini karena bentuknya yang begitu menggemaskan.

 

Baca Juga : Wow… Praktisnya Resep Wingko Babat Teflon Semarang ini! Mau coba?

Cupcake untuk apa aja?

Dalam acara – acara seperti pesta biasanya cupcake sering digunakan sebagai hidangan untuk para tamu. Namun ada juga yang biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup.

Bukan hanya itu saja, cupcake juga bisa dijadikan pilihan untuk hantaran natal, idul fitri, tahun baru, perayaan kelahiran bayi, goodie bag, bayi satu bulan, ulang tahun, bahkan untuk pesta pernikahan.

Makanan ini bisa dibuat dengan bermacam – macam tampilan dan rasa. Bentuk dan tampilan cupcake bisa disesuaikan dengan momen yang ada, misalnya seperti hiasannya dibentuk menyerupai badut untuk ulang tahun, bentuk ketupat dan bahkan masjid untuk lebaran, atau bahkan bentuk bunga romantis untuk sang pujaan hati.

Cara membuat cupcake bisa kita sesuaikan dengan teman yang dikehendaki karena cupcake juga dipandang praktis tanpa perlu dipotong-potong sebelum dibagikan. Untuk penyajiannya juga bisa ditambahkan sentuhan kreativitas agar cupcake tampil cantik dengan hiasan seperti butter cream, fondant, gula gula aneka warna bahkan dengan foto.

Mini roti ini juga bisa sebagai pengganti kue ulang tahun maupun kue pernikahan dengan disusun diatas tier yang bertingkat.

Berikut ini resep cara membuat cupcake kukus tanpa mixer yang mudah untuk dipraktikkan di rumah.

 

Bahan-bahan

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat cupcake kukus tanpa mixer ini sebagai berikut

  • 140 gr tepung terigu
  • 80 ml susu cair
  • 90 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh SP
  • ½ sendok teh baking
  • Vanilli sebanyak 1 sendok teh

 

Cara Membuat Cupcake Kukus tanpa Mixer

Berikut ini langkah – langkah cara membuat cupcake kukus tanpa mixer :

  1. Campurkan terigu dan baking soda
  2. Pecahkan telur dan kocok dengan gula dan Sp sampai mengembang dan kental
  3. Setelah itu masukkan vanilli
  4. Masukkan terigu secara bergantian dengan susu cair sampai rata
  5. Beri warna sesuai keinginan dan sesuai motif yang akan di buat
  6. Masukkan ke dalam cetakan cupcake yang sudah di alasi dengan kertas cup terlebih dahulu
  7. Kukus dengan api kecil, lama pengukusan di sesuaikan
  8. Cupcake kukus siap d hidangkan

 

Demikian tadi telah kami rangkumkan cara membuat cupcake kukus tanpa mixer yang murah dan mudah untuk Anda praktikan di rumah. Selamat mencoba !