Halo sobat sekalian! Pada artikel kali ini aku mau bagi resep cara membuat coklat dari coklat batangan, tentunya dengan cara yang mudah dan enak. Aing yakin nih, 99,99% dari sobat pasti pernah mencicipi coklat baik itu coklat batangan, dark choolate, white chocolate, dan lain lain. Coklat ini memang merupakan salah satu makanan favorit kebanyakan orang, karena memiliki rasa yang manis dan ramah dinlidah banyak orang.

Sajian coklat ini juga sering disajikan bersama hidangan lainnya baik itu sebagai pelengkap maupun pendamping. Contohnya saja ada kue, brownies, es krim, puding, donat, churos, terang bulan, dan masih banyak lagi. Oh iya sobat, kalau sobat memiliki bisnis kuliner donata maupun ingin membuat donat, sobat dapat mengunakan bantuan mesin pembuat donat agar proses pembuatannya lebih cepat dan mudah. Masih penasaran sama resepenya nih sobat? Yuk langsung aja simak resepnya bareng-bareng kuy!

Cara Membuat Coklat dari Coklat Batangan Belgium Chocolate Mousse Dessert Box

Bahan Lapisan 1:

  • Pondan brownies kukus instan sebanyak 1 bungkus

Bahan Lapisan 2 Chocolate Mousse:

  • Agar-agar plain yang putih sebanyak 1 bungkus
  • Dark Cooking Chocolate dengan takaran 100 gram
  • Susu rasa coklat dengan takaran 100 gram
  • Susu cair dengan takaran 250ml
  • Whipping cream dengan takaran 100 gram

Bahan Lapisan 3 Chocolate Ganache:

  • Dark Cooking Chocolate dengan takaran 100 gram
  • Susu rasa coklat dengan takaran 100 gram
  • Mentega atau margarin cair dengan takaran 50 gram
  • Whipping cream dengan takaran 100 gram

Cara Membuat Coklat dari Coklat Batangan Belgium Chocolate Mousse Dessert Box:

  1. Langkah pertama yang sobat lakukan yaitu membuat adonan brownies sesuai dengan petunjuk pembuatan.
  2. Setelah itu sobat ambil semua bahan lapisan kedua kecuali whipped cream, lalu siapkan sebuah panci dan masukkan semua bahan lapisan kedua ke dalam panci. Masak dengan nyala api yang kecil dan tunggu sampai benar-benar mendidih sambil diaduk-aduk.
  3. Apabila adonan lapisan kedua sudah tercampur rata dan mendidih, angkat dan sobat tiriskan.
  4. Ambil whipping cream dan kocok-kocok sampai menjadi kaku dengan menggunakan mixer setting kecepatan tinggi.  Adonan lapisan kedua yang sudah dimasak sebelumnya jika sudah matang tuangkan ke dalam wadah yang berisi whipping cream. Aduk-aduk kembali sampai adonan tercampur rata.
  5. Kemudian sobat siapkan sebuah wadah yang berbentuk kotak. Brownies yang sudah matang tadi dipotong potong terlebih dahulu, letakkan ke dalam wadah kotak sampai tinggi brownies kurang lebih 0,5cm. Tuangkan juga lapisan kedua yang sudah tercampur rata diatas brownies dan tunggu biarkan sampai agak mengeras dan padat.
  6. Sambil menunggu chocolate mousse atau lapisan keduanya mengeras, kita buat ganache terlebih dahulu ya sob.
  7. Sobat ambil susu, margarin cair, dan dark cooking chocolate. Masukkan ke dalam panci kecil dan masak dengan nyala api yang kecil sampai meletup-letup kemudian tiriskan dan tunggu sampai agak dingin.
  8. Masukkan whipping cream ke dalam sebuah wadah. Kocok-kocok dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi.
  9. Adonan coklat ganache yang sudah matang di tuangkan ke dalam wadah yang berisi whipping cream tadi. Aduk-aduk kembali sampai benar-benar tercampur rata.
  10. Jika adonan coklat mousse yang sudah dituangkan sebelumnya telah mengeras, tuangkan lapisan coklat ganache diatas lapisan kedua. Kemudian sobat dapat beri topping sesuai dengan selera sobat. Bbelgium chocolate mousse dessert box siap disajikan, yummy.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Eh sob, ternyata nih coklat juga menyimpan banyak manfaat dibalik rasanya yang manis dan lezat. Beberapa dari sobat mungkin masih belum tahu apa saja sih manfaat dari coklat, yaudah langsung aja yuk kita simak.

Mencegah Serangan Jantung

Seorang peneliti yang bernama John Hopkins menyatakan bahwa orang yanag mengonsumi coklat secukupnya dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung. Penurunan resiko terkena serangan jantung ini sejumlah 50%, karena coklat hitam dapat membantu melambatkan pembekuan trombosit atau keping darah yang berada di dalam tubuh kita.

Meningkatkan Kemampuan Otak 

Memory foundation pernah melansir sebuah studi pada tahun 2014 yang menyatakan bahwa orang dewasa yang berusia 50-69 tahun yang mengonsumsi suplemen kakao yang mengandung flavanoid tinggi dalam kurun waktu 3 bulan kinerja tes memorinya lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi.

Mengatasi Penyakit Diare

Penyakit diare ini memang sangat umum di masyarakat dari anak-anak maupun orang dewasa seringkali terserang diare, tapi jangan khawatir sobat dapat mengatasinya dengan coklat. Selain meningkatan kemampuan otak kandungan flavanoid pada coklat juga dapat mengatasi diare.  Hal ini dikarenakan kandungan flavanoid yang dimiliki coklat dapat membantu mengikat protein sehingga dapat membantu proses penyembuhan diare.

Itulah sobat beberapa manfaat pada coklat, masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Ngomongin resepnya nih, gimana mudah dan sederhana kan? So pasti, karena selain cara pembuatan yang mudah dan sederhana, bahan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan. Jika sobat ingin mengetahui manfaat lain coklat dan cara pembuatan coklat batangan sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat coklat batangan. Oke sampai sini dulu ya sob, terimakasih dan selamat mencoba😉